Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar pada Pembelajaran Tematik-Integratif dengan Teknik Make A Match untuk Kelas I Sekolah Dasar Negeri Percobaan 3 Pakem

Mardati, Asih (2014) Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar pada Pembelajaran Tematik-Integratif dengan Teknik Make A Match untuk Kelas I Sekolah Dasar Negeri Percobaan 3 Pakem. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asih-mardati-12712251040.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan media permainan kartu gambar pada pembelajaran tematik-integratif dengan tehnik make a match, dan 2) mengetahui efektifitas media permainan kartu gambar pada pembelajaran tematik-integratif dengan tehnik make a match untuk peserta didik kelas 1 SD Negeri Percobaan 3 Pakem. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Developement (R & D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan Dick & Carey yang melalui 9 tahapan. Tahapan tersebut meliputi Identify Instructional Goals, Conduct Instructional Analysis, Analyze Learners and Context, Write Peformance Objectives, Develop Assessment Instruments, Develop Instructional Strategy, Develop and Select Instructional Materials, Design and Conduct Formative Evaluation of Instructional, Revise Instruction. Validasi produk melibatkan 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, 2 prakatisi dan 2 teman sejawat. Subyek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas 1 SD N Percobaan 3 Pakem tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 orang peserta didik kelas IB pada uji coba kelompok kecil dan 29 orang peserta didik kelas 1A pada uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar penilaian kelayakan media pemainan kartu gambar, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, penilaian produk, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji paired simple t test untuk keefektifan dan menggunakan konversi skor menjadi data kualitatif untuk kepraktisan. Hasil uji coba satu-satu dari penilaian ahli, paktisi dan teman sejawat menunjukkan media permainan kartu gambar dengan teknik make a match pada pembelajaran tematik-integratif layak digunakan dengan kriteria “Sangat Baik”. Uji coba kelompok kecil hasilnya adalah mendapat respon yang positif dengan kriteria “Baik”. Uji coba kelompok besar diuji keefektifan dan kepraktisan penggunaan produk. Keefektifan ditinjau dari hasil belajar peserta didik menunjukkan ada perbedaan rata-rata 81,41 menjadi 85,12. Ada peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai sigifikansi sebesar 0,001 dengan taraf signifikansi 0,005. Kepraktisan penggunaan media ditinjau dari hasil observasi guru diperoleh prosentase 95% dan hasil observasi peseta didik diperoleh 88,75% dengan masing-masing kriteria kepraktisan sama yaitu “Sangat Praktis”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media permainan kartu gambar, Make a match, Tematik-integratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11817

Actions (login required)

View Item View Item