Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:54:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2023-09-21T01:05:54Z2023-09-21T01:05:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78157This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/781572023-09-21T01:05:54ZPancasila dalam Praksis PendidikanBuku ini diterbitkan sebagai kontribusi UNY dalam gerakan pengarusutamaan Pancasila dalam praksis pendidikan.Sudrajat AjatSamsuri Samsurisamsuri@uny.ac.id2022-12-01T01:13:36Z2022-12-01T01:13:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74705This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/747052022-12-01T01:13:36ZKAJIAN FILOLOGI SÅHÅ NILAI-NILAI ETIKA GAYUTIPUN MANUNGSÅ KALIHAN GUSTI WONTEN ING SÊRAT JARWÅRÅSÅAncasing panalitèn mênikå kanggé: 1) ngandharakên deskripsi naskah Sêrat Jarwåråså, 2) ndamêl alih tulis teks Sêrat Jarwåråså, 3) ndamêl suntingan teks Sêrat Jarwåråså, 4) ndamêl terjemahan teks Sêrat Jarwåråså, såhå 5) ngandharakên nilai-nilai etika gayutipun manungså kalihan Gusti wontên ing Sêrat Jarwåråså.
Panalitèn mênikå ngginakakên metode panalitèn filologi modern såhå metode panalitèn deskriptif. Metode filologi modern dipunginakakên kanggé nggarap naskah SJ ingkang kasêrat carik mawi aksårå Jåwå. Wondéné metode deskriptif dipunginakakên kanggé nggambarakên naskah Sêrat Jarwåråså. sumber data panalitèn mêikå inggih naskah Sêrat Jarwåråså koleksi Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Teknik ngêmpalakên data wontên panalitèn mênikå ngginakakên lampahing panalitèn filologi, inggih mênikå inventarisasi naskah, deskripsi naskah, alih tulis teks, suntingan teks, terjemahan teks, såhå analisis isining teks. analisis data ngginakakên teknik analisis deskriptif. Validitas ingkang dipunginakakên inggih mênikå validitas semantik. Reliabilitas ingkang dipunginakakên inggih mênikå reliabilitas intrarater såhå reliabilitas interrater.
Asiling panalitèn mênikå ngandharakên ênêm bab. Sapisan, kapanggihakên satunggal eksemplar naskah Sêrat Jarwåråså, ingkang kasimpên wontên Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Kalih, kawontênan (deskripsi) naskah Sêrat Jarwåråså taksih saé såhå sêratanipun taksih sagêd kawaos. Tigå, alih tulis teks ingkang kadamêl wontên wêrni kalih inggih mênikå transkripsi såhå transliterasi. Sakawan, asiling têmbung-têmbung ingkang dipun-sunting wontên 13 têmbung. Gangsal, terjemahan teks dipungarap kanthi ngginakakên metode terjemahan harfiah, terjemahan isi, såhå terjemahan bebas. Sadåyå metode terjemahan kasêbut dipungarap kanthi kontekstual. Ênêm, isining teks Sêrat Jarwåråså ingkang gayut kalihan nilai-nilai etika manungså kalihan Gusti ingkang kapanggihakên wontên sakawan, inggih mênikå (1) éling, (2) waspådå, (3) pitados, såhå (4) mituhu.Bintang Gumilarbintang.gumilar12@gmail.com2022-06-03T03:32:36Z2022-06-03T03:32:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72925This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/729252022-06-03T03:32:36ZPendidikan Karakter Warga Negara: Kritik Pembangunan Karakter BangsaBuku ini menyajikan pengkajian teori pendidikan karakter untuk membangun warga negara ideal. Selain itu, buku ini menyajikan dimensi pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter warga negara; kebijakan pendidikan kewarganegaraan sebagai pembangun karakter warga negara di Indonesia;dan, inisiasi pendidikan kewarganegaraan sebagai pembangun karakter warga negara demokratis menghadapi problem kebangsan di Indonesia masa kini.Samsuri Samsurisamsuri@uny.ac.id2020-04-22T02:39:25Z2020-04-22T02:41:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68065This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/680652020-04-22T02:39:25ZPROSIDING Kongres Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan IV Tahun 2018
REFLEKSI 20 TAHUN REFORMASI PENDIDIKAN, PENGAJARAN, DAN KEBUDAYAANProdisiding ini merupakan hasil kumpulan nakalah utama dan pendamping Kongres Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan IV Tahun 2018 dengan REFLEKSI 20 TAHUN REFORMASI PENDIDIKAN, PENGAJARAN, DAN KEBUDAYAAN. Kongres diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta.Samsuri Samsurisamsuri@uny.ac.idHeri SantosoAgus Taufik2020-03-22T03:07:41Z2020-03-22T03:07:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67966This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/679662020-03-22T03:07:41ZImpact and Criticism of Global Capitalism in the Industrial Era 4.0The zoning system is a policy pursued by the Ministry of Education and Culture to provide equal access to education services and equal distribution of the quality of national education. This qualitative research aims to get an idea of whether zoning policies on the acceptance of new students in the city of Magelang can realize educational equity in achieving social justice. The purpose of zoning is to reduce if necessary, eliminate the disparity in the quality of education, especially in the school system. The implementation of PPDB in Magelang City in 2019/2020 has not been able to achieve the objectives of the zoning policy which is to create quality education and equitable distribution of education in achieving justice. In zoning arrangements must be cooperation between the City and district governments, the zone is set based on the nearest area not based on administrative areas and easy access to transportation routes.Ajat SudrajatJanuardi JanuardiSetyabudi Indartono2020-03-22T01:28:19Z2020-03-22T01:28:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67954This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/679542020-03-22T01:28:19ZPEMIKIRAN POSTMODERNISME DAN PANDANGANNYA TERHADAP ILMU PENGETAHUANThe birth of postmodernism can not be separated from the notion of modernism. The view of modernism assumes that the truth of science is absolute and objective, meaning that there is no human value. Here is the birth of a new idea of postmodernism which is one of figures are Jean Francouis Lyotard, postmodernism is a continuation and correction of modernism to provide a new thought and solution in his view of science. For postmodernism, science is not objective but subjective and the interpretation of man himself, so the truth is relative. Postmodernism can not be separated by its weakness and whether it is relevant to today’s life, so postmodernism adds to the acquisition of knowledge which can be accepted by its existence.
Keyword :
postmodernism; modernism; scienceAjat SudrajatJohan Setiawan2018-08-20T02:55:32Z2018-08-20T02:55:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58393This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/583932018-08-20T02:55:32ZPENGEMBANGAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN PADA MASYARAKAT MULTIKULTURAL BERBASIS NILAI-NILAI KEBANGSAAN DAN KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAHThis paper is part of the research grant to develop the components of citizenship competencies with national values and local wisdom teachings as a way to survive and get along with other nations in the 21st Century. Particularly the civic competency components have been developed as a way to evaluate the achievement of teaching Civics which conducted the values in each curriculum (Year 2006 and Year 2013).
For that purpose, the study used the research and development model for developing competences in classes Civic Education (PKn) and Pancasila and Citizenship Education (PPKn) in the secondary and senior high schools. Technically, first, identifying national values of multicultural communities of Indonesia and local wisdom teachings have been derived in two curriculums. Secondly, developing the civic competences desimenated the national values and the local wisdom teachings as meaningful and important in the shaping of good citizens through learning in schools.
This paper studies concluded as following. Firstly, the results of an academic study on the developing civic competences in curriculum documents as stated in Subjects of PKn dan PPKn in schools, have covered the aspects of competences ie. knowledge, dispositions and skills. Second, the curricular model has been as implemented which has each specification of the subjects in school.Samsuri Samsurisamsuri@uny.ac.idSuharno Suharno2016-08-08T07:01:37Z2019-05-09T07:29:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39127This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/391272016-08-08T07:01:37ZFalsafah Hidup Catur Marga Yoga wontên ing Naskah Sêrat Bhagawad GitaAncasing panalitèn mênikå inggih kanggé ngandharakên: (1) cak-cakanipun panalitèn filologi tumrap naskah Sêrat Bhagawad Gita, (2) falsafah hidup Catur Marga Yoga, såhå (3) piwulang Catur Marga Yoga wontên ing naskah Sêrat Bhagawad Gita.
Panalitèn mênikå migunakakên metode panalitèn filologi såhå metode panalitèn kualitatif. Lampahing panalitèn filologi ingkang dipuntindakakên antawisipun inventarisasi naskah, deskripsi naskah, transliterasi, suntingan såhå terjemahan. Wondéné metode kualitatif kanggé ngandharakên falsafah hidup såhå piwulang saking teks. Sumbêr data panalitèn inggih mênikå naskah Sêrat Bhagawad Gita. Teks ingkang dipuntaliti wontên sakawan teks, inggih mênikå teks Panunggal sarånå Pandamêl (PP), Panunggal sarånå Kawicaksanan (PK), Piwulang Panunggal sarånå Kawruh kang Luhur, tuwin Wêwados kang Luhur (PPKLWL), sartå Panunggal sarånå Bêkti (Panêmbah) (PB). Analisis data dipuntindakakên kanthi analisis deskriptif kualitatif. Wondéné kanggé ngêsahakên data migunakakên validitas semantik såhå reliabilitas intrarater såhå interrater.
Asiling panalitèn inggih mênikå. (1) Adhêdhasar cak-cakanipun panalitèn filologi dhatêng naskah Sêrat Bhagawad Gita kaasilakên teks kanthi sêratan aksårå Latin ingkang sampun rêsik saking sadåyå kalêpatan såhå teks mawi båså Indonesia. (2) Falsafah hidup teks PP inggih mênikå (a) tumindak minångkå kawajibaning manungså gêsang, (b) tumindak kanthi ngêkêr påncådriyå såhå nêpsu, (c) ngaturakên kurban dhatêng déwå (yadnya), (d) tumindak tånpå pamrih, (e) tumindak adhêdhasar Tri Guna. Falsafah hidup teks PK inggih mênikå (a) mangrêtosi kamulyaning Gusti, (b) margi panunggal, (c) kawruh bab tumindak, (d) kawruh bab yadnya, (e) kawruhing kawicaksanan. Falsafah hidup teks PPKLWL inggih mênikå (a) kaluhuraning darmå, (b) Gusti minångkå sumbêring sadåyå kawontênan (c) angluhurakên Gusti. Falsafah hidup teks PB inggih mênikå (a) yogi ingkang prayogi, (b) prinsip Bhakti Yoga, (c) trêsnå dhatêng Gusti. (3) Piwulang Catur Marga Yoga antawisipun (a) Karma Yoga minångkå margi panunggal asarånå tumindak kanthi masrahakên sadåyå asilipun dhatêng Gusti, (b) Jñana Yoga minångkå margi panunggal asarånå kawruh kawicaksanan, (c) Raja Yoga minångkå margi panunggal asarånå nindakakên tåpå bråtå, sartå (d) Bhakti Yoga minångkå margi panunggal asarånå bêkti såhå trêsnå dhatêng Gusti.Doni Dwi Hartanto2015-05-21T02:23:02Z2019-01-29T22:33:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18926This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/189262015-05-21T02:23:02ZIMPLEMENTASI KEBIJAKAN WAJIB BELAJAR DI KAWASAN INDUSTRI (Studi Kasus Di Kelurahan Semampir, Kota Kediri, Propinsi Jawa Timur)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi kebijakan wajib belajar di kawasan industri, Kelurahan Semampir, (2) Problem orang tua dalam implementasi kebijakan wajib belajar di kawasan indutri, Kelurahan Semampir, (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam dalam implementasi kebijakan wajib belajar di kawasan indutri, Kelurahan Semampir.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian utama dalam penelitian ini adalah orang tua anak, kemudian lurah desa Semampir dan beberapa kepala sekolah yang ada di Kelurahan Semampir. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan membuat lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode dan sumber.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi kebijakan wajib belajar di Kawasan Industri, Kelurahan Semampir, berjalan dengan cukup baik, berdasarkan data statistik penduduk yang tidak menuntaskan wajib belajar 9 tahun tidak lebih dari 10 % dari total penduduk. (2) Problem yang menjadikan aspek orang tua tidak menyekolahkan anaknya adalah kemiskinan, pandangan sinis terhadap dunia pendidikan, serta kurang menyadari pentingnya pendidikan (3) Faktor yang menghambat implementasi kebijakan wajib belajar di Kelurahan Semampir antara lain disebabkan dari faktor ekonomi keluarga, minimnya sarana prasarana pendidikan, media masa yang sering memberitakan kejadian buruk secara berlebihan, orang tua yang tidak mempunyai biaya dalam menyekolahkan anaknya tidak mendapatkan informasi mengenai program pendidikan maupun bentuk bantuan pendidikan, serta motivasi dari anaknya sendiri. Sedangkan untuk faktor pendukungnya terdapat dukungan dari pemerintah dan pihak kelurahan, sekolah dan wali murid saling bersinergi dalam proses pendidikan, terdapat upaya program yang dibuat oleh sekolah dalam mewujudkan implementasi kebijakan wajib belajar, antusias siswa cukup tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah maupun dalam melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, bagi orang tua berlatar pendidikan tinggi menganggap bahwa pendididikan dan sekolah itu penting.
Kata kunci: Implementasi kebijakan wajib belajar, problem, orang tua, SemampirSUKMO AJIE KUNCORO SUKMO AJIE KUNCORO2015-05-21T02:22:56Z2019-01-29T22:31:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18889This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/188892015-05-21T02:22:56ZPENDIDIKAN KARAKTER DALAM SEKOLAH BERASRAMA ( BOARDING SCHOOL ) DI SMA PANGUDI LUHUR VAN LITH MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANGPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam Sekolah Berasrama (Boarding School) di SMA Pangudi Luhur Van Lith; (2) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di SMA Pangudi Luhur Van Lith; (3) Proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di SMA Pangudi Luhur Van Lith; (4) Tantangan dalam penanaman pendidikan karakter di SMA Pangudi Luhur Van Lith.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan, Kabupaten Magelang pada bulan Agustus 2014 sampai November 2014. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Kepala Asrama Putra, Guru Bimbingan dan Konseling, Guru Agama Katolik, Pamong Asrama Putra, siswa Kelas X sampai Siswa Kelas XII. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing) .
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan karakter di SMA Pangudi Luhur Van Lith dirancang dan dilaksanakan di sekolah maupun di asrama secara integratif melalui Kurikulum Nasional serta kurikulum khusus sekolah ini berupa Kurikulum Pengembangan untuk membentuk sebuah kebiasaan hidup bagi para siswa; (2) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di SMA Pangudi Luhur Van Lith antara lain kemandirian, kedisipilinan, religius, sopan santun, humanis, nasionalisme, menghargai prestasi, dan akhlak mulia; (3) Proses penanaman nilai- nilai pendidikan karakter di SMA Pangudi Luhur Van Lith meliputi pengintegrasian nilai – nilai karakter sejak siswa masuk di SMA Pangudi Luhur Van Lith melalui berbagai kegiatan rutin di sekolah dan asrama, melalui keteladanan oleh Pamong, Pendamping serta Kepala Sekolah dengan memanfaatkan setiap perjumpaan dengan siswa, melalui kegiatan spontan, melalui slogan nilai-nilai karakter yang dipasang di berbagai sudut sekolah dan asrama; (4) Tantangan dalam penanaman pendidikan karakter di SMA Pangudi Luhur Van Lith meliputi kondisi siswa sebelum masuk SMA dan jumlah pamong yang kurang dibandingkan dengan jumlah siswa di asrama.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Boarding School, SMA Pangudi Luhur Van LithFlorentinus Suryo Purnadi Florentinus Suryo Purnadi2015-03-20T01:23:29Z2019-01-29T19:10:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13472This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/134722015-03-20T01:23:29ZMinat Spiritual Masyarakat Modern (Studi Kasus Masyarakat Penganut Kerohanian Sapta Darma)Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejarah kelahiran dan perkembangan Kerohanian Sapta Dharma (KSD), yang telah menarik minat para pengikutnya dalam masyarakat Indonesia modern terkini. Untuk itu penelitian juga bermaksud menginvestigasi motivasi dan bentuk spiritualitas para penganut kerohanian ini sekaligus pengaruh positif Ajaran KSD dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan modern.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek atau informan penelitian dipilih berdasarkan kriteria, yaitu anggota/Warga baru KSD, Tuntunan Agung KSD dan Petugas dalam KSD. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan arsip/dokumen KSD terkait. Untuk menjamin validitas data, setiap informasi diverifikasi dengan memperbandingkan pernyataan antar informan; dan berdasarkan metode pengumpulan data yang berbeda. Selanjutnya, data dianalisis secara interaktif dengan menekankan perbandingan yang konstan antar sumber yang berbeda; dan berupaya menemukan makna dari seluruh temuan penelitian.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa agama memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan sosial khususnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia modern di Yogyakarta. Seiring perkembangan jaman muncul modernisasi, sekularisasi dan pola pikir positivis yang mengakibatkan kemunduran agama. Karena agama kurang bisa dibuktikan kebenarannya maka agama dianggap kurang relevan sehingga masyarakat mulai meninggalkan agama. Lambat laun masyarakat mulai merasa jika tidak semua permasalahan hidup dapat diselesaikan secara empiris. Sedangkan mereka sudah terlanjur kecewa terhadap agama yang mereka anut saat itu. Maka muncullah desekularisasi, kemunculan kembali agama dalam bentuk yang baru. Terjadilah konversi ke KSD, sebagai bentuk agama baru yang praktis dan dinamis. KSD lahir dan berkembang di Indonesia pasca kemerdekaan tahun 1945, sehingga kelahirannya menjadi sebuah jawaban bagi kehausan sebagian masyarakat Indonesia akan spiritualitas yang selama ini mereka cari. Dalam perkembangannya KSD mengalami pasang surut akibat tentangan dari mayoritas. Namun secara umum Warga KSD tidak mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan bermasyarakat di dunia modern karena Warga KSD merasa telah memiliki pegangan hidup.
Kata Kunci : Agama baru, sekularisasi, desekularisasi, konversi, spiritualitas. Niken Octavia Larasati2015-03-17T03:17:53Z2019-10-09T01:06:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13162This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/131622015-03-17T03:17:53ZAKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA: MEMBANGUN KENEGARAWANAN MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAANMakalah seminar nasional aktualisasi nilai-nilai Pancasila di Prodi PPKn IKIP PGRI Madiun.Samsuri Samsurisamsuri@uny.ac.id2015-03-13T00:13:23Z2021-11-04T03:59:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12980This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/129802015-03-13T00:13:23ZGuru dan Kekuasaan: Dinamika Relasi Politik antara Otonomi Guru dan Dominasi KekuasaanPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan upaya guru dalam membangun otonomi menuju terwujudnya profesionalisme, (2) menemukan ada tidaknya politik dominasi penguasa daerah terhadap otonomi guru, (3) menemukan bentuk politik dominasi penguasa daerah terhadap otonomi guru, dan (4) menjelaskan implikasi politik dominasi penguasa terhadap pengembangan otonomi guru.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif fenomenologis. Lokasinya di Kabupaten Bantul, DIY. Subjek terdiri dari kepala sekolah, guru, pengawas SD, ketua KKG, kepala UPT PPD, pengurus PGRI dan PGSI, pejabat pemerintah daerah, Pejabat Dinas Pendidikan Dasar, dan pimpinan DPRD yang sebagian di antaranya dipilih secara stratified dan purposive. Secara keseluruhan berjumlah 37 orang. Prosedur penelitian ditempuh dengan lima langkah, dengan metode penggalian data: angket terbuka, wawancara mendalam, dan kajian dokumen. Trainggulasi ditempuh melalui (1) trianggulasi metode dan sumber, (2) diskusi ahli, dan (3) rival explanations. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif fenomenologis sebagaimana diusulkan oleh John W. Creswell, yaitu dengan data managing, reading and memoing, describing, classifying, interpreting, dan visualizing.
Penelitian ini menghasilkan empat temuan. Pertama, upaya guru dalam membangun otonominya menuju sosok profesional dipengaruhi oleh dinamika politik. Banyak pihak menginginkan peningkatan otonomi guru diarahkan pada peningkatan kemampuan profesional yang mendukung pencapaian kemajuan masyarakat. Namun guru lebih realistik, yakni peningkatan otonominya diarahkan untuk memenuhi kewajibannya sebagai guru sebagaimana dituntut undang-undang, berupa peningkatan kualifikasi akademik dan kompetensi. Peningkatan kualifikasi akademik dicapai guru melalui studi lanjut, peningkatan kompetensi ditempuh melalui belajar mandiri, diskusi dalam KKG, diklat, bintek, seminar, dan lokakarya sekolah, pengajian, dan briefing kepala sekolah. Untuk itu, otonomi guru dapat dikembangkan lebih jauh pada penguasaan kompetensi yang berakar pada empat pilar politik ideologi kebangsaan, sehingga dia perlu mengembangkan ideologi kritis-humanis. Kedua, terdapat politisasi guru oleh penguasa daerah. Hal tersebut dilakukan melalui ‘praktik terselubung’ untuk ‘meraih dukungan’ atau legitimasi dan berujung pada political bargaining dan power sharing berupa‘imbalan jasa politik’ dalam bentuk ‘jabatan politik’. Ketiga, ada dua bentuk politik dominasi penguasa terhadap guru, yaitu melalui ‘politik kooptasi’ dan melalui ‘politik pengambilan hati’. Keempat, adanya implikasi negatif dan positif dari praktek politisasi guru oleh penguasa dearah. Politik kooptasi berimplikasi negatif pada melemahnya sikap kritis guru, sedangkan politik pengambilan hati berimplikasi positif pada meningkatnya jumlah guru dalam studi lanjut dan meningkatnya kesejahteraan guru, keduanya berdampak positif pula pada pengembangan profesionalisme guru. Kata kunci: relasi politik, otonomi guru, dan dominasi kekuasaanArif Rohman