Pengembangan Model Pembelajaran Sport Education Berbasis Kejuaraan untuk Guru Penjas SMP

Dalton, Wilian (2013) Pengembangan Model Pembelajaran Sport Education Berbasis Kejuaraan untuk Guru Penjas SMP. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak_Wilian_Dalton.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran sport education berbasis kejuaraan untuk guru penjas SMP, dalam bentuk buku panduan pelaksanaan model pembelajaran berbasis kejuaraan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall dan Sugiyono dengan beberapa modifikasi menjadi lima tahap. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa SMP 1 Panggang, SMP 1 Mlati dan MTs Banyusoca. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk ahli dan praktisi penjas, lembar observasi, angket untuk penilaian guru dan angket untuk tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Prosedur pengembangan melalui lima tahap, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap disain produk, Tahap validasi ahli,tahap ujicoba dan revisi produk dan tahap produk akhir. (2) Buku terdiri atas tiga bab, yaitu bab 1, pengenalan pembelajaran berbasis kejuaraan; bab 2, tata laksana pembelajaran berbasis kejuaraan; dan bab 3, penutup. (3) Hasil validasi menunjukkan buku panduan yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat tinggi. (4). Penilaian guru pendidikan jasmani terhadap kualitas buku panduan dengan rerata sebesar 16 (masuk dalam kategori sangat tinggi). Tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran sport education rerata sebesar 9,06(masuk dalam kategori sangat tinggi). (5) Kesimpulannya buku panduan pelaksanaan model pembelajaran sport education layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 May 2014 05:01
Last Modified: 08 May 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11013

Actions (login required)

View Item View Item