Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA se-Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur

Hurit, Andreas au (2014) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA se-Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andreas-au-hurit-11703251009.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) disiplin kerja terhadap kinerja guru, dan (4) kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA se-Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 193 guru dan sampel yang diambil sebanyak 66 guru dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) uji persyaratan analisis (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas) (2) analisis korelasi, dan (3) analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA se-Kecamatan Larantuka dengan tingkat signifikan 0.037 (P<0.05) dan besarnya sumbangan efektif 6.82%. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA se-Kecamatan Larantuka dengan tingkat signifikan 0.021 (P<0.05) dan besarnya sumbangan efektif 7.02%. (3) Ada pengaruh yang signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA se-Kecamatan Larantuka dengan tingkat signifikan 0.013 (P<0,05) dan besarnya sumbangan efektif 9.06%. (4) Ada pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA se-Kecamatan Larantuka dengan tingkat signifikan 0.001 (P<0.05) dan besarnya sumbangan 19.2%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, disiplin kerja dan kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 08 May 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12479

Actions (login required)

View Item View Item