Lutviana , Widiastri (2013) PENGEMBANGAN BLOG AKADEMIK MENGOLAH MASAKAN INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA. D3 thesis, Fakultas Teknik UNY.
|
Text
JURNAL LUTVIANA W (11511247001).pdf Download (286kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran blog akademik tentang Mengolah Masakan Indonesia, (2) mengetahui kualitas blog akademik tentang Mengolah Masakan Indonesia sebagai sumber belajar, (3) mengetahui respon peserta didik (siswa) terhadap blog akademik Mengolah Masakan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research And Development dengan menggunakan model 4D (Define, design, Development, Dissemination). Penelitian ini menggunakan responden sebagai penilai kualitas blog akademik sebanyak 39 orang yang terdiri dari 2 orang ahli media, 1 orang ahli materi dan 36 orang siswa. Sampel digunakan untuk menetukan tingkat kelayakan produk pengembangan blog akademik Mengolah Masakan Indonesia. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket. Metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dikembangkan media pembelajaran blog akademik tentang Mengolah Masakan Indonesia menggunakan model pengembangan 4D (Define, design, Development, Dissemination) dalam bentuk blog wordpress, dengan alamat situs www.masakanindonesia.org, (2) kualitas blog akademik Mengolah Masakan Indonesia berdasarkan penilaian ahli media adalah: Aspek tampilan memperoleh nilai 20,5 (sangat baik) dengan persentase kualitas sebesar 85,42%, Aspek pemrograman nilai 30,5 (sangat baik) dengan persentase kualitas sebesar 84,72%, Aspek SEO memperoleh nilai 21 (sangat baik) dengan persentase kualitas sebesar 87,50%, Kualitas isi blog akademik Mengolah Masakan Indonesia berdasarkan ahli materi sangat baik dengan jumlah skor 40 dari 12 indikator, (3) Penilaian peserta didik terhadap blog akademik Mengolah Masakan Indonesia adalah: aspek pembelajaran memperoleh total nilai 719 (sangat baik) sebanyak 26 orang (72,2%), aspek tampilan memperoleh total nilai 285 (sangat baik) sebanyak 20 orang (55,6%), aspek pemrograman memperoleh total nilai 273 (baik) sebanyak 21 orang (58,3%).
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Users 1141 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2013 03:16 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 02:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10623 |
Actions (login required)
View Item |