PENINGKATAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PERPADUAN PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY DI KELAS DAN E-LEARNING.

Sukir, Drs., M. T. (2009) PENINGKATAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PERPADUAN PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY DI KELAS DAN E-LEARNING. In: Proseding Seminar Nasional Penerapan ICT dalam Pembelajaran. UNY 25 Juli 2009. ISSN:978-979-8418-45-7 , 25 juli 2009, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Peningkatan pencapaian kompetensi mahasiswa melalui pembelajaran berbasis lesson study dan elearning_Semnas PHKI oleh Sukir_17.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas sering dijumpai kesulitan dalam meningkatkan pencapaian kompetensi bagi mahasiswa yang mengikutinya. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan proses belajar mengajar yang memadukan pembelajaran berbasis lesson study di kelas dan e-learning. Permasalahan yang perlu dikaji lebih lanjut adalah bagaimanakah memadukan pembelajaran berbasis lesson study dan e-learning sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi bagi mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tersebut? Lesson study merupakan suatu kegiatan pembelajaran dari sejumlah guru atau guru dan pakar pembelajaran yang mencakup tiga tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan (planning), tahap implementasi (action) pembelajaran dan observasi serta tahap refleksi (reflection) terhadap perencanaan dan implementasi pembelajaran tersebut. E-learning merupakan penggunaan teknologi elektronik untuk mengirim, mendukung, dan meningkatkan pengajaran, pembelajaran dan penilaian. Upaya memadukan pembelajaran berbasis lesson study di kelas dan e-learning untuk meningkatkan pencapaian kompetensi mahasiswa dapat dilakukan melalui langkah- langkah : (1) Sebelum perkuliahan berlangsung semua mahasiswa diwajibkan mempelajari kompetensi perkuliahan yang tersaji pada e-learning yang telah disiapkan oleh dosen; (2) Mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4 sampai 6 mahasiswa.; (3) Setiap kelompok diberi tugas melakukan diskusi di luar jam perkuliahan dengan topik yang sama untuk mendalami materi yang tersaji pada e-learning yang hasilnya dipresentasikan pada perkuliahan minggu depan; (4) Pelaksanaan perkuliahan diawali dengan penjelasan dosen tentang materi yang dirasa sulit bagi mahasiswa, kemudian dilanjutkan dengan presentasi setiap kelompok. Sisa waktu yang ada digunakan oleh dosen untuk klarifikasi dan menjelaskan materi pada e-learning yang belum tersampaikan dalam diskusi. Selain itu perlu diberikan contoh-contoh soal beserta pembahasannya serta tugas untuk diberikan kepada mahasiswa melalui e-learning. Kata kunci : kompetensi, lesson study dan e-learning.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Drs. Sukir, M.T.
Date Deposited: 22 Aug 2014 06:54
Last Modified: 22 Aug 2014 06:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item View Item