Pendidikan Alternatif Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah di Salatiga Jawa Tengah

Shofwan, Imam (2013) Pendidikan Alternatif Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah di Salatiga Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imam-shofwan-11704251003.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pemahaman atau persepsi tentang pelaksanaan pendidikan alternatif di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) tentang: (1) Filsafat pendidikan KBQT, (2) Pengelolaan pembelajaran KBQT, (3) Faktor pendukung dan penghambat, (4) Hasil pembelajaran KBQT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi interpretitif dan menggunakan penulisan yang artistik. Subyek penelitian adalah pendiri, pendamping dan warga belajar KBQT. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) riset kepustakaan, (2) teknik dokumentasi, (3) riset lapangan dengan cara (a) observasi partisipasi, (b) wawancara, dan (c) fenomenologi. Teknik sampling dilakukan dengan purposive dan snowball sampling. Keabsahan hasil penelitian dilakukan dengan validitasi dan reabilitas. Metode analisis data dilakukan dengan cara: (a) reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Filosofi pendidikan KBQT adalah menggunakan filsafat pendidikan konsep Paulo Friere dan filsafat pembelajarannya menggunakan kontruktivisme mengenai konsep belajarnya dihadapkan pada permasalahan yang berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat, 2) Pengelolaan pembelajaran KBQT berkaitan dengan (a) perencanaan pembelajaran; (b) pelaksanaan pembelajaran; (c) evaluasi pembelajaran, 3) Hasil pembelajaran warga belajar KBQT berkaitan dengan output/keluaran adalah bisa berkarya sehingga mandiri dalam kehidupannya dan mudah menyesuaikan lingkungannya, serta outcome/dampak yaitu mempunyai keterampilan yang lebih sehingga dapat diterima dan juga berguna bagi masyarakat, 4) Faktor pendukung dalam KBQT adalah temannya sendiri yang selalu mengingatkan dan memberikan dorongan, dan faktor penghambat KBQT ada secara internal adalah ketika warga belajar tidak memahami konsep pembelajaran, maka mereka tidak bisa maksimal dalam belajarnya, dan faktor eksternal adalah kurangnya pendampingan dalam memberikan dorongan kepada warga belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Alternatif, Komunitas Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2014 16:02
Last Modified: 08 May 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11255

Actions (login required)

View Item View Item