Pengaruh Beban Kerja, Kesejahteraan, dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Tenaga Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta

Rizka, Rizka (2014) Pengaruh Beban Kerja, Kesejahteraan, dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Tenaga Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rizka-05703254013.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis: (1) pengaruh beban kerja terhadap produktivitas karyawan di UNY; (2) pengaruh kesejahteraan terhadap produktivitas karyawan di UNY; (3) pengaruh masa kerja terhadap produktivitas karyawan di UNY; (4) besarnya pengaruh beban kerja, kesejahteraan, dan masa kerja karyawan terhadap produktivitas karyawan di UNY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data ex-postfacto, populasi adalah karyawan Universitas Negeri Yogyakarta, sampel penelitian sebanyak 697 (Issac and Michael) yang dipilih secara proporsional cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, untuk data primer dengan kuesioner, dan untuk data sekunder dengan studi litelatur dan dokumentasi kepegawaian di UNY. Instrumen (kuesioner) untuk mengumpulkan data primer sudah melalui uji validitas dengan alat korelasi produk moment, dan uji reliabilitas dengan alat alpha cronbach. Hasil pengujian menyimpulkan instrumen layak digunakan. Data terkumpul disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan data dianalisis dengan teknik analisis regresi. Uji Diskriptif dan Uji hipotesis menunjukkan: (1) karyawan Universitas Negeri Yogyakarta pada umumnya (± 81.07%) memiliki beban kerja dalam tingkat wajar, sebagian kecil lainnya (± 18.93%) memiliki beban kerja dibawah wajar. Uji Hipotesis menunjukan beban kerja berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas (β = 0,408, p < 0,05); (2) karyawan Universitas Negeri Yogyakarta pada umumnya (± 82.07%) memiliki tingkat kesejahteraan layak, sebagian kecil lainnya (± 17.93%) memiliki tingkat kesejahteraan di bawah layak. Uji Hipotesis menunjukan kesejahteraan berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas (β = 0,230, p < 0,05); (3) Masa Kerja karyawan pada umumnya (± 32.07%) memiliki masa kerja kurang dari 5 tahun, (± 26.97%) memiliki masa kerja 5 – 10 tahun. Uji Hipotesis menunjukan masa kerja berpengaruh terhadap produktivitas (β = 0,008, p < 0,05); (4) Uji hipotesis secara bersama-sama beban kerja, tingkat kesejahteraan, dan masa kerja berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas tenaga kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta (R² = 0,396, p < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: beban kerja, tingkat kesejahteraan, masa kerja, dan produktivitas
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12567

Actions (login required)

View Item View Item