Jaya Andrias, Brury Kuntoaji (2013) PENGARUH SARANA DAN PRASARANA PENDDIKAN DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK 1 PUNDONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Abstrak (IN) Tugas Akhir Jaya Andrias Brury Kuntoaji.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana pendidikan, kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMK 1 Pundong. Penelitian dilakukan di SMK (Negeri) 1 Pundong dengan mengambil subyek penelitian sebesar 20% dari populasi 255 siswa, yaitu 51 siswa kelas X. Data seluruh variabel yang akan diungkap diperoleh melalui angket dengan metode John M. Keller, di mana pernyataan dengan kriteria negatif, bobot nilainya diubah sehingga nilai tertinggi menjadi nilai terendah. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara sarana dan prasarana pendidikan, kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMK 1 Pundong. Hasil koefisien determinasi (R Square) sebesar 18,2% menunjukkan bahwa masih terdapat 81,8% faktor lain yang memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMK 1 Pundong. Besar sumbangan relatif variabel sarana dan prasarana pendidikan (X1) sebesar 46,91% dan variabel kompetensi guru (X2) sebesar 53,09%. Sedangkan besar sumbangan efektif variabel sarana dan prasarana pendidikan (X1) sebesar 8,54% dan kompetensi guru (X2) sebesar 7,03%, sehingga diketahui bahwa terdapat 84,43% pengaruh dari faktor lain. Kata kunci: sarana dan prasarana pendidikan, kompetensi guru, motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 26 Jul 2013 02:20 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10626 |
Actions (login required)
View Item |