Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:37:56ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2023-09-21T01:05:54Z2023-09-21T01:05:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78157This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/781572023-09-21T01:05:54ZPancasila dalam Praksis PendidikanBuku ini diterbitkan sebagai kontribusi UNY dalam gerakan pengarusutamaan Pancasila dalam praksis pendidikan.Sudrajat AjatSamsuri Samsurisamsuri@uny.ac.id2023-04-24T06:02:23Z2023-04-24T06:02:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77587This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/775872023-04-24T06:02:23ZPromoting Cultural Literacy in Indonesian Multicultural SettingIndonesia is a country with an intense diversity in terms of its local languages and people. This very diverse situation sometimes makes the country face a high potential of conflicts especially if there is no sufficient cultural awareness and understanding among its people. Increasing the cultural literacy level in this multicultural setting, therefore, is crucial to consider. In order to achieve a harmonious life in such a setting, some parties need to participate in the effort to create a peaceful multicultural society, i.e. the family, school, and society. This article presents the efforts that are done by each party to promote cultural literacy to a better level in Indonesian multicultural context. They are socialization of the concepts of multiculturalism, availability of both printed and digital references related to multiculturalism, provision of good examples of the best practices of multiculturalism, and involvement in cultural activities. These provide the basic knowledge to build the awareness and understanding of the cultural diversity that every Indonesian should possess.Titik Sudartinahtitiksudartinah@uny.ac.id2023-03-28T03:48:24Z2023-03-28T03:48:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77228This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/772282023-03-28T03:48:24ZPengaruh Pemahaman Sejarah, Berpikir Sejarah, Kesadaran Sejarah, Nilai-Nilai Multikultural, dan Wawasan Kebangsaan terhadap Sikap Nasionalisme Siswa.Nasionalisme merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keutuhan bangsa dan negara. Oleh karena itu, sikap nasionalisme harus diinternalisasikan melalui proses pendidikan yang salah satunya melalui mata pelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah memuat materi peradaban bangsa yang mengandung makna dan nilai-nilai untuk membentuk watak dan kepribadian siswa. Sikap nasionalisme perlu di tumbuh kembangkan dengan faktor yang dapat mempengaruhinya yang salah satunya dalam proses pembelajaran sejarah. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman sejarah, berpikir sejarah, kesadaran sejarah, nilai-nilai multikultural, dan wawasan kebangsaan terhadap sikap nasionalisme siswa SMA negeri di Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto dengan desain korelasional. Populasinya siswa kelas XI SMA di Yogyakarta, dengan jumlah sampel 247. Teknik sampling menggunakan cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa tes dan angket/kuesioner. Tes digunakan untuk mengungkap data tentang pemahaman sejarah dan berpikir sejarah, sedangkan angket untuk mengungkap kesadaran sejarah, nilai-nilai multikultural, wawasan kebangsaan, dan sikap nasionalisme. Validitas instrumen menggunakan uji model point biserial dan uji reliabilitas dengan rumus KR-20. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan model pearson product moment dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi sumbangan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 50,4% yang menjelaskan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pemahaman sejarah, berpikir sejarah, kesadaran sejarah, nilai- nilai multikultural, dan wawasan terhadap sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran sejarah. Keenam aspek dalam penelitian ini dapat dijadikan alternatif tujuan pembelajaran sejarah, agar pembelajaran sejarah lebih bermakna akan nilai- nilai historis, karakter, dan kebangsaan.Muhammad Rijal FadliSaefur Rochmat2018-08-20T02:55:32Z2018-08-20T02:55:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58393This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/583932018-08-20T02:55:32ZPENGEMBANGAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL BERBASIS NILAI-NILAI KEBANGSAAN DAN KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAHThis paper is part of the research grant to develop the components of citizenship competencies with national values and local wisdom teachings as a way to survive and get along with other nations in the 21st Century. Particularly the civic competency components have been developed as a way to evaluate the achievement of teaching Civics which conducted the values in each curriculum (Year 2006 and Year 2013).
For that purpose, the study used the research and development model for developing competences in classes Civic Education (PKn) and Pancasila and Citizenship Education (PPKn) in the secondary and senior high schools. Technically, first, identifying national values of multicultural communities of Indonesia and local wisdom teachings have been derived in two curriculums. Secondly, developing the civic competences desimenated the national values and the local wisdom teachings as meaningful and important in the shaping of good citizens through learning in schools.
This paper studies concluded as following. Firstly, the results of an academic study on the developing civic competences in curriculum documents as stated in Subjects of PKn dan PPKn in schools, have covered the aspects of competences ie. knowledge, dispositions and skills. Second, the curricular model has been as implemented which has each specification of the subjects in school.Samsuri Samsurisamsuri@uny.ac.idSuharno Suharno2018-08-20T02:54:20Z2018-08-20T02:54:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58392This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/583922018-08-20T02:54:20ZPARADIGMA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KURIKULUM 2013Makalah kuliah umum di Prodi PPK FKIP UAD 15 September 2013 tentang paradigma PKN dalam kurikulum 2013 di Indonesia.Samsuri Samsurisamsuri@uny.ac.id2017-09-25T02:01:42Z2017-09-25T02:01:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52883This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/528832017-09-25T02:01:42ZPEMBENTUKAN KARAKTER KEWARGAAN MULTIKULTURAL DALAM PROGRAM KURIKULER DI MADRASAH ALIYAH SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAThis study was aimed to identify the sources for multicultural citizenship character values which became the basis for multicultural citizenship character building. This study also presented a model of multicultural citizenship character building in the curricular program based on the identification of the needs in Madrasah Aliyah in Yogyakarta. The study used the documentation study, a focus group discussion with teachers in the association of civic teachers of Madrasah Aliyah in Yogyakarta, and observations of the implementation of the multicultural citizenship character building in the sample school. There were 30 teachers from 21 schools involved. The instruments uesd were in the form of the lesson plans, observation guidelines, and focus group discussion guidelines. The data were analyzed using the qualitative descriptive analysis. The findings showed the multicultural citizenship character building in Madrasah Aliyah and the efforts to harmonize the Islamic and nationalism identities in Madrasah Aliyah. The integration of the Islamic and nationalism values into the modern Indonesian Islamic education needed to be elaborated further. Keywords: character education, multicultural citizenship, curriculum, Madrasah AliyahSamsuri Samsurisamsuri@uny.ac.idMARZUKI MARZUKI2017-09-25T02:01:39Z2017-09-25T02:01:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52885This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/528852017-09-25T02:01:39ZPengaruh Model Project Citizen dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Penguasaan Kompetensi Kewarganegaraan dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanThis study was aimed at determining the effect of applying a project citizen model with the scientific approach in learning PPKn the mastery of civic competencies. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental research methods. Data collection technique were test, questionnaire and observation. Data were analyzed using t test and Gain Score. The results showed that there is significant influence implementation of the project citizen model with the scientific approach to learning PPKn the mastery of civic competencies compared using problem-based learning model with a scientific approach. It is shown results posttest control group and experiment to 7.182> 2.000 ttabel. In every dimension of civic competencies also shows the results of a significant difference, namely: civic knowledge (to 6.088> 2.000 ttable), civic skills (to 2,554> ttable 2.000), civic attitude (to 2,055> ttable 2.000). Analysis Gain score in the experimental class showed 0.38 results in the category of "moderate", while the control group showed 0.15 results in the category of "low".Puji Mulyoto GalihSamsuri Samsurisamsuri@uny.ac.id2017-07-17T08:06:01Z2017-07-17T08:06:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50778This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/507782017-07-17T08:06:01ZRelasi Islam dan Kristen : Beberapa Faktor PenggangguSudrajat Ajat2016-10-10T07:31:42Z2022-08-04T08:14:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42163This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/421632016-10-10T07:31:42ZModel Pendidikan Multikultural di Keluarga, Sekolah dan Masyarakat Kecamatan Sungai Ambawang (Sebuah Usulan Alternatif Kebijakan)Propinsi Kalimantan Barat (Kalbar) termasuk propinsi yang paling rawan di Indonesia, karena sejak tahun 1950, rata-rata setiap 3,5 tahun sekali terjadi konflik antar etnis, terutama antara etnis lokal (Dayak) dengan etnis pendatang (Madura). Kecamatan Sungai Ambawang yang berada diwilayah Kalbar tersebut juga menjadi daerah yang rawan konflik, karena selain wilayahnya dikelilingi oleh beberapa kecamatan bekas konflik, penduduknya juga majemuk, sehingga dikhawatirkan akan terjadi benturan budaya, terutama antara etnis lokal yang minoritas dengan etnis pendatang yang mayoritas. Untuk mengantisipasi terjadinya konflik diwaktu sekarang dan masa yang akan datang, maka perlu dilakukan intervensi, yaitu melalui implementasi pendidikan multikultural secara komperehensip (dikeluarga, sekolah dan masyarakat). Berdasarkan kebutuhan tersebut maka dilakukan penelitian yang mendalam, untuk menghasilkan sebuah model pendidikan multikultural yang cocok untuk diterapkan di kecamatan Sungai Ambawang. Penelitian tersebut dilakukan dalam 2 (dua) tahap. Penelitian tahap-1, menggunakan metode qualitative inquiry yang bertujuan untuk menemukan dan mengekplorasi masalah kebijakan dan memotret proses pendidikan multikultural. Penelitian dilaksanakan di kecamatan Sungai Ambawang, mulai bulan Juli 2008 s/d September 2009. Subyek penelitian, adalah masyarakat “akar rumput”, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, guru dan Muspika. Teknik dan instrumen pengumpulan data, dilakukan dengan cara observasi partisipatif, studi dokumen dan wawancara yang mendalam secara bergulir (snow-ball), instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Keabsahan data, dilakukan dengan triangulasi, makna dalam konteks dan komperasi. Teknik analisis data, yaitu dari data yang sudah dikumpulkan, kemudian disusun dengan menggolongkannya dalam tema, kategori dan pola, selanjutnya dilakukan penafsiran atau interpretasi guna memberikan makna pada data tersebut. Selanjutnya Penelitian tahap-2, menggunakan metode focus group discussion (FGD), yang dilaksanakan dalam 2 tahap, FGD-1 bertujuan untuk merumuskan masalah kebijakan, sedangkan FGD-2 bertujuan untuk mengembangkan alternatif kebijakan dan memilih salah satu alternatif kebijakan yang terbaik untuk dijadikan rekomendasi kebijakan. Selanjutnya untuk mempertajam dalam menganalisis rekomendasi kebijakan tersebut, maka peneliti melakukan diskusi yang mendalam dengan pengguna kebijakan (stakeholders).
Hasil penelitian tahap-1 menunjukkan bahwa, pertama, lingkungan sosial politik kecamatan Sungai Ambawang rawan konflik, yang disebabkan oleh adanya benturan kebudayaan antara penduduk lokal dengan kaum pendatang, masyarakatnya majemuk, wilayahnya dikelilingi oleh kecamatan-kecamatan yang pernah berkonflik, berada di propinsi Kalbar yang rawan konflik, masyarakatnya terbuka, adanya efek negatif dari informasi, komunikasi dan transportasi yang semakin meluas, dan daerahnya merupakan daerah transisi dari desa ke kota. Kedua, model pendidikan multikultural di kecamatan Sungai Ambawang: bertujuan untuk menjaga kedamaian di kecamatan Sungai Ambawang, sehingga diperlukan sikap toleransi antar etnis yang tinggi, yang diajarkan oleh orangtua, guru dan tokoh masyarakat, melalui contoh tauladan, nasehat serta melalui pembauran (asimilasi). Hasil penelitian tahap-2, merekomendasikan bahwa untuk melaksanakan pendidikan multikultural di kecamatan Sungai Ambawang melalui dua cara: pertama, untuk meningkatkan toleransi yaitu melalui pembauran, selanjutnya agar terjadi pembauran dibentuk wadah pembauran baik dikeluarga, sekolah maupun di masyarakat. Kedua, penguatan nilai toleransi melalui keteladanan tokoh ( masyarakat, adat, agama, aparatur, orangtua dan guru). Kesimpulan, bahwa untuk mencegah terjadinya konflik dimasa sekarang dan akan datang di kecamatan Sungai Ambawang, perlu segara dilakukan intervensi yaitu dengan mengimplementasikan pendidikan multikultural dikeluarga, sekolah dan masyarakat, dengan pendidikan multikultural tersebut akan terbangun sikap toleransi yang lebih baik untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Dalam melaksanakan pendidikan multikultural tersebut direkomendasikan dua strategi yaitu melalui wadah pembauran dan keteladan tokoh, yaitu keteladan orangtua dikeluarga, guru-guru di sekolah dan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama di masyarakat.Ahmad Tohardi2016-09-08T03:07:30Z2019-05-09T07:38:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41219This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/412192016-09-08T03:07:30ZImplementasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak YogyakartaPenelitian ini bertujuan untuk mengatahui: (1) implementasi, (2) faktor-faktor pendukung implementasi, dan (3) hambatan-hambatan implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive, terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang pengajaran dan kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru PKn, dan peserta didik MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta sebagai sumber data penelitian. Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dipilih karena memiliki program unggulan, yaitu pembelajaran terintegrasi dengan kurikulum pesantren. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif interaktif model dengan reduksi data, kategorisasi, display data dan verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PKn dilakukan dengan dua tataran implementasi; tataran konseptual dan tataran operasional. Tataran konseptual nilai-nilai multikultural terekam pada visi, misi dan tujuan madrasah. Tataran operasional melalui pertama perencanaan pembelajaran yang meliputi tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. kedua pelaksanaan pembelajaran melalui (1) menanamkan nilai untuk bersikap toleransi, menghargai, demokrasi, keadilan, kesetaraan dan menghormati keragaman melalui keteladanan, nasehat dan contoh (2) metode yang demokratis, kooperatif dan bervariasi melalui diskusi, ceramah dan studi kasus (3) materi yang diajarkan mengandung wawasan keragaman, persitiwa dan masalah sosial melalui contoh permasalahan dan persitiwa politik, ekonomi, keamanan, hukum dan sosial (4) melatih peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah sosial melalui studi kasus dan problem solving (5) media pembelajaran dengan media yang bervariasi. Ketiga evaluasi pembelajaran dilihat dari persepsi, pemahaman, apresiasi, tindakan dan sikap peserta didik yang dapat menghargai keragaman dan perbedaan. Faktor-fakor pendukung implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan kewarganegraan adalah peran kepala sekolah, peran guru, kurikulum sekolah, media pembelajaran, kegiatan dan program sekolah, iklim sekolah, dan peserta didik. Hambatan-hambatannya yaitu kurangnya kesiapan dan kesadaran peserta didik, kurangnya sarana dan prasarana, dan minimnya ruang untuk melakukan refleksiSukron Mazid2016-03-17T08:38:56Z2022-10-11T02:14:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30373This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/303732016-03-17T08:38:56ZPendidikan Multikultural di SMP Maria Immaculata Yogyakarta dan SMP Negeri 5 Yogyakarta: Studi Pemikiran dan Praktik di SMP YogyakartaTujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemikiran dan praktik kepala sekolah, guru, siswa, dan orangtua siswa tentang pendidikan multikultural dalam kehidupan sekolah.
Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan naturalistik inquiry. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orangtua siswa di SMP Maria Immaculata Yogyakarta dan SMP Negeri 5 Yogyakarta. Pemilihan subyek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Objek dalam penelitian ini adalah situasi sosial di sekolah yang terdiri dari tiga unsur yaitu: tempat, pelaku, dan aktivitas yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru, siswa, orangtua siswa, dan tempat atau ruang-ruang yang ada di sekolah. Pengumpulan data melalui tiga teknik, yaitu: pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni peneliti sendiri. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model interaktif Miles & Huberman.
Setelah menggali kehidupan di kedua sekolah dari perspektif pendidikan multikultural, diperoleh kesimpulan berikut ini: 1) Kepala sekolah, guru, siswa, dan orangtua siswa memiliki kesadaran dan pemahaman akan perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh setiap orang; 2) Di SMP Maria Immaculata diperoleh gambaran bahwa: a) Pemikiran dan praktik kepala sekolah sudah sesuai, meskipun terdapat beberapa hal yang praktiknya tidak sesuai, diantaranya: tidak menyediakan guru agama non-Katolik; b) Pemikiran dan praktik guru tentang pendidikan multikultural sudah sesuai; c) Pemikiran siswa tidak sesuai dengan konsep pendidikan multikultural, namun dalam praktiknya sudah melakukan nilai-nilai multikultural; dan d) Pemikiran dan praktik orangtua siswa tentang pendidikan multikultural sudah sesuai; dan Di SMP Negeri 5 Yogyakarta diperoleh gambaran bahwa: a) Pemikiran dan praktik kepala sekolah terkait pendidikan multikultural sudah sesuai, tetapi masih tampak dalam praktiknya tidak sesuai, diantaranya: terkait keadilan bagi siswa miskin (siswa yang diterima memiliki Kartu Menuju Sejahtera); b) Pemikiran dan praktik guru tentang pendidikan multikultural sudah sesuai, tetapi dalam praktiknya terdapat beberapa yang tidak sesuai, misalnya: masih memiliki stereotipe etnis dan menggunakan istilah atau kata-kata yang berdampak pada psikologis peserta didik; c) Pemikiran siswa tentang pendidikan multikultural tidak sesuai dengan konsepnya, tetapi dalam praktiknya, apa yang dilakukan siswa sudah mencerminkan nilai-nilai multikultural; dan d) Pemikiran orangtua siswa tidak sesuai dengan konsep pendidikan multikultural, namun yang dilakukan oleh orangtua siswa menunjukkan nilai-nilai multikultural.Taat Wulandari2015-08-20T02:30:52Z2019-01-30T01:59:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25174This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/251742015-08-20T02:30:52ZPENGARUH FAKTOR INTERNAL INDIVIDU, LINGKUNGAN
EKSTERNAL, DAN STRATEGI KOMUNIKASI
MAHASISWA ANGKATAN 2013 TERHADAP KEPUTUSAN DALAM
MEMILIH PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Faktor Internal Individu,
Lingkungan Eksternal, dan Strategi Komunikasi Mahasiswa Angkatan 2013 Terhadap
Keputusan Dalam Memilih Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas
Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei.Populasi dan sampel
penelitian ini adalah semua mahasiswa ADP FE UNY sebanyak 92. Analisis data
menggunakan tahapan deskripsi data, uji persyaratan analisis meliputi uji linieritas,
multikolinearitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil pengujian
variabel faktor internal diperoleh tingkat signifikan sebesar 0,028<0,05. Berdasarkan
pengujian tersebut, faktor internal berpengaruh signifikan terhadap pengambilan
keputusan mahasiswa. Hasil pengujian variabel faktor eksternal diperoleh tingkat
signifikan sebesar 0,039<0,05. Berdasarkan pengujian tersebut, faktor eksternal
berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan mahasiswa dapat diterima. Hasil
pengujian variabel strategi komunikasi diperoleh tingkat signifikan sebesar 0,044<0,05.
Berdasarkan pengujian tersebut, strategi komunikasi berpengaruh signifikan terhadap
pengambilan keputusan mahasiwa.Faiz Faiz Apriliani2015-07-30T00:12:38Z2019-01-30T01:17:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23764This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/237642015-07-30T00:12:38ZPROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 12
TAHUN 2002 TENTANG PEMBERANTASAN PELACURAN DI KABUPATEN CIAMISPenelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana implementasi Perda Nomor 12 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Pelacuran di Ciamis. Penelitian ini berupaya mengetahui problematika implementasi yang dihadapi oleh pemerintah dan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mengatasi problem-problem yang ada.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik induktif. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan
cross check data. Tempat penelitian di Kabupaten Ciamis. Kriteria subjek penelitian adalah petugas yang mengimplementasikan Perda dan individu atau kelompok yang
terkena kebijakan. Subjek penelitian yaitu 3 orang pegawai Dinas Sosial, 5 orang Satuan Polisi Pamong Praja, 1 orang hakim Pengadilan Negeri Ciamis, 4 orang wanita
tuna susila dan 4 orang masyarakat di sekitar tempat pelacuran, Kecamatan Pangandaran. Penelitian dilaksanakan dari Maret sampai Mei 2012.
Hasil penelitian menunjukan adanya problematika yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah Ciamis dalam menegakkan Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 12 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Pelacuran. Problematika yang dihadapi oleh pemerintah daerah berdasarkan faktor internal yaitu keterbatasan pengetahuan dari stakeholder tentang Perda pemberantasan pelacuran; belum efektifnya pelaksanaan rehabilitasi sosial; minimnya pendanaan bagi penanggulangan wanita tuna susila; keterbatasan personil penanggulangan wanita tuna susila; belum ditemukannya langkah yang tepat dalam mengatasi masalah pelacuran karena pelacuran terkait dengan perubahan sosial lainnya dan bocornya informasi pelaksanaan razia. Sedangkan untuk
faktor eksternal yaitu masih lemahnya pendataan wanita tuna susila; masih saling melindungi antar sesama pelacur ketika ada razia dan rendahnya sanksi bagi terdakwa.
Upaya-upaya yang selama ini dapat dilakukan oleh pemerintah daerah diantaranya melakukan pencermatan materi Perda; melakukan sosialisasi dampak dari melakukan
hubungan seks bebas; melakukan kerja sama dengan kasi penanggulangan anak; bekerjasama dengan lembaga lain hanya sebatas apabila ada agenda bersama; melakukan rapat dadakan; berkoordinasi dengan polisi militer dan wartawan; mengikutsertakan penyidik pegawai negeri sipil dalam setiap oprasi; mendapatkan data presensi peserta dari setiap program yang dilakukan oleh Dinas Sosial; menjalin komunikasi yang baik dengan pengurus kafe; member pertimbangan atas pendapat hakim; mengutus polisi pamong praja yang berpakaian preman ke tempat operasi.Suryana Yana2015-07-22T01:45:45Z2019-01-30T01:12:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23623This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/236232015-07-22T01:45:45ZINTERAKSI SOSIAL ANTARA REMAJA DENGAN PEKERJA SEKS
KOMERSIAL DI RW 10 DUSUN GANDEKAN LOR KELURAHAN
PRINGGOKUSUMAN KECAMATAN GEDONG TENGEN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untukmengetahui interaksi sosial antara remaja dengan pekerja seks komersial yang terjadi di RW 10 Dusun Gandekan Lor Desa PringgokusumanKecamatan Gedong Tengen Yogyakartadanupaya yang dilakukan remaja dalam berinteraksi sosial secara sehat dengan pekerja seks
komersial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua RW 10, pekerja seks komersial,orang tua, dan remaja. Tempat penelitian berada di RW 10 Dusun Gandekan Lor Kelurahan Pringgokusuman Kecamatan Gedong Tengen Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, display
data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,interaksi sosial antara remaja dengan pekerja seks komersial di RW 10 berbentuk akomodasi.Dalam hal ini remaja berinteraksi sosial dengan tidak membeda-bedakan status sosial dalam masyarakat. Remaja dan pekerja seks komersial saling menghormati dan
menghargai. Remaja di RW 10 yang mampu menerima kehadiran pekerja seks komersial dilingkungannya dan tidak menjadikan dampak negatif bagi diri remaja itu sendiri. Selain bentuk akomodasi terdapat pula bentuk pertentangan. Remaja di
RW 10 yang tidak suka dengan adanya pekerja seks komersial dilingkungannya menjadikan dampak negatif bagi kehidupan remaja tersebut.Kedua, upaya yang dilakukan remaja dalam berinteraksi secara sehat dengan pekerja seks komersial
di RW 10 yaitu dengan membatasi pergaulannya dengan pekerja seks komersial,meskipun remaja dan pekerja seks komersial saling berkomunikasi tetapi mereka tetap mengetahui batasannya.Istiqomah Fajar2015-07-02T00:36:48Z2019-01-30T00:29:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22218This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/222182015-07-02T00:36:48ZIMPLEMENTASI PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMPIT IHSANUL FIKRI
MAGELANGPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan moral dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMPIT Ihsanul Fikri
Magelang. Pengimplementasian pendidikan moral dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini meliputi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penerapan metode pembelajaran, dan teknik evaluasi hasil
pembelajaran yang berdimensi pendidikan moral di SMPIT Ihsanul Fikri Magelang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive, yaitu guru Pendidikan Kewarganegaraan yang terdiri dari 2 (dua) guru dan 22 (dua puluh dua) siswa yang terdiri dari kelas VII, dan VIII siswa yang dapat mewakili semua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah teknik analisis data dalam penelitian ini, adalah reduksi data, display data, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian ini adalah: 1)Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan moral di SMPIT Ihsanul Fikri Magelang terintegrasi dalam RPP Pendidikan Kewarganegaraan pada umumnya, implementasinya terlihat pada butir kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran yang yang direncanakan disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran, dan teknik penilaian yang direncanakan menerapkan teknik penilaian non-tes; 2)Metode pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan moral di SMPIT Ihsanul Fikri Magelang adalah ceramah bervariasi, metode diskusi,
metode resitasi (penugasan), dan metode debat; 3)Teknik evaluasi/penilaian hasil pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan moral di
SMPIT Ihsanul Fikri Magelang adalah menggunakan teknik penilaian non-tes yang berupa teknik observasi perilaku, pertanyaan langsung, dan catatan perkembangan (anecdotal record).
Kata kunci: Implementasi, pendidikan moral, Pendidikan KewarganegaraanDesiastari2015-07-02T00:36:06Z2019-01-30T00:28:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22207This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/222072015-07-02T00:36:06ZMODEL PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL RELIGIUS DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAPenelitian ini dilatarbelakangi oleh model penanaman nilai-nilai moral keagamaan pada remaja di PSBR cenderung kurang efektif. Hal ini terlihat dari model dan metode yang disampaikan oleh pembimbing yang masih monoton,
sehingga terlihat remaja Nampak jenuh dalam mengikuti bimbingan keagamaan dengan model dan metode penanaman nilai-nilai moral keagamaan yang demikian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan model penanaman
nilai-nilai moral religius di Panti Sosial Bina Remaja Kabupaten Sleman DIY;dan, (2) mengetahui kontribusi penanaman nilai-nilai moral religius di PSBR untuk membentuk remaja sebagai warga negara yang berkarakter religius.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala PSBR, guru pembimbing keagamaan, guru asuh remaja selama di asrama, dan remaja putra dan putri penghuni PSBR. Objek
penelitian ini berupa model penanaman nilai-nilai moral religius dan kontribusi penanaman nilai-nilai moral religius. Tempat penelitian berada di PSBR Kabupaten Sleman DIY. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, model penanaman nilainilai moral religius di PSBR mencakup:
(a) berbagai model dan metode yang bervariasi dalam
setiap bimbingan keagamaan, seperti model pengajaran
nilainilai dalam bentuk collective worship, decision-making, model deduktif dan induktif.
Metode yang disampaikan juga bervariasi seperti metode
ceramah, individu, diskusi, dan keteladanan dari pembimbing,(b) mengajarkan kepada remaja tentang pentingnya nilai-nilai moral keagamaan bagi kehidupan. Kedua, PSBR ikut berperan penting dalam pembentukan remaja sebagai warga negara yang mempunyai karakter religius dalam kehidupan sebagai insan yang bertaqwa
kepada Tuhan YME. Dalam hal ini PSBR memberikan kontribusi untuk: (a)mewujudkan remaja sebagai warga negara yang berkarakter religius dengan disediakannya fasilitas tempat ibadah untuk beribadah, mendatangkan
pembimbing keagamaan dari luar PSBR, (b) memberikan arahan yang baik kepada remaja agar mempunyai sifat religius, berdisiplin tinggi dan mempunyai nilai-nilai karakter religius, agar remaja menjadi warga negara yang berkarakter religius.Pawestri Diah2015-05-21T03:09:49Z2019-01-29T22:34:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18968This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/189682015-05-21T03:09:49ZBENTUK INTERAKSI SOSIAL ANTARA PENGANUT ALIRAN TRI
SILA WEDHA DENGAN MASYARAKAT SEKITAR PANTAI SEMBUKAN, KECAMATAN PARANGGUPITO KABUPATEN WONOGIRI JAWA TENGAHAliran Tri Sila Wedha merupakan Aliran Penghayat yang menganut filosofi Kejawen. Setiap ritual kegiatan yang dilakukan Aliran Tri Sila mengedepankan unsur Jawa sebagai dasar-dasar ajaranya. Aliran Tri Sila Wedha
dalam melaksanakan ritualnya bertempat di pantai Selatan yaitu pantai Sembukan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk interaksi dan dampak interaksi sosial antara masyarakat sekitar pantai Sembukan dengan
pengikut aliran paguyuban penghayat kepercayaan terhadap Tuhan YME “Tri Sila Wedha” di Wonogiri Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber
data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, observasi partisipan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, dan analisis datanya menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Anggota Tri Sila Wedha yang disebut Warga Kusuma Hayu berpedoman pada Manunggaling Kawula Gusti. Terjadinya interaksi sosial antara Warga Kusuma Hayu (Tri Sila Wedha) dengan
masyarakat sekitar pantai Sembukan berawal dari komunikasi antar personal yang akhirnya berkembang menjadi komunikasi antar kelompok yang akhirnya
menimbulkan kerja sama antar Warga Kusuma Hayu dengan masyarakat sekitar Pantai Sembukan. Bentuk interaksi sosial antara Warga Kusuma Hayu (Tri Sila Wedha) yaitu berupa kerja sama yaitu gotong royong dalam kegiatan dan
akomodasi dalam menyelesaikan perbedaan pendapat. Selain itu juga ada persaingan dalam perebutan wahyu, kontrovensi dan konflik akibat perbedaan pendapat. Dampak yang ditimbulkan ada positif dan negatif. Dampak positif
yaitu kerja sama berupa gotong royong. Dampak negatif yaitu perbedaan pandangan berupa pandangan miring tentang aliran kepercayaan Tri Sila wedha yang beranggapan bahwa aliran Tri Sila Wedha tersebut membawa unsur musyrik
yang tidak sesuai dengan ajaran agama.
Kata kunci : Tri Sila Wedha, interaksi sosial, masyarakatChristian Salvatore Claudius Hans2015-05-08T06:18:49Z2019-01-29T22:05:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18223This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/182232015-05-08T06:18:49ZSTUDI PEMIKIRAN H.A.R. TILAAR TERHADAP NILAI-NILAI
MULTIKULTURALISME DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai multikulturalisme yang meliputi toleran, respek, penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan
menghargai perbedaan dalam pemikiran H.A.R. Tilaar dan mengetahui pengaruh pemikiran H.A.R. Tilaar terhadap Pendidikan Kewarganegaraan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik studi
kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai multikulturalisme yang
terkandung dalam pemikiran H.A.R. Tilaar adalah toleran, respek, penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan menghargai perbedaan. Pemikiran H.A.R. Tilaar mengenai toleransi, respek, penghormatan terhadap HAM, dan menghargai perbedaan memiliki pengaruh yang cukup besar yaitu semakin menguatkan nilainilai yang diajarkan dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Penanaman nilai-nilai
multikulturalisme melalui Pendidikan Kewarganegaraan akan menjadi media pelatihan dan penyadaran bagi generasi muda untuk menerima perbedaan dan mampu hidup bersama ditengah-tengah perbedaan sehingga memiliki rasa
kebangsaan dan cinta tanah air.Muthia Dhian Afrida2015-04-14T04:04:59Z2019-01-29T20:58:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16387This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/163872015-04-14T04:04:59ZPartisipasi Masyarakat Koto Padang Ranah dalam Melestarikan Rumah GadangRumah Gadang adalah simbol kebudayaan Minangkabau yang harus dilestarikan sehingga butuh partisipasi semua masyarakat untuk menjaganya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui partisipasi masyarakat dalam melestarikan rumah gadang di Koto Padang Ranah, 2) Mengetahui kendala yang dihadapi masyarakat dalam upaya pelestarian rumah gadang di Koto Padang Ranah, dan 3) Mengetahui dampak yang diperoleh dari adanya partisipasi masyarakat dalam melestarikan rumah gadang di Koto Padang Ranah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif dengan sumber data dalam penelitian ini dari masyarakat Koto Padang Ranah, tokoh masyarakat dan pemerintah kabupaten Sijunjung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Uji validitas data yang digunakan dengan triangulasi data. Teknik analisis data dalam menganalisis hasil penelitian ini adalah model Miles dan Huberman yaitu analisis interaktif dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: partisipasi masyarakat Koto Padang Ranah dalam melestarikan rumah gadang memiliki beberapa bentuk partisipasi yaitu 1) Partisipasi Emosional, masyarakat melestarikan rumah gadang dengan kesadaran mereka sendiri tanpa adanya paksaan, 2) Partisipasi Materi, yaitu masyarakat mengumpulkan berupa uang/barang yang nantinya digunakan untuk biaya pendirian atau perbaikan rumah gadang, 3) Partisipasi Tenaga, masyarakat secara gotong royong membersihkan, merawat dan memelihara rumah gadang. Ada beberapa kendala yang dihadapi masyarakat dalam melestarikan rumah gadang yaitu peran Ninik Mamak yang belum maksimal di kaum atau sukunya, kebiasaan orang Minang merantau ke luar daerah, biaya pembangunan dan renovasi rumah gadang yang sangat mahal, bahan bangunan rumah gadang yang susah didapatkan, belum adanya peraturan tertulis tentang pendirian rumah baru di kawasan Padang Ranah, dan belum ada dana atau anggaran dari pemerintah. Dampak yang diperoleh dengan adanya pelestarian rumah gadang yaitu 1) Dampak Positif: mulai adanya perhatian penuh pemerintah, masyarakat merasa keberadaannya sangat dihargai, rumah gadang menjadi ikon Sijunjung, dan ada penambahan pemasukan bagi masyarakat, 2) Dampak negatif: masyarakat sedikit disibukkan dengan banyaknya program yang masuk ke Padang Ranah.
Kata Kunci: Rumah Gadang, Partisipasi, Kendala yang dihadapi, DampakAlmira Sari2015-04-14T00:51:31Z2019-01-29T20:52:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16240This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/162402015-04-14T00:51:31ZProstitusi di Sosrowijayan Yogyakarta Tahun 1954-1976Prostitusi di Sosrowijayan berkembang pesat sejak dekade 1950-an. Banyaknya pendatang yang menjadi pekerja seks semakin mendukung perkembangan tersebut. Kegiatan prostitusi di Sosrowijayan semakin meresahkan pemerintah kota karena peraturan yang diterbitkan tidak pernah efektif untuk mengatasi prostitusi. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui penyebab pesatnya perkembangan prostitusi di Sosrowijayan, kebijakan pemerintah, dan dampak dari prostitusi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah kritis. Pertama, herusitik yang merupakan tahap pengumpulan data atau sumber-sumber sejarah yang relevan. Kedua, kritik sumber merupakan tahap pengkajian terhadap otentisitas dan kredibilitas sumber-sumber yang diperoleh yaitu dari segi fisik dan isi sumber. Ketiga, interpretasi yaitu dengan mencari keterkaitan makna yang berhubungan antara fakta-fakta yang telah diperoleh sehingga lebih bermakna. Keempat, historiografi atau penulisan yaitu penyampaian sintesis dalam bentuk karya sejarah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan prostitusi di Kota Sosrowijayan adalah akibat dari ramainya pendatang dari berbagai daerah seperti Tegal, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Jepara, dan Wonogiri yang menjadi pekerja seks serta akibat inkonsistensi pelaksanaan peraturan oleh pemerintah. Mayoritas pekerja seks tersebut berasal dari Wonogiri, karena sulitnya lapangan kerja non pertanian tempat asal, tingginya pengangguran dan kemiskinan, serta rendahnya pendapatan rata-rata warga Wonogiri. Pemerintah sebenarnya telah berusaha menutup lokasi prostitusi sejak 1954 dengan mengeluarkan undang-undang larangan prostitusi, namun peraturan tersebut tidak dijalankan secara maksimal sehingga prostitusi tetap berkembang di Sosrowijayan. Kebijakan pemerintah yang lain adalah dengan memberikan pelatihan memasak, menjahit, seni ketoprak, dan pemberian fasilitas kesehatan yang bertujuan untuk mengatasi prostitusi secara halus. Pada 1976 akibat maraknya prostitusi di Kota Yogyakarta, pemerintah Kota Yogyakarta melakukan langkah tegas dengan memindahkan seluruh pekerja seks beserta germonya termasuk dari Sosrowijayan ke satu titik yaitu di Sanggrahan, Umbulharjo dengan diberikan hak pakai tanah dan bangunan di atasnya.
Kata kunci: Prostitusi, Sosrowijayan, Yogyakarta.Khoirul Rifai2015-04-13T01:22:35Z2019-01-29T20:42:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15973This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/159732015-04-13T01:22:35ZEKSISTENSI JEMAAH AHMADIYAH INDONESIA (JAI) DI YOGYAKARTA PASCA SKB 3 MENTERI TAHUN 2008 TENTANG AHMADIYAHPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Yogyakarta pasca dikeluarkannya SKB 3 Menteri tahun 2008 tentang Ahmadiyah, dan interaksinya dengan masyarakat. JAI adalah gerakan Islam yang didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad yang secara singkat ajarannya sedikit berbeda dengan Islam pada umumnya, seperti tafsir istilah nabi. Keberadaan JAI menimbulkan kontroversi dalam masyarakat muslim, sehingga akhirnya pemerintah mengeluarkan SKB 3 Menteri tahun 2008 tentang Ahmadiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode indepth interview (wawancara mendalam). Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, yakni pengambilan data dari informan yang telah dikriteriakan sebelumnya. Kriteria tersebut adalah para pengurus JAI dan anggotanya serta masyarakat non JAI yang tinggal di lingkungan JAI Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang dilakukan secara partisipan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyatakan, bahwa (1) eksistensi atau keberadaan JAI di Indonesia sudah ada sejak tahun 1926 dan telah mempunyai badan hukum yang sah. Sedangkan eksistensi JAI Yogyakarta pasca dikeluarkannya SKB 3 Menteri tahun 2008 tentang Ahmadiyah adalah stagnan tak ada perubahan yang signifikan. Strategi bertahan yang diterapkan dalam menjaga eksistensi tersebut adalah dengan mengoptimalisasikan system organisasi dalam JAI. Sistem tersebut terbagi dalam dua lajur, yang pertama lajur manajemen yang mengatur jalannya berbagai kegiatan dalam JAI. Kedua, lajur kemubalighan yang berperan dalam penguatan keimanan agar tetap terjaga dalam JAI. (2) Interaksi yang berlangsung di antara penganut JAI dengan masyarakat masih kurang, karena mereka hanya melakukan kegiatan bersama pada saat momen-momen tertentu saja. Masyarakat sekitar juga cenderung tak terlalu memperdulikan keberadaan JAI.
Kata Kunci: JAI, SKB 3 Menteri 2008, Yogyakarta.Pratina Ikhtiyarini2015-03-26T00:53:31Z2019-01-29T19:35:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14168This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/141682015-03-26T00:53:31ZResiprositas Dalam Tradisi Buwuh (Studi Kasus di Desa Kaliaman, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara)Tradisi Buwuh Merupakan kegiatan menyumbang barang dalam hajatan yang bertujuan untuk membantu seseorang yang sedang memiliki beban menyelenggarakan hajatan. Dalam tradisi Buwuh, bantuan yang diberikan dianggap sebagai suatu kebaikan yang harus dibalas dengan kebaikan yang sama. Seseorang selalu berusaha memberikan, menerima, dan mengembalikan Buwuh sebagai upaya menjaga hubungan baik diantara pihak yang terlibat dalam tradisi Buwuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses resiprositas serta dinamika yang terjadi dalam pelaksanaan tradisi Buwuh di Desa Kaliaman.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan dijabarkan secara deskriptif dengan sumber data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa warga yang masih menjalankan tradisi Buwuh yang memiliki perbedaan jumlah penyelenggaraan hajatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Adapun validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan analisis datanya menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa masyarakat Desa Kaliaman selalu berusaha melakukan pertukaran pemberian Buwuh secara seimbang. Proses pencatatan Buwuh dalam acara hajatan dilakukan untuk meminimalisir adanya pertukaran pemberian Buwuh yang tidak seimbang. Pertukaran yang belum seimbang membuat orang yang belum mengembalikan Buwuh memiliki tanggungan potangan yang diartikan sebagai hutang yang harus dibayarkan. Perbedaan intensitas dalam menyelenggarakan hajatan, disikapi oleh para pelaku tradisi Buwuh dengan memperkirakan kesempatan menyelenggarakan hajatan yang dimiliki oleh masing- masing individu berdasarkan jumlah anak yang dimiliki. Hajatan terkahir yang dilakukan seseorang, digunakan warga sebagai kesempatan terkahir mengembalikan semua Buwuh yang pernah diterima dari orang tersebut. Tradisi Buwuh berperan dalam meringankan beban seseorang yang sedang menyelenggarakan hajatan, namun di sisi lain tradisi Buwuh juga menambah kebutuhan hidup baru bagi para pelakunya yaitu kebutuhan untuk memberikan Buwuh dalam hajatan. Dalam proses perkembangannya, terdapat beberapa perubahan dalam tradisi Buwuh yaitu pergeseran makna memberikan Buwuh yang sekarang ini telah berisikan pamrih, perubahan bentuk barang yang diberikan sebagai Buwuh, serta semakin sempitnya lingkup seseorang dalam memberikan Buwuh.
Kata kunci: Tradisi Buwuh, Resiprositas, DinamikaBasid Ridhowan2015-03-25T06:36:24Z2019-01-29T19:33:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14113This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/141132015-03-25T06:36:24ZStrategi Pengembangan UMKM Gula Semut di Desa Hargotirto Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon ProgoPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan UMKM gula semut di Desa Hargotirto yang dilaksanakan melalui program-program Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo dan hambatan-hambatan yang dihadapi.
Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Kulon Progo, Kasi Pemberdayaan Usaha Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo, Kabag Umum Kantor Desa Hargotirto dan 2 orang produsen gula semut di Desa Hargotirto. Instrumen penelitian adalah peneliti dengan alat bantu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber digunakan untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa program-program pemerintah dalam pengembangan UMKM gula semut di Desa Hargotirto sudah baik. Pelaksanaan beberapa program yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo sudah membantu UMKM gula semut di Desa Hargotirto, meskipun masih ditemukan beberapa kekurangan dan hambatan dalam pelaksanaannya. Pemberian bantuan dari pemerintah pada UMKM gula semut menjadi unsur penting dalam pengembangan gula semut. Bantuan dari pemerintah berbentuk fisik seperti bantuan sarana prasarana, peralatan, dan permodalan. Bantuan non fisik berupa bantuan pelatihan produksi dan pengembangan SDM. Hambatan yang masih dihadapi dari sisi pemerintah antara lain terbatasnya jumlah SDM pemerintah, terbatasnya jumlah anggaran, dan dasar hukum yang kurang kuat. Hambatan yang dihadapi oleh UMKM gula semut antara lain faktor cuaca, tingkat pendidikan produsen, dan terbatasnya modal usaha.
Kata Kunci : Strategi, pengembangan, UMKM gula semut.Praditya Reza Adiwinansa2015-03-25T03:21:05Z2019-01-29T19:30:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14048This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/140482015-03-25T03:21:05ZMuatan Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran IPS di SMP Tumbuh YogyakartaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai-nilai multikultural di SMP Tumbuh Yogyakarta; (2) nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Tumbuh Yogyakarta; dan (3) faktor pendukung, penghambat dan upaya menghadapi hambatan. SMP Tumbuh Yogyakarta merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan multikultural sebagai program unggulan, sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai penerapan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2014 – Januari 2015. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru IPS dan 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai-nilai multikultural di SMP Tumbuh Yogyakarta diawali dengan perencanaan pembelajaran meliputi perencanaan tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi yang bersifat demokratis, saling menghargai dan disesuaikan dengan kondisi siswa yang beragam. Pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai-nilai multikultural bersifat terbuka, demokratis, berpusat pada siswa dan mengintegrasikan penanaman nilai-nilai multikultural dengan lebih menonjolkan aspek afektif, psikomotorik baru kemudian aspek kognitif. Terakhir adalah evaluasi pembelajaran mengarah pada aspek afektif melalui pengamatan, tes psikologi dan angket; (2) Nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Tumbuh Yogyakarta meliputi nilai kepedulian, menghormati, menghargai, demokratis, keadilan dan kesetaraan. (3) Faktor pendukung antara lain: kesesuaian antara visi, misi dan tujuan sekolah dengan penerapan pendidikan multikultural, adanya shadow teacher pendamping siswa ABK, adanya homeroom yang berperan menyampaikan nilai multikultural terhadap siswa, tata tertib sekolah yang mengangkat nilai menghargai dan menghormati, program Morning Carpet dan Monday Assembly yang mempresentasikan living values, basis pembelajaran yang menganggap bahwa setiap individu adalah unik serta kondisi siswa yang beragam. Faktor penghambat dan upaya mengatasinya yaitu pertama, manajemen kelas masih belum optimal sehingga guru IPS perlu memperketat pengawasan sikap, mendalami karakter siswa dan menjaga konsistensi kondisi kelas. Kedua, tidak semua materi IPS mengandung wawasan multikultural sehingga guru IPS perlu kreatif dalam menanamkan nilai-nilai multikultural terhadap siswa. Ketiga, masih rentan terjadi tindakan bullying sehingga perlu kesadaran tinggi pada siswa mengenai dampak negatif bullying dan perlunya koordinasi antara sekolah, guru IPS dan orang tua siswa sebagai upaya pencegahan tindakan bullying pada siswa.
Kata kunci: Muatan, Pendidikan multikultural, Pembelajaran IPSJefri Adi Asmoro2015-03-24T05:26:55Z2019-01-29T19:23:40Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13872This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/138722015-03-24T05:26:55ZRelasi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat di Rumah Dome (Dusun Nglepen, Kelurahan Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta)Relasi sosial yang terjadi di kompleks Rumah Dome terbentuk karena adanya interaksi dan proses sosial yang berlangsung selama kurang lebih 7 tahun sejak pemukiman tersebut terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana proses relasi sosial dari saat awal relokasi itu terjadi hingga sekarang, yang akhirnya menumbuhkan ide-ide yang dapat memajukan Dusun Nglepen (Rumah Dome) dalam berbagai bidang, serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat relasi sosial tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 7 orang yang terdiri dari 1 orang ketua pengelola Rumah Dome, 2 orang ketua RT, dan 4 orang warga Rumah Dome. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode dan review informan kunci, sedangkan teknik analisa data menggunakan model interaktif Miles dan Hubberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penegasan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relasi sosial yang terjadi pada masyarakat kompleks rumah Dome merupakan bentuk interaksi sosial positif dan interaksi sosial negatif. Hasil dari relasi sosial yang dapat memberi manfaat dan kemajuan terhadap masyarakat di Rumah Dome yaitu munculnya ide-ide kreatif dari warga berupa lapangan usaha baru, kesenian khas, makanan khas, dan cindera mata yang mereka buat sendiri. Faktor pendorong relasi sosial di Rumah Dome diantaranya bentuk pola pemukiman warga yang mengelompok membuat interaksi antar-warga semakin intens; bentuk kamar mandi warga yang komunal dapat meningkatkan kontak dan komunikasi sosial secara langsung; dijadikannya Rumah Dome sebagai desa wisata mampu mendorong warga untuk meningkatkan kerja sama dalam segala kegiatan yang bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan desanya. Sedangkan faktor penghambat relasi sosial di Rumah Dome diantaranya adanya beberapa warga yang sulit beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan merasa tidak nyaman tinggal di Rumah Dome; adanya beberapa warga yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan desa; adanya kecemburuan sosial sehingga membuat hubungan warga sedikit renggang.
Kata Kunci: relasi sosial, interaksi sosial, Rumah DomeAnindita Puteri Wandansari2015-03-20T06:32:37Z2019-01-29T19:12:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13535This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/135352015-03-20T06:32:37ZSTRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KERAJINAN GERABAH DI DESA PANJANGREJO KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTULPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hambatan yang dihadapi pengrajin pada usaha industri kerajinan gerabah. (2) Upaya yang dilakukan pengrajin untuk mengatasi hambatan pada usaha industri kerajinan gerabah. (3) Daerah pemasaran produk industri kerajinan gerabah. (4) Peta pemasaran produk industri kerajinan gerabah. (5) Strategi pengembangan industri kerajinan gerabah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengrajin gerabah (132 pengrajin). Penentuan jumlah sampel pengrajin gerabah menggunakan rumus Slovin. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan mengambil sampel secara acak dari delapan dusun. Jumlah sampel pengrajin adalah 57 pengrajin. Guna keperluan analisis SWOT, data didapatkan melalui wawancara dengan satu informan (key person) yaitu ketua paguyuban gerabah Desa Panjangrejo dan dua informan (key person) dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul yaitu Kepala Disperindagkop dan staff Disperindagkop. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Guna menjelaskan strategi pengembangan industri kerajinan gerabah menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hambatan yang dihadapi pengrajin pada usaha industri kerajinan gerabah adalah keterbatasan modal, pasokan bahan baku yang kurang stabil, sempitnya daerah pemasaran dan kurangnya tenaga kerja. (2) Upaya yang dilakukan pengrajin untuk mengatasi hambatan pada usaha industri kerajinan gerabah adalah a) Para pengrajin berusaha mendapatkan tambahan modal dengan meminjam di lembaga perbankkan dan koperasi paguyuban pengrajin industri kerajinan gerabah; b) Para pengrajin memesan terlebih dulu bahan baku sebelum proses produksi dilakukan dan juga mempunyai simpanan stok bahan baku; c) Para pengrajin berusaha menggunakan media internet dan mencari relasi; d) Saat ada banyak pesanan maka para pengrajin akan melimpahkan sebagian pesanannya kepada pengrajin disekitarnya, sehingga pesanan yang diminta dapat selesai tepat pada waktunya, (3) Daerah pemasaran produk industri kerajinan gerabah yaitu ke seluruh Kabupaten di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Solo, Bali, Samarinda dan Australia. (4) Peta daerah pemasaran produk gerabah Desa Panjangrejo di DIY dan luar DIY (halaman 75 dan 76). (5) Terdapat 12 alternatif strategi pengembangan industri kerajinan gerabah dengan skor tertinggi (2,22) yaitu menitikberatkan pada kerjasama dengan pengrajin sejenis.
Kata kunci: strategi, pengembangan, industri, kerajinan gerabah. Dian Novia Eka Sari2015-03-20T03:44:53Z2019-01-29T19:12:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13519This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/135192015-03-20T03:44:53ZSOLIDARITAS KELOMPOK PEMUDA TERHADAP PELESTARIAN TRADISI SINOMAN (STUDI KASUS DI DUSUN JOHO, DESA CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN)Penelitian ini berlatarbelakang pada pemuda yang telah berkurang partisipasinya dalam sinoman. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mengetahui motivasi dan partisipasi pemuda terhadap pelestarian tradisi sinoman sebagai wujud solidaritas kelompok, bagaimana interaksi antar pemuda yang sering dan jarang berpartisipasi dalam sinoman, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung para pemuda Joho berpartisipasi dalam sinoman.
Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Joho, Condongcatur, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah para sinoman dan tuan rumah yang menggunakan jasa sinoman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Kemudian, untuk kevaliditasan data yang peneliti peroleh, peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dari Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa motivasi dan partisipasi pemuda terhadap pelestarian tradisi sinoman sebagai wujud solidaritas kelompok berjalan dengan baik, dimana pemuda Joho masih tetap bersedia berpartisipasi dalam sinoman. Bentuk interaksi antar pemuda yang sering dan jarang berpartisipasi dalam sinoman dibagi menjadi; Interaksi assosiatif, sinoman tetap bertegur sapa dan mengayomi sinoman muda yang belum berpengalaman. Interaksi disosiatif, terdapat miskomunikasi dengan tuan rumah serta pengucilan terhadap pemuda yang kurang aktif. Faktor penghambat para pemuda Joho berpartisipasi dalam sinoman yaitu (a) faktor internal; adanya rasa malas dan fisik yang kelelahan, (b) faktor eksternal; kesadaran yang masih rendah, kurangnya komunikasi antar sinoman dan adanya sanksi sosial. Kemudian faktor pendukung para pemuda joho berpartisipasi dalam sinoman yaitu (a) faktor internal; kesadaran bertanggungjawab sebagai bagian dari masyarakat; dan mengharap timbal balik, (b) faktor eksternal; teman; tuan rumah; serta hiburan. Solidaritas yang terjadi pada kelompok pemuda dusun Joho merupakan solidaritas organik yang masih terdapat unsur solidaritas mekanik di dalamnya.
Kata kunci : Solidaritas, Sinoman, Tradisi. Dewi Khumairoh2015-03-20T02:59:09Z2019-01-29T19:11:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13502This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/135022015-03-20T02:59:09ZKampung Badran Sebagai Kampung Ramah Anak untuk Mewujudkan Yogyakarta Kota Layak AnakPermasalahan yang menimpa anak semakin kian bertambah. Tindak kekerasan, eksploitasi, tempat tinggal yang kumuh, minimnya air bersih, polusi udara, serta kurangnya lahan yang memadai sebagai sarana anak untuk bermain menjadi masalah yang sering di jumpai di wilayah perkotaan. Salah satu program yang dilaksanakan di Yogyakarta untuk mengatasi berbagai permasalahan anak tersebut salah satunya dengan memilih wilayah-wilayah yang bertanggung jawab untuk memenuhi hak-hak anak dalam lingkup kampung dengan sebutan Kampung Ramah Anak. RW 11 Kampung Badran yang terletak di bantaran sungai Winongo menjadi pelopor untuk menjalankan program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mendasari dipilihnya Kampung Badran sebagai Kampung Ramah Anak, apa saja kegiatan yang dilaksanakan dan apa dampak dari adanya Kampung Ramah Anak di Kampung Badran RW 11.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan memilih lokasi di RW 11, Kampung Badran, Jetis Bumijo, Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan sebagai sumber data yaitu dari perwakilan pengurus Patriot, orangtua, dan anak-anak. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa faktor dipilihnya Kampung Badran RW 11 sebagai Kampung Ramah Anak, diantaranya yaitu adanya potensi di Kampung Badran dikarenakan banyaknya program serta prestasi. Pandangan sebagai kampung hitam dari masyarakat umum yang nantinya akan mempengaruhi perkembangan anak. Adanya permasalahan seperti anak putus sekolah, eksploitasi anak, kekerasan terhadap anak, serta sarana bermain yang kurang bagi anak. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan diantaranya peringatan hari besar nasional, sosialisasi pemenuhan hak anak, TPA sebagai kegiatan religi, dan lain-lain. Dampak positif adanya Kampung Ramah Anak di Kampung Badran yaitu mulai berkurangnya kasus kekerasan dan eksploitasi terhadap anak, keterlibatan anak dalam pengambilan keputusan, muncul identitas baru sebagai kampung yang responsif terhadap permasalahan anak. Dampak negatifnya yaitu bertambahnya beban tugas anak anggota Patriot, selain harus mengerjakan tugas sekolah atau yang lainnya, mereka harus mengatur waktu untuk mempersiapkan kegiatan tiap bulannya.
Kata Kunci: Hak Anak, Permasalahan Anak, Kampung Ramah Anak.. Fajar Kharisma2015-03-17T03:37:44Z2019-10-02T02:21:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13166This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/131662015-03-17T03:37:44ZISLAM AND NATIONAL IDENTITIES: THE MULTICULTURAL CITIZENSHIP CHARACTER IN THE ISLAMIC HIGH SENIOR SCHOOLS (MADRASAH ALIYAH) IN YOGYAKARTA, INDONESIAThis study has two objectives. Firstly, researchers have elaborated the multicultural citizenship character based pillars of Indonesian consensus, as was articulated by the People's Consultative Assembly (MPR) of the Republic of Indonesia in the Islamic high schools (Madrasah Aliyah), mainly since the enactment of the Curriculum 2006 in Civics Lesson. Second, the results of the acquisition of a model of coaching effectiveness has been categorized based on the components of competency of civic education in schools as adopted in the prevailing paradigm of civic education. The main problem is how Islamic values and the national character building integrated by the Civic Education Subject at the Madrasah. The study has been conducted through focus group discussions with civic teachers of Madrasah Aliyah at Yogyakarta Province. The finding out the research documented the good-practice the integrating the Islamic and nationalism values by civic characters in the Madrasah. The result of this research is the formulation of a model-based character building multicultural citizenship national values as well as Islamic values.Samsuri Samsurisamsuri@uny.ac.idMarzuki Marzukimarzukiwafi@yahoo.co.id