HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK (EQ) SISWA SD KECEME I, SLEMAN, KABUPATEN SLEMAN

Marwati, Wulansari (2014) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK (EQ) SISWA SD KECEME I, SLEMAN, KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan kecerdasan emosional anak (EQ) siswa SD Keceme I, Sleman, Kabupaten Sleman; (2) Mengetahui hubungan antara lingkungan sekolah dengan kecerdasan emosional anak (EQ) siswa SD Keceme I, Sleman, Kabupaten Sleman; dan (3) Mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dan lingkungan sekolah dengan kecerdasan emosional anak (EQ) siswa SD Keceme I, Sleman, Kabupaten Sleman. Variabel dalam penelitian ini adalah pola asuh demokratis orang tua, lingkungan sekolah dan kecerdasan emosional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Keceme I, Sleman, Kabupaten Sleman yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus atau sampel total. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi berganda dan korelasi parsial. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Ada hubungan positif antara pola asuh demokratis orang tua dengan kecerdasan emosional anak (EQ) siswa SD Keceme I, Sleman, Kabupaten Sleman. Semakin baik pola asuh orang tua maka kecerdasan emosional anak juga semakin baik, begitu pula sebaliknya jika pola asuh orang tua semakin berkurang maka kecerdasan emosional anak juga akan berkurang; (2) Ada hubungan positif antara lingkungan sekolah dengan kecerdasan emosional anak (EQ) siswa SD Keceme I, Sleman, Kabupaten Sleman. Semakin baik lingkungan sekolah maka kecerdasan emosional anak juga semakin baik, begitu pula sebaliknya jika lingkungan sekolah semakin berkurang maka kecerdasan emosional anak juga akan berkurang; dan (3) Ada hubungan positif antara pola asuh demokratis orang tua dan lingkungan sekolah secara bersama-sama dengan kecerdasan emosional anak (EQ) siswa SD Keceme I, Sleman, Kabupaten Sleman. Semakin baik pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah maka kecerdasan emosioanl anak juga semakin baik, begitu pula sebaliknya jika pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah semakin berkurang maka kecerdasan emosional anak juga akan berkurang. Kata Kunci: pola asuh demokratis, lingkungan sekolah, kecerdasan emosional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 00:15
Last Modified: 29 Jan 2019 19:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13817

Actions (login required)

View Item View Item