“PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL, PERHATIAN, SERTA PENDAPATAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR TIK SISWA KELAS X SMAN 2 NGABANG”

Heri Sugianto, Putra (2014) “PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL, PERHATIAN, SERTA PENDAPATAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR TIK SISWA KELAS X SMAN 2 NGABANG”. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh antara pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar TIK siswa kelas X SMAN 2 Ngabang (2) apakah ada pengaruh perhatian orang tua dengan prestasi belajar TIK siswa kelas X SMAN 2 Ngabang. (3) apakah ada pengaruh pendapatan orang tua dengan prestasi belajar TIK siswa kelas X SMAN 2 Ngabang. (4) apakah ada pengaruh pendidikan formal, perhatian serta pendapatan orang tua dengan prestasi belajar TIK kelas X SMAN 2 Ngabang secara serentak. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Ngabang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 2 Ngabang yang berjumlah 126 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa dalam kelas X SMA 2 Ngabang dengan metode proporsional random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 90 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, yang terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, multikolinieritas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendidikan formal orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar TIK siswa kelas X SMAN 2 Ngabang (2) Perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar TIK siswa kelas X SMAN 2 Ngabang (3) Pendapatan orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar TIK siswa kelas X SMAN 2 Ngabang. (4) Pendidikan formal, perhatian dan pendapatan orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar TIK, serta tingkat pendapatan orangtua mempunyai sumbangan efektif dan sumbangan relatif terbesar. Kata kunci: Pendidikan Orangtua, Perhatian, Pendapatan, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 20 Oct 2014 08:10
Last Modified: 29 Jan 2019 18:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11313

Actions (login required)

View Item View Item