Husna, Aini (2013) Penerapan Manajemen Mutu Terpadu dan Dampaknya di SD Budi Mulia Dua Sedayu Bantul. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-aini husna-11703254025.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan Manajemen Mutu Terpadu dan mengetahui dampak dari penerapan Manajemen Mutu Terpadu tersebut di SD Budi Mulia Dua Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian adalah SD Budi Mulia Dua Sedayu Bantul. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan orang tua murid. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Penerapan Manajemen Mutu Terpadu pada aspek layanan sekolah terhadap siswa sudah cukup baik. Layanan yang masih perlu perbaikan adalah belum adanya tempat ibadah/musholla sekolah dan kurangnya fasilitas komputer yang menghambat kelancaran kegiatan pembelajaran TIK. Penerapan pada aspek sumber daya manusia sudah cukup baik. Hal ini didukung oleh adanya program pengembangan kompetensi guru dan karyawan baik melalui jalur formal maupun non-formal. Penerapan pada aspek lingkungan sudah cukup baik. Kelemahan sekolah ini adalah masih ada beberapa ruang kelas (yaitu kelas 4 dan 5) yang kondisinya kurang memadai dan perlu diperbaiki. Penerapan pada aspek proses pembelajaran sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penerapan pada aspek lulusan sudah baik. Hal ini nampak pada prestasi akademik dan non akademik yang dicapai sekolah. (2) Dampak positif penerapan Manajemen Mutu Terpadu adalah meningkatnya prestasi sekolah dan siswa serta kinerja guru sehingga berdampak pula pada peningkatan kepuasan orang tua siswa. Dampak lainnya adalah peningkatan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan sarana dan prasarana maupun pelatihan bagi guru dan karyawan, sehingga menyebabkan turunnya minat orang tua untuk mendaftar di sekolah ini dikarenakan kemampuan ekonomi masyarakat sekitar sekolah rata-rata menengah ke bawah. (3) Cara mempertahankan dampak positif dari penerapan Manajemen Mutu Terpadu dengan melakukan pengendalian terhadap mutu sekolah baik secara internal maupun secara eksternal
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 13 May 2014 07:53 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 08:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11078 |
Actions (login required)
View Item |