Pendidikan Humanis Religius Berbasis Kultur di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekalongan

Dadari, Fajar (2014) Pendidikan Humanis Religius Berbasis Kultur di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekalongan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fajar-dadari-12705251007.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan pendidikan humanis religius berbasis kultur di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekalongan. Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kultur di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekalongan, (2) mengetahui karakteristik nilai-nilai humanis religius siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekalongan, dan (3) menemukan pendidikan nilai humanis religius di madrasah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sampel sumber data diperoleh dengan purposive sampling. Pengumpulan data dengan teknik pengamatan, wawancara mendalam (in-depth interview), catatan lapangan, dan penggunaan studi dokumen; sedangkan uji keabsahan data dengan metode triangulasi. Analisis data bersifat induktif/kualitatif dengan metode Miles and Huberman. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) Perilaku siswa sebelum dilakukan perbaikan kultur madrasah adalah: (a) aktualisasi nilai humanis religius para siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pekalongan kurang sempurna, dimensi iman siswa belum berfungsi sebagai penggerak aktivitas secara maksimal. (b) Pendidikan yang memberikan kebebasan siswa dalam beraktualisasi diri, sikap peserta didik menjadi lebih “terbuka” dan dekat dengan pendidik, kreatif serta berprestasi dalam bidang yang ditekuni. Hal ini membuka peluang bagi pendidik untuk melakukan pendampingan dalam mencapai tujuan pendidikan yang lebih optimal. (2) Karakteristik nilai religius siswa tidak utuh, yakni, baru sebatas dimensi “ritual” dan dimensi “ilmu”. Dimensi “iman”, “eksperiensial”, dan “konsekuensial” belum menyatu utuh dalam diri siswa. Pendidikan nilai humanis religius yang dilaksanakan pada pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 2 yang ada di Pekalongan, masih terbatas pada pola pendidikan konvensional seperti yang dikenal pada Madrasah pada umumnya. (3) Pendidikan nilai humanis religius berbasis kultur madarasah ini, dilakukan dengan beberapa tahap: (a) menggambarkan kultur madrasah, yang meliputi material culture dan behavioral culture, yang pada akhirnya ditemukan kultur positif dan negatif; (b) menentukan visi dan misi madrasah, (c) pendidikan nilai humanis religius dirancang dan dilaksanakan melalui saluran kultur madrasah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan humanis religius, kultur madrasah
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12715

Actions (login required)

View Item View Item