Suhanda, Andar (2013) Perencanaan Kurikulum di SMP Negeri 3 Singkawang. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-andar-suhanda-11703251015.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana SMP Negeri 3 Singkawang merencanakan kurikulum dari pemerintah agar sesuai dengan karakteristik sekolah, perencanaan komponen-komponen kurikulum di SMP Negeri 3 Singkawang, faktor-faktor penghambat dalam perencanaan kurikulum, usaha sekolah dalam mengatasi hambatan serta keunggulan SMP Negeri 3 Singkawang dalam perencanaan kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi serta pencermatan dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam serta triangulasi data melalui sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum yang dilakukan SMP Negeri 3 Singkawang dalam merencanakan kurikulum dari pemerintah sehingga sesuai dengan karakteristik sekolah dilakukan oleh tim pengembang kurikulum SMP Negeri 3 Singkawang berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam menetapkan sasaran dan tujuan kurikulum berdasarkan visi dan misi SMP Negeri 3 Singkawang. Dalam mengorganisasikan materi pembelajaran, sekolah berpedoman pada panduan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam mempersiapkan sarana dan prasarana serta media pembelajaran, SMP Negeri 3 Singkawang melakukan penyusunan rencana kerja sekolah. SMP Negeri 3 Singkawang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada guru untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran yang mereka ajarkan. Dalam mempersiapkan program evaluasi kurikulum SMP Negeri 3 Singkawang mengembangkan instrumen supervisi kurikulum dan mengembangkan jurnal kegiatan guru. Hambatan dalam perencanaan kurikulum di SMP Negeri 3 adalah kekurangpahaman guru terutama guru senior dalam mengintrepetasikan kurukulum sesuai pedoman-pedoman dari pemerintah. Usaha SMP Negeri 3 untuk mengatasi hambatan dalam perencanaan kurikulum adalah mengadakan in house training secara khususnya, mengadakan workshop dengan mendatangkan narasumber dari LPMP provinsi. Keunggulan-keunggulan SMP Negeri 3 Singkawang dalam perencanaan kurikulum antara lain: a. analisis lingkungan Strategis, b. Analisis Pendidikan Saat Ini dan Masa Depan, c. Program Strategis dan strategi pelaksanaan/pencapaian, d. penambahan jam pelajaran, e. program remidial dan pengayaan, f. kegiatan pengembangan diri
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, kurikulum |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 14 May 2014 00:14 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 01:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11081 |
Actions (login required)
View Item |