Keefektifan Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPA Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Yogyakarta

Kurniawati, Wahyu (2013) Keefektifan Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPA Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-wahyu-kurniawati.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran IPA mahasiswa PGSD UPY. Variabel-variabel yang diteliti meliputi: pendekatan pembelajaran yang terdiri dari metode inkuiri dan metode konvensional; hasil belajar sains yang meliputi produk sains, proses sains, dan sikap sains. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel terikat prestasi belajar IPA, sikap IPA, dan keterampilan proses dasar IPA sedangkan variabel bebasnya adalah metode inkuiri dan metode konvensional. Subjek penelitian sebanyak 65 mahasiswa (32 mahasiswa di kelas Eksperimen dan 33 mahasiswa di kelas Kontrol). Kelas Eksperimen diberikan perlakuan metode inkuiri dan pada kelas Kontrol diberi perlakuan metode konvensional. Analisis data menggunakan (1) teknik statistik deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik hasil belajar IPA yang berupa produk sains, proses sains, dan sikap sains; dan (2) statistik inferensial dengan Multivariat Analysis of Variance untuk menguji hipotesis penelitian pada taraf signifikansi 5 % (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa: metode inkuiri efektif digunakan pada pembelajaran IPA di PGSD UPY. Hal ini terlihat dengan adanya perbedaan hasil belajar pada pembelajaran IPA antara metode inkuiri dengan metode konvensional. Hasil ini didasarkan pada prosedur Test of Between-Subjects Effects dengan melihat nilai Signifikansi 0,000 < α (0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 09 May 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13544

Actions (login required)

View Item View Item