Pengaruh Peran MGMP dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru terhadap Kompetensi Guru Matematika SMP/MTs Di Kabupaten Aceh Tengah.

Hilliyani, Hilliyani (2012) Pengaruh Peran MGMP dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru terhadap Kompetensi Guru Matematika SMP/MTs Di Kabupaten Aceh Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hilliyani-10709259021.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh: (1) peran MGMP, (2) kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader, (3) kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer, (4) peran MGMP dan Kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi professional guru matematika SMP/MTs di Kabupaten Aceh Tengah dilihat dari self assessment dan tes, dan 5) mendiskripsikan hubungan peran MGMP dan Kepemimpinan kepala sekolah menurut persepsi guru dengan kompetensi professional guru matematika SMP/MTs di Kabupaten Aceh Tengah dilihat dari self assessment dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-eksploratif menggunakan metode survei dengan analisa data regresi dan korelasi kanonis. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juli 2012. Populasi penelitian seluruh guru matematika SMP/MTs yang mengikuti MGMP di Kabupaten Aceh Tengah yang berjumlah 57 guru. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Bukti validitas ahli dengan melakukan uji coba terhadap guru matematika SMP/MTs yang mengikuti MGMP di Kabupaten Bener Meriah yang berjumlah 35 guru. Estimasi reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha-Cronbach dengan nilai 0,828 (Peran MGMP), 0,798 (kepemimpinan kepala sekolah sebgai leader), 0,751 (kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer), Kompetensi professional guru 0,802 (self assessment), dan 0,804 (tes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara: 1) peran MGMP, 2) kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader, 3) kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer, 4) peran MGMP dan Kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi professional guru matematika SMP/MTs di Kabupaten Aceh Tengah dilihat dari self assessment berkontribusi sebesar 40,4%; tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara: 1) Peran MGMP, 2) kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader, dan 3) kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer, 4) peran MGMP dan Kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi professional guru matematika SMP/MTs di Kabupaten Aceh Tengah dilihat dari tes berkontribusi sebesar 9%. 5) Dari hasil analisis korelasi kanonis dapat disimpulkan ada hubungan positif yang kuat antara Peran MGMP, Kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader, Kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer dengan kompetensi professional guru matematika SMP/MTs di Kabupaten Aceh tengah yang dilihat dari self assessment.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peran MGMP, kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi professional
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:27
Last Modified: 08 May 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10943

Actions (login required)

View Item View Item