Pengembangan SSP Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural bagi Kelas IV SDN Babarsari

Arifian, florianus dus (2014) Pengembangan SSP Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural bagi Kelas IV SDN Babarsari. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-florensianus-dus-arifian-12712251019.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan SSP tematik-integratif berbasis sosiokultural yang layak bagi kelas IV SDN Babarsari, dan mengetahui keefektifan dari SSP yang dihasilkan itu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall yang dimodifikasi Sukmadinata menjadi tiga tahap: 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan model, dan 3) pengujian model. Dalam tahap pengembangan model dilakukan tiga langkah: 1) validasi, 2) uji coba terbatas, dan 3) uji coba luas. Tempat penelitian adalah SDN Babarsari, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian mencakup siswa dan guru kelas IV. Pada studi pendahuluan, data sebagai pijakan analisis kebutuhan bersumber dari kepala sekolah dan guru dengan menggunakan teknik wawancara dan angket. Instrumennya adalah lembar panduan wawancara dan lembar angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Pada tahap pengembangan model, data bersumber dari validator, guru, dan observer dengan mengggunakan teknik validasi, angket, dan observasi. Teknik validasi bertujuan untuk mendapatkan data tentang kelayakan dan saran revisi produk. Instrumennya adalah lembar penilaian kelayakan. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Angket digunakan untuk mendapatkan data tentang keterterapan dan saran bagi revisi produk. Instrumennya adalah lembar angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Observasi dilakukan untuk mendapatkan data tentang kinerja guru dan respon siswa, dan menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Pada tahap pengujian model, data tentang keefektifan produk bersumber dari siswa dengan menggunakan teknik tes dan instrumen lembar butir soal tes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui uji T dengan interval kepercayaan sebesar 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SSP hasil pengembangan efektif dalam meningkatkan nilai hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai postes siswa yang mengggunakan SSP lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran dari Pusat Kurikulum 2013. Perbedaan ini signifikan pada nilai t sebesar 3,73 dengan derajat bebas pada 31 dan signifikansi dua ekor pada 0,001.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, manajemen, SBI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11820

Actions (login required)

View Item View Item