Pengaruh Subject Spesific Pedagogy Tematik Integratif terhadap Peningkatan Karakter Kejujuran dan Kepedulian pada Siswa Kelas II di SDN Karet 1 Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang

Haryati, Sri (2014) Pengaruh Subject Spesific Pedagogy Tematik Integratif terhadap Peningkatan Karakter Kejujuran dan Kepedulian pada Siswa Kelas II di SDN Karet 1 Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-haryati-12712251045.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh SSP tematik integratif terhadap peningkatan: 1) karakter kejujuran, dan 2) karakter kepedulian pada siswa kelas II SDN Karet 1 Sepatan Tangerang. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent-groups pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Karet 1 Sepatan Tangerang yang terdiri dari empat rombongan belajar. Sampel penelitian ini sebanyak tiga kelas yang ditentukan menggunakan simple cluster random teknik yaitu terdiri dari: kelas eksperimen I yaitu kelas IIA SDN Karet 1 Sepatan Tangerang (n=49), kelas eksperimen II yaitu kelas IIB SDN Karet 1 Sepatan Tangerang (n=48) dengan pembelajaran menggunakan SSP tematik integratif dan kelas kontrol yaitu kelas IIC SDN Karet 1 Sepatan Tangerang (n=48) dengan pembelajaran tidak menggunakan SSP tematik integratif. Data peningkatan karakter kejujuran dan karakter kepedulian dikumpulkan melalui observasi awal serta observasi akhir dan data dianalisis dengan statistik deskriptif dan dengan uji ANAVA. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran menggunakan SSP tematik integratif berpengaruh positif dan signifikan dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan SSP tematik integratif terhadap peningkatan karakter kejujuran siswa SD (Sig.= 0,000 < 0,05). Rata-rata peningkatan karakter kejujuran siswa yang diajarkan dengan pembelajaran SSP tematik integratif lebih besar daripada yang diajarkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan SSP tematik integratif. (2) Pembelajaran menggunakan SSP tematik integratif berpengaruh positif dan signifikan dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan SSP tematik integratif terhadap peningkatan karakter kepedulian siswa SD (Sig.= 0,000 < 0,05). Rata-rata peningkatan karakter kepedulian siswa yang diajarkan dengan pembelajaran SSP tematik integratif lebih besar dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan SSP tematik integratif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP tematik, integratif, karakter kejujuran, karakter kepedulian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11835

Actions (login required)

View Item View Item