Keterlaksanaan Penilaian berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 di Madrasah Aliyah Kabupaten Lombok Barat

Haryati, Linda Feni (2014) Keterlaksanaan Penilaian berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 di Madrasah Aliyah Kabupaten Lombok Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-linda-feni-haryati-10709251008.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan penilaian berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Kabupaten Lombok Barat, yang dilihat dari enam komponen standar penilaian: (1) prinsip penilaian, (2) ketercakupan indikator, SK, dan KD pada soal ulangan, (3) kriteria ketuntasan belajar, (4) teknik dan instrumen penilaian, (5) mekanisme dan prosedur penilaian, (6) hasil penilaian dan pelaporan, serta menelaah instrumen penilaian dan untuk mengetahui kendala keterlaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan model discrepancy model. Populasi penelitian ini adalah guru matematika kelas X, kepala madrasah, dan siswa Madrasah Aliyah kelas X di kabupaten Lombok Barat. Sampel penelitian ini adalah 66 guru matematika, 66 kepala madrasah, dan masing-masing 5 orang siswa tiap Madrasah Aliyah kelas X di kabupaten Lombok Barat. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan penilaian berdasarkan KTSP di Madrasah Aliyah kabupaten Lombok Barat terlaksana dengan kategori baik, dan kategori untuk masing-masing komponen standar penilaian: 1) prinsip penilaian kategori baik, (2) ketercakupan indikator, SK, dan KD pada soal ulangan kategori sangat baik, (3) kriteria ketuntasan belajar kategori kurang baik, (4) teknik dan instrumen penilaian kategori cukup baik, (5) mekanisme dan prosedur penilaian kategori sangat baik, (6) hasil penilaian dan pelaporan kategori baik; Instrumen penilaian yang digunakan masih kurang pada soal pemecahan masalah, lebih banyak pada soal-soal pemahaman konsep dan penalaran; Kendala keterlaksanaan: waktu yang singkat untuk melakukan seluruh kegiatan penilaian dan sarana dari madrasah yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Penilaian, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12911

Actions (login required)

View Item View Item