Implementasi Pembelajaran Terpadu Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di KB – TK Islam Al Azhar 31 Yogyakarta

Risti P, Avanti Vera (2013) Implementasi Pembelajaran Terpadu Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di KB – TK Islam Al Azhar 31 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-avanti-vera-risti-p-08704251007.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui implementasi pembelajaran terpadu pada pendidikan anak usia dini, dan (2) mengetahui pengaruh pembelajaran terpadu terhadap aspek perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang mendeskripsikan tentang pemahaman terhadap seseorang diberbagai situasi dimana akan menjadi bagian utama dalam penggambarannya. Data diperoleh melalui pengamatan peran serta, di mana peneliti berfungsi sebagai instrumen yang tak terpisahkan dengan subjek penelitian untuk melakukan wawancara mendalam, pengamatan terus-menerus dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang dilakukan melalui empat kegiatan utama yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk memperoleh tingkat kepercayaan (keabsahan) terhadap data-data yang diperoleh dilakukan dengan teknik kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan hal berikut ini: (1) Proses pembelajaran terpadu yang di lakukan belum memperlihatkan keterkaitan antara tema dan dilakukan melalui tahapan: kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan kurikulum, alur kegiatan yang dilakukan dimulai dari: a) memetakan tingkat pencapaian perkembangan dari laporan hasil belajar kedalam aspek perkembangan anak, b) mencari indikator di Kurikulum Pengembangan Pribadi Muslim (KPPM) dan Standar Isi Permen Diknas No. 58 tahun 2009 yang sesuai dengan capaiannya, c) membaginya ke dalam semester setelah itu menjadi term, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). Kegiatan perencanaan dilanjutkan dengan menentukan tema dan kegiatan pendukung pembelajaran yang mendukung tema. Tahap pelaksanaan pembelajaran terpadu dengan agama yang telah dilakukan baru pada pembiasaan akhlakul karimah anak dan kegiatan hari keagamaan Islam. Di Tahap pelaksanaan pembelajaran masih terpisah-pisah antar bidang pengembangan, kegiatan pembelajaran lebih banyak menggunakan lembar kerja, dan kurangnya waktu untuk bermain bagi anak. Proses penilaian belum menggunakan rubrik dan pedoman instrumen penilaian. (2) Pengaruh pembelajaran terhadap perkembangan anak, bidang yang paling menonjol adalah bidang sosial emosional dengan pengenalan “rewards and punishment”. Sedangkan untuk bidang pengembangan fisik, bahasa, maupun kognitif belum terlihat perkembangan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran terpadu, pendidikan anak usia dini, aspek perkembangan anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Aug 2014 05:24
Last Modified: 08 May 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

View Item View Item