PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO (TAV) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Teguh Arif, Wibowo (2014) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO (TAV) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia-Inggris.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, penyesuaian diri terhadap prestasi belajar dan pengaruh disiplin belajar, kemandirian belajar dan penyesuaian diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebesar 58 siswa, teknik pengambilan data menggunakan angket, dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat pengaruh positif antara variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar elektronika dasar yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,533 dan koefisien determinasi sebesar 0,139, semakin tinggi disiplin belajar maka semakin tinggi pula hasil prestasi belajarnya. Terdapat pengaruh positif variabel kemandirian belajar terhadap prestasi belajar elektronika dasar siswa, hal ini dibuktikan koefisien regresi sebesar 0,434 dan koefisien determinasi sebesar 0,082, maka semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka akan semakin tinggi juga prestasi yang didapat. Terdapat pengaruh positif variabel penyesuaian diri terhadap prestasi belajar elektronika dasar siswa, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,781 dan koefisien determinasi sebesar 0144, jadi semakin tinggi penyesuaian diri siswa maka semakin tinggi pula hasil prestasi belalajar yang dimiliki siswa. Terdapat pengaruh disiplin belajar, kemandirain belajar dan penyesuaian diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar elektronika dasar. Hal ini didasarkan atas pengujian analisis regresi ganda diperoleh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 21 Mar 2014 03:51
Last Modified: 29 Jan 2019 18:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10912

Actions (login required)

View Item View Item