EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN VIRUS DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP PEROLEHAN KOGNITIF SISWA SMA KELAS X

Sifak, Indana (2009) EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN VIRUS DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP PEROLEHAN KOGNITIF SISWA SMA KELAS X. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
Bio_Sifak Indiana UNESA.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran Virus dengan strategi metakognitif terhadap perolehan kognitif siswa SMA kelas X. Strategi metakognitif diterapkan dengan menggunakan Lembar Penilaian Pemahaman diri (LPPD). Ujicoba terbatas di laksanakan di SMA 6 Surabaya, kelas X sebanyak 39 siswa. Desain eksperimen dengan one group pretest-posttest design dengan mempertimbangkan kemampuan siswa kelas atas dan kelas bawah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kemampuan atas dan kemampuan bawah terhadap perolehan kognitif pada materi Virus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: strategi metakognitif, perolehan kognitif, kemampuan siswa.
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 24 Feb 2015 08:12
Last Modified: 05 Mar 2019 04:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12131

Actions (login required)

View Item View Item