Bachtiar, Fajjri (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KKPI PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET ANTARA MENGGUNAKAN MODUL DENGAN METODE KONVENSIONAL DI SMK MA’ARIF 3 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa kelas X yang semula belajar secara konvensional dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan modul pembelajaran. Mata pelajaran yang digunakan adalah KKPI pada materi mengoperasikan software Spreadsheet di SMK Ma’arif 3 Wates. Penelitian ini mengambil tempat di SMK Ma’arif 3 Wates Program Keahlian Teknik Sepeda Motor. Penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan Posttest Control Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 165 siswa. Sedangkan sampel penelitiannya berjumlah 70 siswa. Pada perlakuan kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan media pembelajaran menggunakan modul sedangkan untuk kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran konvensional materi yang digunakan adalah mengoperasikan software Spreadsheet. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan modul pada materi mengoperasikan software Spreadsheet memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar dari pada pembelajaran secara konvensional, yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 73,61 > nilai rata-rata kelas kontrol 60,19 yang menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Terdapat perbedaan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 23 Sep 2013 02:40 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10674 |
Actions (login required)
View Item |