IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KE DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PRAKTIK KEJURUAN PADA SMK JURUSAN BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

L.M. Alwan , Wiranata (2013) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI KE DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PRAKTIK KEJURUAN PADA SMK JURUSAN BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
E-Journal.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang dikembangkan oleh guru SMK Jurusan Bangunan yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran, (2) mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru SMK Jurusan Bangunan dalam mengintegrasikan muatan nilai-nilai karakter kedalam pembelajaran, (3) mengetahui strategi evaluasi yang dikembangkan ke dalam pembelajaran, dan (4) mengidentifikasi kendala-kendala yang dialami oleh guru SMK Jurusan Bangunan dalam mengintegrasikan muatan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui metode survei pada 8 (delapan) SMK negeri Jurusan Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sumber data (responden) dalam penelitian ini adalah 16 guru masing-masing SMK diambil 2 responden Guru Jurusan Bangunan. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian dilakukan triangulasi data untuk mendapatkan hasil yang objektif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan sudah direncanakan secara tertulis di dalam dokumen silabus dan RPP di 6 SMK dari 8 SMK Jurusan Bangunan di D.I. Yogyakarta, (2) Strategi pembelajaran yang diterapkan pada umumnya sudah direncanakan secara tertulis di dalam dokumen silabus dan RPP di 6 SMK dari 8 SMK Jurusan Bangunan di D.I. Yogyakarta (3) Evaluasi pendidikan karakter merupakan aspek yang sulit untuk diukur peniliaannya sehingga sebagian besar SMK belum mengembangkan, dan (4) Kendala-kendala yang dialami oleh guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter secara terintegrasi yaitu, alokasi waktu 81,25%, kompetensi yang belum memadai 43,75%, ketersediaan sarana pembelajaran31,25%, kemampuan yang masih kurang dalam mengevaluasi pembelajaran 18,75%, penugasan pembelajaran masih minim 12,5%, dan kebijakan sekolah kurang mendukung 6,25%

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2013 01:49
Last Modified: 29 Jan 2019 18:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item View Item