Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus untuk Mencapai Ketuntasan Belajar dan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas XI IPS MA

Azkha, Raekha (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus untuk Mencapai Ketuntasan Belajar dan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas XI IPS MA. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-raekha-azkha.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan perangkat (Silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian) pembelajaran kalkulus MA untuk mencapai ketuntasan belajar dan kemandirian belajar, 2) mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan perangkat (Silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian) pembelajaran kalkulus MA untuk mencapai ketuntasan belajar dan kemandirian belajar. Kriteria kualitas yang digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran kalkulus dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh perangkat pembelajaran kalkulus yang valid, praktis, dan efektif meliputi: 1) tahap pendefinisian, 2) tahap perencanaan, dan 3) tahap pengembangan. Uji coba yang dilakukan meliputi uji coba ahli/validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan di MA PK Ma’arif 01 Kebumen pada dua kelas XI IPS. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar onservasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar, dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan belajar dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan: 1) perangkat pembelajaran kalkulus untuk MA kelas XI IPS terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan THB yang berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran; 2) masing-masing komponen perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk mencapai ketuntasan dan kemandirian belajar siswa, yaitu untuk a) silabus, RPP, LKS, dan THB masing-masing termasuk dalam kategori valid, b) silabus, RPP LKS dan THB masing-masing termasuk dalam kategori praktis, c) silabus, RPP, LKS, dan THB efektif untuk mencapai ketuntasan dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12881

Actions (login required)

View Item View Item