Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan pada SMK Negeri di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi Kasus di SMKN 7 Yogyakarta, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel Sleman

Kristiyanti, Eutrovia Iin (2014) Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan pada SMK Negeri di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi Kasus di SMKN 7 Yogyakarta, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eutrovia-iin-kristiyannti-127032551024 -.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sifat-sifat gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan SMKN 7 Yogyakarta, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel Sleman yang muncul dalam pengambilan keputusan, membangun komunikasi dan pemberian motivasi. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 7 Yogyakarta, SMK Negeri 1 Bantul dan SMK Negeri 1 Tempel Sleman dengan subyek penelitian kepala sekolah sebagai key informant dan dua orang guru dari masing-masing sekolah sebagai responden pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, studi dokumen dan observasi. Wawancara digunakan untuk pengambilan data yang berkaitan dengan proses pengambilan keputusan, membangun komunikasi dan pemberian motivasi. Studi dokumen dilakukan dengan mengumpulkan, melihat, mencermati dan menganalisis dokumen-dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian. Observasi dilakukan dengan mengamati perilaku dan aktivitas kepala sekolah perempuan dalam mengambil keputusan, membangun komunikasi dan memberi motivasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Peneliti menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumen dalam melaksanakan penelitian. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif interaktif model Miles & Huberman yaitu dengan melihat dan mengamati dari fenomena-fenomena atau gejala-gejala yang dialami atau tingkah laku subyek penelitian serta dilakukan wawancara secara khusus kemudian dikumpulkan, direduksi, disajikan yang akhirnya akan diambil kesimpulan secara umum. Hasil penelitian adalah sifat-sifat gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan SMKN 7 Yogyakarta, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel Sleman adalah: (1) kepala sekolah memberi wewenang dalam pengambilan keputusan kepada bawahan; (2) berhati-hati dalam pengambilan keputusan dan taat pada prosedur; (3) menghormati, menghargai, terbuka terhadap masukan dan saran dari bawahan; (4) lebih suka bekerja tim; (5) lebih mengutamakan hubungan antar personal dan komunikasi informal; (6) penghargaan diberikan untuk pengembangan bawahan; (7) sifat keibuan berperan dalam pemberian teguran dan pembinaan kepada bawahan serta lebih diplomatis; dan (8) cenderung menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan, kepala sekolah perempuan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12520

Actions (login required)

View Item View Item