PENGARUH PENGGUNAAN TIPE TGT DAN TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Sri, Sujayanty (2009) PENGARUH PENGGUNAAN TIPE TGT DAN TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
Bio_Sri Sujayanty Medan.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat pada suatu materi pelajaran akan memberikan hasil belajar siswa yang optimal. Ada beberapa tipe pada model pembelajaran kooperatif seperti tipe Teams-Games Tournament (TGT) dan Numbered- Head-Together (NHT) yang dapat digunakan untuk mengajarkan materi Pencemaran Lingkungan pada siswa SMA kelas X . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan tipe manakah antara tipe TGT dan tipe NHT yang dapat memberikan hasil belajar siswa yang optimal. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif yang berbeda. Hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe TGT memiliki rerata nilai lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pencemaran lingkungan. Simpulan dari penelitian hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, TGT, NHT, pencemaran lingkungan.
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 24 Feb 2015 08:22
Last Modified: 05 Mar 2019 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12142

Actions (login required)

View Item View Item