PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK SE-KABUPATEN SLEMAN

Aji Danang, Pamungkas (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Asbtrak.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Se-Kabupaten Sleman; (2) pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Se-Kabupaten Sleman: (3) pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Responden penelitian adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio-Video di SMK Se-Kabupaten Sleman berjumlah 58 siswa yang seluruhnya diambil sebagai subyek penelitian. Instumen yang digunakan adalah angket tertutup. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 siswa kelas XI Teknik Audio-Video. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan adalah statistic driskiptif yang meliputi harga Mean(M), Median (Me), Modus (Mo), Standar Deviasi (SD) dan Frekuensi data. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif dan pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif digunakan teknik analisis regresi sederhana sedangkan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif digunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Se-Kabupaten Sleman yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0,262. (2) Terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Se-Kabupaten Sleman yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0,269. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Se-Kabupaten Sleman yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0,349. Koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,122. Sumbangan efektif motivasi belajar sebesar 5,90358 % dan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran sebesar 6,29642 %. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 26 Jun 2014 07:00
Last Modified: 29 Jan 2019 18:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11151

Actions (login required)

View Item View Item