Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:07:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-08-05T07:54:54Z2019-08-05T07:54:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65069This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/650692019-08-05T07:54:54ZGURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0Abstrak
Di era revolusi industri 4.0 muncul teknologi baru yang mengakibatkan perubahan luar biasa di semua bidang tidak terkecuali pendidikan. Apabila fungsi guru hanya sebatas transfer ilmu kepada siswa atau hanya sekedar mengajar saja di dalam kelas, maka perannya akan tergantikan oleh teknologi di era revolusi industri 4.0 ini. Teknologi terus berubah, menjadi lebih cepat atau lebih murah namun saat ini masih banyak guru yang resisten terhadap perkembangan teknologi sekalipun dunia pendidikan telah bertransformasi. Padahal saat ini justru dibutuhkan guru-guru terbaik yang memahami dinamika kelas dan memanfaatkan teknologi guna mengedukasi siswa. Teknologi akan membuat guru lebih percaya diri dan lebih mudah dalam mengajar siswanya sehingga mampu mengubah ruang kelas menjadi ruang belajar yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan peran guru di era pendidikan 4.0. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persoalan pendidikan di Indonesia saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan dibandingkan dengan negara lain, (2) Pendidikan 4.0 merupakan jawaban dari era revolusi industry 4.0 di dunia pendidikan, (3) Peran guru tak tergantikan di era revolusi Industri 4.0
Kata Kunci: Guru, Mutu Pendidikan, Daya Saing.Susilo Setyo Utomosusilosetyoutomo@staf.undana.ac.id2017-09-14T08:36:07Z2017-09-14T08:36:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52798This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/527982017-09-14T08:36:07ZIslamic Values within the Context of Multicultural Citizenship in Madrasah Aliyah, Yogyakarta, IndonesiaHow Islamic values inspire the teachers to habits young generation to involve as multiculturalist citizen? How teachers could be civic education as an instrument to build multiculturalist citizen with using their faiths in Islamic high senior school (Madrasah Aliyah)? The paper elaborates the practicing “the spirit of Islam” as living values for multicultural society, according to civic educators interpretation in Madrasah Aliyah around Yogyakarta City, Indonesia. The results seem that teachers have meaning differences about interpreting "Islamic multicultarism" and "civic multiculturalist" between classroom and school culture contexts. Teachers have faced biases and discontents to integrate the Islamic faiths and citizenship multicultural values within their classrooms. Civic education's teachers of three Madrasahs, as case of this study, have success stories to reinterpreting the Islamic values with multiculticultural contents according the goals of civic education curriculum and mission of school as Islamic institution.Samsuri Samsurisamsuri@uny.ac.idMukhamad Murdiono2017-01-12T14:57:31Z2017-01-12T14:57:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45748This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/457482017-01-12T14:57:31ZPengauditan dan Kepengawasan KoperasiPengawasan dapat diartikan sebagai proses untuk menetapkan pekerjaan apa yang sudah dilaksanakan, menilainya, dan mengkoreksinya dengan maksud agar pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana semula. Selain pengertian tersebut, pada prinsipnya pengawasan dapat dijalankan apabila ada rencana tertentu, ada perintah untuk mengerjakan, dan ada wewenang kepada orang lain.Mahendra Adhi Nugrohomahendra@uny.ac.id2016-11-08T01:27:19Z2019-01-30T11:43:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43312This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/433122016-11-08T01:27:19ZHUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANGPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan lingkungan kerja dengan kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Bhakti Karya 1 Magelang, (2) Hubungan disiplin kerja dengan kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Bhakti Karya 1 Magelang, (3) Hubungan lingkungan kerja dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Bhakti Karya 1
Magelang.Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Uji coba instrument penelitian bertempat di SMK IT MA’ARIF Kota Magelang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMK Bhakti Karya 1 Magelang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji lnieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana, korelasi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan lingkungan kerja dengan kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Bhakti Karya 1 Magelang yang ditunjukan dengan nilai rx1y sebesar 0,748 dan thitung 2,499 > ttabel
2,048; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan disiplin kerja dengan kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Bhakti Karya 1 Magelang yang ditunjukan dengan nilai rx2y sebesar 0,760 dan thitung 2,671 > ttabel 2,048; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan lingkungan kerja dan disiplin kerja dengan kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Bhakti Karya 1 Magelang yang ditunjukan dengan nilai Ry(1,2) sebesar 0,809 dan nilai Fhitung 26,477 > Ftabel 3,34. Hubungan kedua variabel sebesar 67 %. Sumbangan efektif lingkungan kerja sebesar 50,2% dan disiplin kerja sebesar 16,8%, sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Lingkungan kerja, Disiplin kerja, Kinerja guruADP Alfenti Debyan Pratiwi2012-10-18T19:00:48Z2012-10-18T19:00:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6713This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67132012-10-18T19:00:48ZPanduan Journal Manager E-journal MahasiswaPuskom UPTpuskom@uny.ac.id