PENGARUH HASIL SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB), MINAT MEMILIH JURUSAN, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

Hery, Kiswanto (2014) PENGARUH HASIL SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB), MINAT MEMILIH JURUSAN, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh hasil seleksi PPDB terhadap prestasi akademik, (2) besarnya pengaruh minat memilih jurusan terhadap prestasi akademik, (3) besarnya pengaruh perilaku belajar terhadap prestasi akademik, dan (4) besarnya pengaruh hasil seleksi PPDB, minat memilih jurusan, dan perilaku belajar secara bersama-sama terhadap prestasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebesar 207 peserta didik yang diambil dari populasi peserta didik kelas XI seluruh kompetensi keahlian sebanyak 448 peserta didik. Metode kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang minat memilih jurusan dan perilaku belajar. Metode dokumentasi digunakan untuk mencari data tentang hasil seleksi PPDB dan prestasi akademik. Teknik analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh antara hasil seleksi PPDB (X1), minat memilih jurusan (X2), dan perilaku belajar (X3) terhadap prestasi akademik peserta didik (Y) secara terpisah atau parsial. Teknik analisis regresi ganda digunakan untuk mengetahui pengaruh antara hasil seleksi PPDB (X1), minat memilih jurusan (X2), dan perilaku belajar (X3) secara bersama-sama terhadap prestasi akademik peserta didik (Y). Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik peserta didik sebesar 32,43%. (2) minat memilih jurusan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik peserta didik sebesar 11,98%. (3) perilaku belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik peserta didik sebesar 5,49%. (4) hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), minat memilih jurusan, dan perilaku belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik peserta didik sebesar 49,9%. Kata kunci: hasil seleksi PPDB, minat memilih jurusan, perilaku belajar, dan prestasi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 29 Apr 2014 07:40
Last Modified: 29 Jan 2019 18:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11003

Actions (login required)

View Item View Item