Implementasi Pendidikan Karakater di Homeschooling Kak Seto Yogyakarta

Vibriyanthy, Ricca (2013) Implementasi Pendidikan Karakater di Homeschooling Kak Seto Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak-Ricca-Vibriyanthy.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi pendidikan karakter di HSKS Yogyakarta, (2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada homeschooler, (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter, dan (4) Hasil dari implementasi pendidikan karakter di HSKS Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, tutor, orang tua homeschooler, dan homeschooler kelas 1-3 SD. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data ditentukan dengan cara memperpanjang waktu penelitian yang dilaksanakan sejak bulan September 2012 sampai dengan April 2013, pengamatan terus menerus dan trianggulasi melalui pengecekan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter di HSKS Yogyakarta dapat dilihat melalui, (a) perencanaan akademik yang disesuaikan dengan visi cerdas berkarakter, (b) pelaksanaan pendidikan karakter melalui tiga kelompok kegiatan, yaitu: pembentukan karakter terpadu dengan pembelajaran pada mata pelajaran; manajemen sekolah dan kegiatan pendukung maupun ekstrakurikuler. (c) monitoring dan evaluasi mengacu pada “Quality Insurance” (Penjaminan Mutu Akademik) melalui pertemuan tutor dengan kepala sekolah dan orang tua serta penilaian karakter anak dan keterlibatan orang tua. (2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada homeschooler mengacu pada finger print scan yaitu tanggung jawab, rasa hormat, keadilan, keberanian, jujur, disiplin, peduli, ketekunan, dan kemandirian. (3) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter yaitu: badan tutorial yang memiliki komitmen, budaya akademik yang kondusif, pendekatan secara personal, kelengkapan instrumen penilaian, dan kerja sama yang baik antara tutor dan orang tua. Adapun faktor penghambat yaitu: latar belakang keluarga yang sering memanjakan anak, kesibukan orang tua untuk berkoordinasi, minimnya sarana dan prasarana, dan minimnya waktu interaksi anak di HSKS Yogyakarta. (4) Hasil dari implementasi pendidikan karakter dapat dilihat melalui perubahan sikap homeschooler sehingga memiliki karakter yang lebih baik dan peningkatan hasil belajar homeschooler.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2014 16:02
Last Modified: 08 May 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11256

Actions (login required)

View Item View Item