Munfangati, Rahmi (2013) Kinerja Guru Bahasa Inggris Bersertifikat Pendidik di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-rahmi-munfangati-10706251006.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya kinerja guru bahasa Inggris bersertifikat pendidik di Kota Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru bahasa Inggris bersertifikat pendidik ditinjau dari: (1) tiap penilai dan tiap kompetensi, (2) latar belakang syarat dan proses sertifikasi (tingkat pendidikan, pengalaman mengajar, jalur sertifikasi), dan untuk mengetahui (3) hambatan-hambatan yang dihadapi guru bahasa Inggris bersertifikat pendidik pascasertifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survei. Populasi pada penelitian ini 43 orang guru bahasa Inggris bersertifikat pendidik dari 22 sekolah yaitu 10 SMA Negeri dan 12 SMA Swasta di Kota Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan penskalaan menggunakan model Likert. Pada penelitian ini digunakan validitas isi dan konstruksi yang didapatkan dari pendapat ahli. Uji reliabilitas untuk instrumen penelitian ini menggunakan rumus alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil uji reliabilitas instrumen variabel Kinerja Guru berupa angket yang diisi oleh guru, Kepala Sekolah, dan siswa dinyatakan reliabel, diperoleh dari koefisien reliabilitas alpha berturut-turut sebesar 0,969, 0,956, dan 0,958. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) kinerja guru ditinjau dari diri sendiri pada kategori sangat baik, sedangkan jika ditinjau dari Kepala Sekolah dan siswa pada kategori baik; (2) kinerja guru ditinjau dari kompetensi menunjukkan bahwa guru memiliki kompetensi kepribadian pada kategori sangat baik serta memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional pada kategori baik; (3) guru yang memiliki tingkat pendidikan tinggi mempunyai kinerja pada kategori sangat baik, sedangkan guru yang memiliki tingkat pendidikan rendah mempunyai kinerja pada kategori baik; (4) guru yang memiliki pengalaman kerja tinggi mempunyai kinerja pada kategori sangat baik, sedangkan guru yang memiliki pengalaman kerja rendah mempunyai kinerja pada kategori baik; (5) guru yang lulus sertifikasi melalui uji portofolio memiliki kinerja pada kategori sangat baik, sedangkan guru yang lulus sertifikasi melalui PLPG memiliki kinerja pada kategori baik; dan (6) terdapat dua faktor yang menjadi hambatan guru bahasa Inggris SMA bersertifikat pendidik pascasertifikasi, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja guru, tingkat pendidikan, pengalaman mengajar,jalur sertifikasi |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 21 Mar 2015 16:12 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 03:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13557 |
Actions (login required)
View Item |