Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif pada Tema Menghargai Jasa Pahlawan Berbasis Sosiokultural di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Serayu Yogyakarta

Waridah, Waridah (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif pada Tema Menghargai Jasa Pahlawan Berbasis Sosiokultural di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Serayu Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-waridah-12712251027.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural yang layak bagi peserta didik kelas IV, dan 2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang dikelompokkan ke dalam lima tahapan. Tahapan penelitian terdiri dari eksplorasi, perencanaan, pengembangan produk, uji produk, dan finalisasi. Tahap eksplorasi meliputi penelitian awal dan mengumpulkan informasi (studi kepustakaan, observasi, dan wawancara). Tahap perencanaan meliputi mengembangkan instrumen. Tahap pengembangan produk meliputi pengembangan produk awal. Tahap uji produk meliputi uji pendahuluan (validasi perangkat), revisi hasil uji pendahuluan, uji utama, revisi hasil uji utama, uji coba terbatas dan revisi hasil uji coba terbatas. Tahap finalisasi meliputi revisi dan produk akhir. Validasi perangkat melibatkan 2 dosen ahli materi, 2 ahli evaluasi, 3 praktisi, dan 3 rekan sejawat. Subjek uji coba penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Serayu Yogyakarta pada semester kedua tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 72 peserta didik terdiri dari 22 peserta didik uji utama dan 50 peserta didik uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar penilaian kelayakan perangkat, lembar observasi, lembar angket, soal pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, penilaian produk, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, uji One-Sample Kolmogorov Smirnov Test, Levene Statistic dan uji-t sampel independent yaitu Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, media pembelajaran dan tes hasil belajar, 2) hasil validasi ahli, praktisi dan rekan sejawat menunjukkan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural layak digunakan dengan kategori sangat baik, dan 3) perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural efektif meningkatkan kemampuan belajar peserta didik SD. Keefektifan ditinjau dari hasil observasi dan angket memperoleh kategori sangat baik dan respon yang sangat positif. Hasil pre-test dan post-test pada uji coba terbatas yang dilaksanakan menunjukkan ada peningkatan rata-rata 36% dengan ketuntasan belajar 84%. Hasil belajar peserta didik dengan perangkat ini menunjukkan selisih skor rerata sebesar 3,13 dan Gain Standar sebesar 0,37 dibandingkan hasil belajar dengan perangkat pembelajaran konvensional. Ada perbedaan keefektifan perangkat pembelajaran yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikansi p=0,001≤0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik, integratif, perangkat pembelajaran, sosiokultural
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12968

Actions (login required)

View Item View Item