Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Permainan Sandiwara Boneka (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di PAUD SAYMARA Kartasura Kelompok A tahun ajaran 2013/2014)

Shofa, Mila Faila (2014) Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Permainan Sandiwara Boneka (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di PAUD SAYMARA Kartasura Kelompok A tahun ajaran 2013/2014). S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-mila-faila-shofa.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengimplementasikan kegiatan permainan sandiwara boneka dalam mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik di PAUD SAYMARA Kartasura kelompok A, (2) meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini melalui permainan sandiwara boneka di PAUD SAYMARA Kartasura kelompok A. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di PAUD SAYMARA Kartasura tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan meliputi observasi tentang proses pembelajaran bahasa serta keterampilan berbicara peserta didik setelah kegiatan bercerita dengan sandiwara boneka. Wawancara dimaksudkan untuk memperoleh informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa pada anak usia dini. Catatan lapangan untuk melihat permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran melalui permainan sandiwara boneka. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sekolah dan nama siswa kelompok A PAUD SAYMARA Kartasura serta rekaman proses pembelajaran melalui metode bercerita dengan sandiwara boneka. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi permainan sandiwara boneka meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan awal berupa apersepsi dan pengenalan tokoh, pada kegiatan inti guru menunjukkan permainan sandiwara boneka, dan kegiatan akhir peserta didik menceritakan kembali dengan permainan sandiwara boneka. (2) Permainan sandiwara boneka dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini. Peningkatan prosentase keterampilan berbicara dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan 40,13 %, siklus I mencapai 61,08 %, siklus II mencapai 79,74 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, anak usia dini, permainan sandiwara boneka
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13088

Actions (login required)

View Item View Item