PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Dwi Karina, Putri (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak dan abstract.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif gerbang logika dasar sebagai multimedia pembelajaran mata pelajaran teknik digital pada jurusan Teknik Audio Video dan tingkat kelayakan multimedia pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Tahap pengembangan ini meliputi tahap analysis, tahap design, tahap development and implementation dan tahap evaluation.. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Adapun validasi media pembelajaran melibatkan dua ahli materi pembelajaran dan dua ahli media pembelajaran dan uji coba pemakaian dilakukan oleh 24 siswa. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif gerbang logika dasar yang sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran teknik digital di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kelayakan media pembelajaran tersebut melalui tiga tahap sebagai berikut: 1) Validasi ahli media, dengan rerata 3,875 masuk dalam kategori layak, 2) Validasi ahli materi, dengan rerata 3,98 masuk dalam kategori layak, dan 3) Uji coba lapangan, dengan rerata 3,57 masuk dalam kategori layak. Kata kunci: media, pembelajaran, pengembangan, kelayakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 21 May 2013 03:46
Last Modified: 29 Jan 2019 18:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10457

Actions (login required)

View Item View Item