Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Real Time Online Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta

Ardhi, Mohammad Imam (2014) Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Real Time Online Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mohammad-imam-ardhi-12703251006.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program penerimaan peserta didik baru sistem real time online dalam hal: (1) implementasi penyelenggaraan program penerimaan peserta didik baru, (2) pencapaian tujuan penyelenggaraan program penerimaan peserta didik baru, (3) implementasi program tersebut dibidang mutu layanan, dan (4) manfaat yang diberikan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dalam penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model evaluasi goal attainment. Penilaian didasarkan untuk menggambarkan sejauh mana tujuan program telah dicapai. Populasi penelitian ini adalah seluruh panitia penerimaan peserta didik baru dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, kepala sekolah, guru, dan komite delapan SMA negeri di Kota Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dari keseluruhan populasi dengan teknik purposive sampling, yang dipilih khusus berdasarkan tujuan penelitiannya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang diberikan secara langsung kepada responden. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, yaitu dengan cara melakukan perhitungan secara kuantitatif pada masing-masing komponen penelitian. Data masing-masing komponen ditabulasikan dan dihitung skor totalnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi penerimaan peserta didik baru sistem real time online menghasilkan: (1) tingkat pencapaian program PPDB sistem real time online sudah sesuai dengan rencana yaitu 94,6%; (2) tujuan program PPDB sistem real time online sebesar 97,4% dengan kategori sesuai; (3) kualitas pelayanan panitia PPDB sebesar 93,9%, yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan panitia PPDB termasuk kategori sesuai; (4) manfaat program PPDB sistem real time online sebesar 98%, yang menunjukan bahwa manfaat dari penerimaan peserta didik baru sistem real time online meningkatkan kepercayaan masyarakat dan meningkatkan efektifitas pelaksanaan penerimaan siswa baru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen penerimaan peserta didik baru, sistem real time online
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12561

Actions (login required)

View Item View Item