PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING PADA SISWA KELAS VC SD NEGERI JUMOYO 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Nurul, Fadlilah (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING PADA SISWA KELAS VC SD NEGERI JUMOYO 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
NURUL FADLILAH, 09108241028, PGSD.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan proses pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan strategi menulis terbimbing, dan 2) meningkatkan hasil keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan strategi menulis terbimbing pada siswa kelas VC SD Negeri Jumoyo 2 Magelang, Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VC SD Negeri Jumoyo 2 yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi aktivitas guru dan siswa, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan strategi menulis terbimbing pada siswa kelas VC SD Negeri Jumoyo 2 Magelang, Tahun Ajaran 2013/2014. Peningkatan terjadi pada: 1) proses pembelajaran mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik, yaitu meningkatnya perhatian, antusias, dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, 2) hasil keterampilan menulis karangan deskripsi mengalami peningkatan. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi sebesar 10,73, dari kondisi awal 66,11 meningkat menjadi 76,84. Kata kunci: menulis karangan deskripsi, strategi menulis terbimbing, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:41
Last Modified: 29 Jan 2019 19:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13943

Actions (login required)

View Item View Item