Ayu Sandra, Dewi (2013) PENGARUH KEPROFESIONALAN DAN METODE MENGAJAR GURU SERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH I BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO KELAS XII PADA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
abstrak.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi Kejuruan. (2) Pengaruh Metode Mengajar Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi Kejuruan. (3) Pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi dan Metode Mengajar Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi Kejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video berjumlah 62 siswa yang seluruhnya diambil sebagai subyek penelitian. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 siswa kelas X Kompetensi Keahlian Audio Video. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa dan pengaruh Metode Mengajar Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa digunakan teknik analisis regresi sederhana sedangkan untuk mengetahui pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi dan Metode Mengajar Guru Sertifikasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa digunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif antara keprofesionalan guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat kompetensi kejuruan yang dibuktikan dengan harga thitung>ttabel yaitu 2,399>1,671, rx1y (0,296) lebih besar dari rtabel (0,244) pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh yang positif antara metode mengajar guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat kompetensi kejuruan yang dibuktikan dengan harga thitung>ttabel yaitu 2,797>1,671, rx2y (0,340) lebih besar dari rtabel (0,244) pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh yang positif antara keprofesionalan dan metode mengajar guru sertifikasi secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat kompetensi kejuruan yang dibuktikan dengan harga Fhitung>Ftabel yaitu 6,306>3,17, Ry(1,2) (0,420) lebih besar dari rtabel (0,244) pada taraf signifikansi 5%. Koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,176. Sumbangan efektif Keprofesionalan Guru Sertifikasi sebesar 7,38% dan Metode Mengajar Guru Sertifikasi sebesar 10,22%. Kata Kunci: keprofesionalan, metode mengajar guru sertifikasi, prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | pend elektronika ft |
Date Deposited: | 21 May 2013 03:53 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10458 |
Actions (login required)
View Item |