Keefektifan Metode Tematik dengan Konstruktivistik terhadap Pemahaman Nilai-nilai Moral dalam Novel Sang Pencerah pada Pembelajaran Membaca Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Usup, Usup (2012) Keefektifan Metode Tematik dengan Konstruktivistik terhadap Pemahaman Nilai-nilai Moral dalam Novel Sang Pencerah pada Pembelajaran Membaca Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-usup-10706259054.swf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode tematik dengan metode konstruktivistik dan perbedaan tingkat keefektifan antara metode tematik dengan metode konstruktivistik pada pembelajaran membaca pemahaman nilai-nilai moral dalam novel Sang Pencerah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang didesain dengan pola desain berimbang yang melibatkan sampel sebanyak 58 orang siswa SMA Negeri 1 Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan dengan teknik sampel random. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) dan dianalisis secara deskriptif dan uji statistik t-test untuk menguji hipotesis komparatif dua variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan, yang pertama, bahwa metode tematik efektif meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman, ini terlihat dari peningkatan nilai mean 60.60 menjadi 84.05 dan nilai t hitung = -12.459 dengan sig.= 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan keterampilan membaca pemahaman sebelum dan sesudah perlakuan. Kedua, demikian juga dengan metode konstruktivistik, terlihat dari peningkatan nilai mean 60.09 menjadi 73.36 dan nilai t hitung = -8.034 dengan sig.= 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan keterampilan membaca pemahaman sebelum dan sesudah perlakuan. Ketiga, metode tematik lebih efektif daripada metode konstruktivistik, ini terlihat dari peningkatan hasil belajar dengan metode tematik sebesar 38.70%, sedangkan metode konstruktivistik hanya sebesar 22.08% dan nilai t hitung = 4.062 dengan sig.= 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan tingkat keefektifan antara metode tematik dengan metode konstruktivistik dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode tematik dan metode konstruktivistik efektif digunakan untuk meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman dan metode tematik lebih efektif digunakan untuk meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman, sehingga metode ini menjadi salah satu variasi untuk dapat meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman nilai-nilai moral.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode Tematik, Metode Konstruktivistik, membaca pemahaman nilai-nilai moral
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2014 00:38
Last Modified: 08 May 2019 14:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item View Item