PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO-VIDEO SMK MA’ARIF SALAM TAHUN AJARAN 2012/2013

Agnes Deswatun, Khasanah (2013) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO-VIDEO SMK MA’ARIF SALAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. judul-lampiran (revisi)(1).pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Internet terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X Teknik Audio-Video SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X Teknik Audio-Video SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2012/2013. (3) Pengaruh Pemnafaatan Teknologi Internet dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersamasama terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X Teknik Audio-Video SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Audio-Video SMK Ma’arif Salam tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 83 siswa yang seluruhnya diambil sebagai subyek penelitian. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 40 siswa kelas XI Teknik Audio-Video. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh Pemanfaatan Teknologi Internet terhadap Hasil Belajar mata Diklat KKPI dan pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar mata Diklat KKPI digunakan teknik analisis korelasi Product Moment sedangkan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi Internet dan penggunaan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Mata Diklat KKPI digunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif pemanfaatan Teknologi Internet terhadap Hasil Belajar Mata Diklat KKPI Siswa Kelas X Teknik Audio-Video SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga rx1y (0,419) lebih besar dari rtabel (0,213) pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh positif Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Diklat KKPI Siswa Siswa Kelas X Teknik Audio-Video SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga rx2y (0,674) lebih besar dari rtabel (0,213) pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Teknologi Internet dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Mata Diklat KKPI Siswa Siswa Kelas X Teknik Audio-Video SMK Ma’arif Salam Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibuktikan dengan harga Ry(1,2) (0,704) lebih besar dari rtabel (0,213) pada taraf signifikansi 5%. Koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,495. Sumbangan efektif Teknologi Internet sebesar 8,98425% dan Persepsi tentang Penggunaan Media Pembelajaran sebesar 40,51575%. Kata Kunci: Teknologi Internet, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 27 Nov 2013 02:06
Last Modified: 29 Jan 2019 18:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

View Item View Item