Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:41:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-01-08T02:23:05Z2019-05-08T03:27:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62367This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/623672019-01-08T02:23:05ZPengembangan Perangkat Pembelajaran IPA
Berorientasi Next Generation Science Standard (NGSS) untuk meningkatkan
Keterampilan Using Mathematics-Computational Thinking dan Pemahaman
Crosscutting ConceptLady Wahyu Hapsari2018-12-12T07:19:22Z2019-05-08T03:27:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61894This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/618942018-12-12T07:19:22ZPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI NEXT GENERATION
SCIENCE STANDARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ANALYZING-
INTERPRETING DATA DAN PEMAHAMAN CROSSCUTTING CONCEPTEka Adytianto2018-12-12T00:24:12Z2019-05-08T03:27:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61876This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/618762018-12-12T00:24:12ZPengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Potensi
Lokal Destilasi Minyak Atsiri Daun Cengkeh untuk Meningkatkan Generic Skill
dan Curiosity Siswa SMPPenelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk pengembangan
video pembelajaran IPA berbasis potensi lokal destilasi minyak atsiri daun cengkeh
untuk meningkatkan generic skill dan curiosity siswa dan (2) mengetahui kelayakan
produk hasil pengembangan video pembelajaran IPA berbasis potensi lokal
destilasi minyak atsiri daun cengkeh untuk meningkatkan generic skill dan curiosity
siswa SMP.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan
mengadopsi model 4D yang meliputi tahapan define, design, develop, dan
disseminate. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) non tes,
menggunakan lembar validasi produk untuk menilai kelayakan produk serta lembar
angket untuk mengukur curiosity siswa dan (2) tes, menggunakan lembar soal tes
untuk mengukur kemampuan generic skill siswa. Subjek penelitian dilakukan pada
tiga sekolah antara lain SMP Negeri 1 Samigaluh, SMP Negei 2 Samigaluh, dan
SMP Negeri 4 Samigaluh. Pengambilan sampel dilakukan di dua kelas pada setiap
sekolah. Kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Uji
coba lapangan utama dilakukan menggunakan metode eksperimen semu dengan
pretest-posttest control group design. Kelayakan produk dianalisis menggunakan
tabel klasifikasi 5 kategori secara kualitatif. Efektifitas produk dianalisis
menggunakan uji multivariat dengan menggunakan bantuan program SPSS versi
22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video pembelajaran IPA berbasis
potensi lokal destilasi minyak atsiri daun cengkeh dinyatakan layak digunakan
sebagai media pembelajaran oleh dosen ahli dan guru IPA dengan kategori sangat
baik, (2) penerapan video pembelajaran IPA berbasis potensi lokal destilasi minyak
atsiri daun cengkeh terbukti efektif untuk meningkatkan generic skill dan curiosity
siswa dengan nilai signifikansi 0,000 (sig. < 0,05) pada materi Klasifikasi Materi
dan Perubahannya kelas VII di SMP Negeri 1 Samigaluh, SMP Negeri 2
Samigaluh, dan SMP Negeri 4 Samigaluh.
Kata Kunci: video, pembelajaran IPA, potensi lokal, generic skill, curiosityDaris Hari Murti2018-12-11T01:02:22Z2019-05-09T09:08:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61838This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/618382018-12-11T01:02:22ZStudi Ketercapaian Learning Outcomes Kerangka
Kualifikasi Nasional Indonesia Level 6 Guru Biologi Lulusan UNY pada
Pengembangan Authentic AssessmenPenelit ian ini bertujuan untuk mengetahui t ingkat ketercapaian learning
outcomes KKNI level 6 guru biologi lulusan Universitas Negeri Yogyakarta pada
pengembangan authentic assessment. Penelit ian ini adalah penelit ian survei
dengan menggunakan pendekatan kuant itatif dan kualitatif. Subjek penelit ian
terdiri dari 10 orang guru biologi lulusan Universitas Negeri Yogyakarta. Objek
penelit ian berupa tingkat ketercapaian learning outcomes KKNI level 6 guru
biologi pada pengembangan authentic assessment. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik nonrandom purposive sampling. Pengumpulan data melalui angket,
dokumentasi, dan observasi. Validasi instrumen diperoleh melalui expert
judgement. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif
kuant itatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelit ian menunjukkan bahwa learning outcomes KKNI Level 6 guru
biologi dalam pengembangan authentic assessment secara umum telah tercapai
dengan kategori sangat baik. Penjabaran hasil penelit ian meliputi: (1) ketercapaian
learning outcomes guru biologi dalam mengembangkan penilaian portofolio
terpenuhi dengan kategori baik; (2) ketercapaian learning outcomes guru biologi
dalam mengembangkan penilaian produk terpenuhi dengan kategori baik; (3)
ketercapaian learning outcomes guru biologi dalam mengembangkan penilaian
proyek terpenuhi dengan kategori sangat baik; dan (4) ketercapaian learning
outcomes guru biologi dalam mengembangkan penilaian unjuk kerja terpenuhi
dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: learning outcomes, KKNI, biologi, authentic assessment.Edwin Irwansyah2018-11-13T02:01:12Z2019-05-08T03:28:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61228This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/612282018-11-13T02:01:12ZPengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA
Berbasis Representasi Ganda untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif
dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMPPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik IPA
berbasis representasi ganda yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas VII
di SMP Negeri 3 Kota Langsa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan
mengadaptasi model 4D yang meliputi langkah define, design, develop, dan
disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik tes, menggunakan
lembar soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan (2) teknik
non tes, menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran, lembar observasi keterampilan proses sains, angket penilaian
kelayakan produk, dan angket respon peserta didik terhadap keterbacaan LKPD
IPA. Design uji coba penelitian ini adalah pretest-postest control group design.
Kelayakan LKPD IPA dianalisis secara kuantitatif berdasarkan penilaian dari tim
ahli, kepraktisan LKPD IPA dianalisis berdasarkan angket respon peserta didik
terhadap keterbacaan LKPD dan keterlaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan LKPD, sedangkan keefektifan LKPD IPA dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains dianalisis berdasarkan
uji MANOVA dari rata-rata skor gain ternormalisasi saat uji coba lapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kelayakan LKPD IPA berbasis
representasi ganda yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak (2)
LKPD IPA berbasis representasi ganda praktis digunakan dalam pembelajaran
IPA dan (3) penerapan LKPD IPA berbasis representasi ganda efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains peserta
didik SMP Negeri 3 Kota Langsa.
Kata kunci : lembar kerja peserta didik IPA, representasi ganda, kemampuan
berpikir kreatif, keterampilan proses sains..Nur Balqis Mutia2018-11-05T03:52:50Z2019-05-08T03:28:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61091This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/610912018-11-05T03:52:50ZPengembangan Video Pembelajaran IPA berbasis Potensi
Lokal Gerebah dan Mebel untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan
Sikap Kewirausahaan Peserta Didik SMPPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan video pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) berbasis potensi lokal gerabah dan mebel yang layak untuk
pembelajaran pada materi “Sifat Bahan dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan
Sehari-hari”, dan (2) mengetahui keefektifan produk yang dihasilkan untuk
meningkatkan keterampilan bepikir kritis dan sikap kewirausahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari
Thiagarajan, Semmel & Semmel (1974: 5) yang terdiri dari empat tahapan yaitu: (1)
Define yang bertujuan untuk menetapkan dan mendefinisikan video pembelajaran
yang dikembangkan, (2) Design untuk merancang draf video pembelajaran yang
berupa video pembelajaran IPA berbasis potensi lokal gerabah dan mebel dengan
format .MP4, merancang konsep video dan mengobservasi potensi lokal yang ada di
Klaten, (3) Develop yaitu menghasilkan produk pengembangan yang telah direvisi
berdasarkan ahli materi, ahli media, guru IPA SMP, dan respon siswa, dan (4)
Disseminate yaitu dilakukan di tiga sekolah di kabupaten Klaten dengan tujuan
memudahkan siswa dalam belajar sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari khususnya pada potensi lokal gerabah dan mebel. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Delanggu, SMP Negeri 1 Wedi, dan SMP Negeri 1
Prambanan. Subjek uji coba terbatas produk video pembelajaran IPA dalam
penelitian dan pengembangan adalah peserta didik kelas VIII tahun pelajaran
2017/2018 yang berjumlah 9, subyek uji coba produk berjumlah 192. Penelitian ini
menggunakan instrumen angket, soal, dan lembar observasi Data kualitatif dalam
penelitian ini adalah saran dan masukan dari validator, respon peserta didik, dan hasil
observasi ketelaksanaan pembelajaran. Data kuantitatif berupa nilai tes keterampilan
berpikir kritis dan hasil angket sikap kewirausahaan. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis deskriptif, gain score, dan uji signifikansi dengan One Way Manova.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Video yang dikembangakan
dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berbasis potensi lokal menurut ahli
materi, ahli media, dan guru IPA dengan kategori sangat layak. (2) Video yang
dikembangkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap
kewirausahaan peserta didik dengan p value 0,000 < α 0,05.
Kata Kunci: video, pembelajaran IPA, potensi lokal, keterampilan berpikir kritis,
sikap kewirausahaanAnis Setyawati2018-10-23T02:25:03Z2019-05-08T03:28:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60736This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/607362018-10-23T02:25:03ZPengembangan Perangkat Pembelajaran STEM PjBL
untuk Meningkatkan Praktik Ilmiah, Praktik Rekayasa, dan Sikap Ilmiah Peserta
Didik SMPPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran STEM
PjBL kelas VIII SMP yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan praktik
ilmiah, praktik rekayasa, dan sikap ilmiah peserta didik.
Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model
4-D menurut Thiagarajan. Terdapat empat tahapan pada model 4-D, yaitu (a)
pendefinisian (define), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (develop),
(d) penyebaran (disseminate). Penelitian ini menggunakan angket, lembar
observasi, dan tes untuk mengumpulkan data. Kelayakan RPP dan LKPD STEM
PjBL dinilai menggunakan angket oleh ahli dan praktisi. Validitas konten
instrumen dianalisis menggunakan analisis V Aiken. Validitas empirik instrumen
angket dan soal pilihan ganda dianalisis menggunakan program Quest
berdasarkan teori respon butir. Reliabilitas angket dianalisis menggunakan
persamaan alpha Cronbach. Reliabilitas soal pilihan ganda dianalisis
menggunakan persamaan KR-20. Keefektifan perangkat pembelajaran STEM
PjBL dianalisis berdasarkan nilai gain ternormalisasi, uji MANOVA, dan uji efek
antar subjek. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Bantul dan SMPN 1
Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Subjek uji sebanyak 70 peserta didik kelas
VIII 2017/2018 ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kepraktisan
perangkat pembelajaran STEM PjBL dianalisis berdasarkan lembar observasi
keterlaksanaan RPP dan respon peserta didik terhadap LKPD STEM PjBL.
Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran STEM PjBL kelas VIII
SMP pada tema ―Tekanan Zat pada Teknologi Kapal‖ yang terdiri dari RPP,
LKPD, dan instrumen penilaian. RPP dan LKPD STEM PjBL dinyatakan layak
dengan nilai A. Instrumen penilaian dinyatakan valid dan reliabel. Perangkat
pembelajaran STEM PjBL efektif meningkatkan meningkatkan praktik ilmiah,
praktik rekayasa, dan sikap ilmiah peserta didik SMP dengan gain bernilai positif,
uji MANOVA menghasilkan p-value < α (0,05), dan nilai uji efek antar subjek
menghasilkan p-value < α (0,05). Kepraktisan perangkat pembelajaran STEM
PjBL dibuktikan oleh 97% pembelajaran terlaksana dengan sangat baik dan
respon peserta didik terhadap LKPD STEM PjBL berkategori baik.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, STEM PjBL, praktik ilmiah, praktik
rekayasa, sikap ilmiahHarsi Admawati2018-10-22T08:02:01Z2019-05-09T09:05:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60703This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/607032018-10-22T08:02:01ZPengembangan Video Pembelajaran Berbasis Domain IPA
Terintegrasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah Peserta Didik.Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan video pembelajaran
berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal yang layak digunakan untuk
pembelajaran IPA materi “Perubahan Benda di Sekitar Kita” peserta didik kelas VII
SMP; (2) mengetahui keefektifan video pembelajaran berbasis domain IPA
terintegrasi potensi lokal untuk meningkatkan keterampilan proses IPA peserta didik
SMP dan (3) mengetahui keefektifan video pembelajaran berbasis domain IPA
terintegrasi potensi lokal untuk meningkatkan sikap ilmiah peserta didik SMP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan pendidikan (R&D).
Prosedur pengembangan produk pada penelitian ini diadaptasi dari model
pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel
(1974). Penelitian dilaksanakan di tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu:
SMP Negeri 2 Patuk dan SMP Negeri 3 Patuk, Kabupaten Gunungkidul serta SMP
Negeri 1 Polewali, Kabupaten Polewali Mandar. Subjek penelitian ini adalah peserta
didik kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 dengan rincian: uji coba awal
menggunakan 12 orang peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Patuk dan uji coba
utama menggunakan 160 orang peserta didik, dengan rincian: (1) 64 orang peserta
didik kelas VII SMP Negeri 2 Patuk; (2) 43 orang peserta didik kelas VII SMP
Negeri 3 Patuk dan (3) 53 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Polewali.
Instrumen untuk mengukur kelayakan produk menggunakan lembar validasi
penilaian produk berupa angket. Instrumen untuk mengukur keefektifan produk
dalam meningkatkan keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah peserta didik
menggunakan instrumen yang diadopsi dari Agus Dwiyanto (2016) dan Arifah Putri
Kurniati (2017). Analisis data menggunakan uji Manova dan Anova satu arah
dengan taraf siginikansi sebesar 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video pembelajaran berbasis domain
IPA terintegrasi potensi lokal layak digunakan untuk pembelajaran IPA materi
“Perubahan Benda di Sekitar Kita” peserta didik kelas VII SMP; (2) video
pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal efektif untuk
meningkatkan keterampilan proses IPA peserta didik SMP dan (3) video
pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal efektif untuk
meningkatkan sikap ilmiah peserta didik SMPJumriani Jumriani2018-09-25T03:41:38Z2019-05-09T09:03:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60119This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/601192018-09-25T03:41:38ZProject-Based Learning IPA Terintegrasi Potensi Alam Baruppu’ untuk Membangun Keterampilan Pemecahan Masalah dan Literasi LingkunganPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat project-based learning IPA terintegrasi potensi alam Baruppu’ yang valid berdasarkan penilaian ahli, (2) mengetahui keefektifan perangkat project-based learning IPA terintegrasi potensi alam Baruppu’ dalam membangun keterampilan pemecahan masalah dan literasi lingkungan peserta didik SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi 5 tahap pengembangan model ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Non-equivalent control groups design digunakan pada uji coba utama dengan jumlah siswa 50 orang, terdiri atas 26 siswa pada kelas eksperimen dan 24 siswa pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Baruppu’. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian kelayakan perangkat pembelajaran, lembar penilaian keterampilan pemecahan masalah, soal essai keterampilan kognitif dan angket sikap terhadap lingkungan. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif dan keefektifan perangkat pembelajaran dianalisis menggunakan uji MANOVA.
Hasil penelitian ini berupa produk perangkat project-based learning IPA terintegrasi potensi alam Baruppu’ yang layak dengan kategori “sangat baik” ditinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan dalam membangun keterampilan pemecahan masalah dan literasi lingkungan dalam komponen keterampilan kognitif dan sikap terhadap lingkungan.Ellin Carlina2018-09-25T01:58:41Z2019-05-09T09:03:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60096This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/600962018-09-25T01:58:41ZPengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Next Generation Science Standard Untuk Meningkatkan Keterampilan Constructing Explanation-Designing Solution Dan Pemahaman Crosscutting ConceptPenelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berorientasi Next Generations Science Standard (NGSS) yang valid dan praktis; serta (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA berorientasi NGSS untuk meningkatkan keterampilan Constructing Explanations-Designing Solutions (CEDS) dan pemahaman crosscutting concept mengenai energi dan materi.
Penelitian ini termasuk Penelitian dan Pengembangan (RnD) menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik nontes melalui wawancara, observasi, angket dan (2) teknik tes menggunakan instrumen soal keterampilan CEDS sebanyak 6 butir soal uraian dan pemahaman crosscutting concept berupa 20 soal pilihan ganda. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 8 Magelang. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap LKPD serta dilakukan uji empiris soal. Uji coba utama dilakukan pada dua kelas yang terdiri dari 30 siswa kelas VIIG sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIIH sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan meliputi (a) analisis kelayakan perangkat pembelajaran yang terdiri atas analisis kelayakan RPP dan LKPD menggunakan konversi skala lima serta validitas dan reliabilitas instrumen soal oleh ahli dan analisis berdasarkan uji empiris soal; dan (b) analisis efektifitas perangkat pembelajaran yang dilakukan menggunakan perhitungan gain score ternormalisasi serta uji multivariat ANOVA (MANOVA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dihasilkan perangkat pembelajaran IPA berorientasi NGSS yang valid dan reliabel yang meliputi RPP, LKPD, serta instrumen penilaian keterampilan CEDS dan pemahaman crosscutting concept; perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga dinyatakan praktis digunakan dalam proses pembelajaran (2) hasil penerapan perangkat pembelajaran berorientasi NGSS terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan constructing explanations-designing solutions dan pemahaman crosscutting concept di SMP N 8 Magelang.Amiratul Ratna Putri2018-09-24T06:16:09Z2019-05-09T09:02:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60051This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/600512018-09-24T06:16:09ZPengembangan Modul IPA Berbantuan Jurnal Belajar Reflektif untuk Meningkatkan Environmental Literacy dan Reporting-Interpretative Skills Peserta Didik SMPPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA berbantuan jurnal belajar reflektif yang valid dan efektif untuk meningkatkan environmental literacy dan reporting-interpretative skills peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Lasem.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model 4D yang meliputi langkah define, design, develop, dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik non tes, menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi produk, lembar respon peserta didik terhadap keterbacaan modul IPA, lembar observasi environmental literacy domain psikomotor, angket environmental literacy domain afektif, dan (2) teknik tes, menggunakan lembar soal pilihan ganda environmental literacy domain kognitif dan lembar soal uraian reporting-interpretative skills. Kevalidan modul dianalisis secara kuantitatif berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi, sedangkan keefektifan modul dalam meningkatkan environmental literacy dan reporting-interpretative skills dianalisis berdasarkan uji manova dari rata-rata skor gain ternormalisasi saat uji coba lapangan. Design uji coba lapangan ini adalah pretest-postest control group design. Butir instrumen yang digunakan untuk pengukuran environmental literacy dan reporting-interpretative skills juga dianalisis dengan validasi Aiken. Kelayakan dan reliabilitas butir soal environmental literacy domain kognitif dianalisis dengan Quest, sedangkan kelayakan butir soal reporting-interpretative skills dianalisis Anbuso dan reliabilitasnya dengan rumus Alpha Cronbach.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kevalidan modul IPA berbantuan jurnal belajar reflektif yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dan (2) penerapan modul IPA berbantuan jurnal belajar reflektif dapat meningkatkan environmental literacy dan reporting-interpretative skills peserta didik SMP Negeri 1 Lasem.Hadaina Zulfah2018-09-18T03:39:02Z2019-05-09T09:01:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59849This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/598492018-09-18T03:39:02ZPengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Next Generation Science Standards untuk Meningkatkan Keterampilan Planning Carrying Out Investigation dan Pemahaman Crosscutting Concept.Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan praktis; dan (2) mendapatkan hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran IPA berorientasi Next Generation Science Standards (NGSS) dalam
meningkatkan keterampilan planning carrying out investigation dan pemahaman crosscutting concept.
Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan desain pengembangan 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap define meliputi analisis awal, analisi peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi pemilihan format perangkat perangkat pembelajaran, penyusunan instrumen, dan rancangan
perangkat pembelajaran. Tahap develop meliputi validasi dosen ahli dan praktisi, uji terbatas, dan uji coba pengembangan serta tahap disseminate yaitu produk
perangkat pengembangan disebarluaskan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 3 Tempel. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan desain eksperimen uji coba menggunakan pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 32 peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik non tes, menggunakan lembar validasi produk,
lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar respon peserta didik terhadap LKPD, dan (2) teknik tes, menggunakan lembar berupa pilihan ganda untuk keterampilan planning carrying out investigation dan pemahaman crosscutting concept. Kevalidan RPP dan LKPD pembelajaran NGSS yang dikembangkan dianalisis secara kualitatif berdasarkan tabel konversi skala 4. Kevalidan instrumen
penilaian dianalisis menggunakan Aiken V. Pada uji lapangan, keefektifan perangkat yang dikembangkan dianalisis berdasarkan rata-rata gain score dan
signifikansi multivariat dengan MANOVA dengan taraf signifikansi 0.05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran IPA berorientasi NGSS yang dikembangkan valid dan praktis dengan kategori sangat baik dengan V= 0,92 (2) perangkat pembelajaran NGSS yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan keterampilan planning carrying out investigation dan pemahaman crosscutting concept peserta didik dengan menunjukkan hasil yang signifikan, dengan nilai sig. 0.000 pada taraf kepercayaan 95%.Gustin Windriyana2018-09-17T02:05:49Z2019-05-09T09:01:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59807This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/598072018-09-17T02:05:49ZPengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Kerjasama Peserta DidikPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kelayakan perangkat pembelajaran IPA model problem based learning berbantuan google classroom untuk pembelajaran materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, dan (2) efektivitas perangkat pembelajaran IPA model problem based learning berbantuan google classroom untuk meningkatkan keterampilan argumentasi dan kerjasama.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek uji coba lapangan terbatas adalah 32 peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Magelang. Subjek uji lapangan utama adalah 32 peserta didik kelas VII A (kelas eksperimen) dan masing-masing 32 peserta didik kelas VII B dan VII D (kelas kontrol) SMP Negeri 2 Magelang. Data kelayakan perangkat pembelajaran diperoleh melalui penilaian ahli menggunakan angket penilaian kelayakan. Data efektivitas perangkat pembelajaran diperoleh melalui nilai gain keterampilan argumentasi dan kerjasama. Analisis efektivitas dengan menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA model problem based learning berbantuan google classroom layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dengan penilaian sangat baik. Pembelajaran IPA menggunakan perangkat pembelajaran model problem based learning berbantuan google classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi dan kerjasama peserta didik (p < 0.05).Ade Cyntia Pritasari2018-09-10T02:50:48Z2019-05-09T08:59:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59653This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/596532018-09-10T02:50:48ZPengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia berbasis android yang dikembangkan, dan mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik antara kelas media pembelajaran kimia berbasis android dengan kelas kontrol.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model Gall, Gall, & Borg yang dimodifikasi menjadi empat tahapan yaitu perencanaan pengembangan, pengembangan produk, evaluasi formatif dan instruksi revisi, dan evaluasi sumatif. Validasi produk dilakukan oleh satu ahli media dan satu ahli materi. Penilaian kualitas media dilakukan oleh lima guru kimia, dan lima peer reviewer. Uji coba media dilakukan kepada 6 siswa kelas X SMA N 1 Ngaglik pada uji coba perorangan, 10 siswa kelas X MA Pandanaran pada uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa kelas X SMA N 1 Pakem pada uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket kemandirian belajar, dan soal tes hasil belajar kognitif.
Produk penelitian ini berupa software dengan ekstensi *.apk yang dioperasikan pada android. Media pembelajaran kimia berbasis android pada konsep reaksi reduksi oksidasi yang telah dikembangkan “layak” digunakan dalam pembelajaran, ditinjau dari aspek penilaian media, aspek penilaian materi, dan berdasarkan hasil uji coba kepada peserta didik. Hasil uji coba media pembelajaran kimia menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemandirian dan hasil belajar kognitif peserta didik antara kelas media pembelajaran kimia berbasis android dengan kelas kontrol.Bagus Budi Jatmiko2018-09-10T02:18:51Z2019-05-09T08:59:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59646This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/596462018-09-10T02:18:51ZPengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMPPenelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan LKPD IPA berbasis problem solving yang valid dan (2) mengetahui hasil uji keefektifan LKPD IPA berbasis problem solving untuk meningkatkan Scientific literacy dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII di SMP Negeri 12 Padang pada materi pencemaran lingkungan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengunakan empat tahapan model 4D yang meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Data penelitian dikumpulkan dengan (1) teknik non tes, menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi, lembar respon peserta didik terhadap keterbacaan LKPD, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving; dan (2) teknik tes, menggunakan lembar soal scientific literacy dan lembar soal hasil belajar kognitif peserta didik. Validasi LKPD dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru IPA. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Subjek uji coba terbatas dilakukan kepada 12 peserta didik. Uji coba lapangan dilakukan menggunakan dua kelas yang melibatkan 31 peserta didik kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan 31 peserta didik kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Uji coba lapangan utama menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dengan pretest posttest control group design. Kelayakan LKPD dianalisis menggunakan tabel klasifikasi 5 kategori secara kualitatif. Efektifitas LKPD dianalisis menggunakan uji multivariate dengan menggunakan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD IPA berbasis problem solving yang dikembangkan dalam penelitian ini valid untuk digunakan dalam pembelajaran IPA dan mendapatkan nilai A dengan kategori sangat baik, dan (2) penerapan LKPD IPA berbasis problem solving efektif untuk meningkatkan scientific literacy dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII di SMP Negeri 12 Padang pada materi pencemaran lingkungan.Vioni Kurnia Armus2018-09-04T02:32:33Z2019-05-09T08:57:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59502This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/595022018-09-04T02:32:33ZPengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Green Economy Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Praktik IPA dan Minat Wirausaha Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 PurwojatiPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis green economy materi bioteknologi yang layak digunakan dalam pembelajaran, (2) menguji keefektifan SSP IPA berbasis green economy dalam meningkatkan keterampilan praktik IPA (KPI) dan minat wirausaha (MW) peserta didik SMP Negeri 1 Purwojati.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall (1993). Prosedur penelitian terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan SSP IPA, (3) pengembangan SSP IPA (4) uji coba terbatas SSP IPA, (5) revisi I SSP IPA (6) uji coba lapangan SSP IPA (7) revisi II SSP IPA, (8) diseminasi SSP IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian SSP IPA berbasis green economy, lembar observasi keterampilan praktik IPA, angket minat wirausaha, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji coba lapangan dilakukan menggunakan pretest-posttes control group design dengan subyek penelitian sebanyak 31 siswa pada kelas eksperimen maupun kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji manova, dan uji korelasi.
Hasil penelitian ini berupa (1) SSP IPA berbasis green economy materi bioteknologi yang dinilai baik dan layak untuk digunakan menurut ahli, guru IPA, maupun teman sejawat dengan rata-rata persentase keidealan produk sebesar 88,68%. (2) KPI dan MW peserta didik meningkat sebesar 39% dan 24% setelah mengikuti pembelajaran IPA berbasis green economy. Peningkatan KPI dan MW dibuktikan dengan perolehan hasil uji manova sebesar Fhitung= 21, 412 dan Fhitung= 8,133 lebih besar dari nilai Ftabel= 4,00 pada signifikansi uji 5% (α = 0,05). Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk SSP IPA berbasis green economy materi bioteknologi layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu untuk meningkatkan KPI dan MW peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Purwojati.Kodirin Kodirin2018-09-03T03:25:38Z2019-05-09T08:57:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59466This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/594662018-09-03T03:25:38ZKeefektifan LKPD Materi Energi pada Model Pendidikan Lingkungan Berkelanjutan dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Lingkungan dan Literasi Sains di SMPPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan secara teoritis LKPD IPA berbasis pendidikan lingkungan berkelanjutan yang dihasilkan untuk meningkatkan literasi lingkungan dan literasi sains; dan (2) kelayakan secara empiris LKPD IPA berbasis pendidikan lingkungan berkelanjutan yang dihasilkan untuk meningkatkan literasi lingkungan dan literasi sains.
Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) model 4-D yang terdiri dari empat tahapan utama yaitu; (1) pendefinisian (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pandak dengan subjek coba peserta didik kelas VII Semester Ganjil tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik tes, menggunakan soal literasi sains, dan (2) teknik nontes menggunakan lembar validasi produk, lembar respon keterbacaan peserta didik terhadap LKPD hasil pengembangan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran berbasis pendidikan lingkungan berkelanjutan, dan lembar observasi literasi lingkungan peserta didik. Kelayakan LKPD dianalisis secara kualitatif berdasarkan konversi skor skala lima. Keefektifan penerapan LKPD hasil pengembangan pada uji lapangan utama dianalisis menggunakan uji multivariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD IPA berbasis pendidikan lingkungan berkelanjutan yang dihasilkan secara teoritis layak untuk meningkatkan literasi lingkungan dan literasi sains, dan (2) LKPD IPA berbasis pendidikan lingkungan berkelanjutan yang dihasilkan secara empiris layak untuk meningkatkan literasi lingkungan dan literasi sains.Anita Ekantini2018-08-31T02:46:38Z2019-05-09T08:56:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59419This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/594192018-08-31T02:46:38ZPengembangan Panduan Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle 5E Untuk meningkatkan Practical Skills dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP/MTsPenelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan panduan praktikum IPA berbasis learning cycle 5E yang valid dan praktis, serta (2) mendapatkan hasil uji keefektifan panduan praktikum IPA berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan practical skills dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Ngawi.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan empat tahapan model 4D yang meliputi tahap define, design, develop dan disseminate. Data dikumpulkan dengan (1) teknik non tes, menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi, lembar respon siswa terhadap keterbacaan panduan praktikum IPA, lembar observasi practical skills dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model learning cycle 5E, dan (2) teknik tes, menggunakan lembar soal hasil belajar kognitif siswa. Validasi panduan praktikum dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Ngawi. Subjek uji coba terbatas dilakukan pada 12 orang siswa. Uji coba lapangan dilakukan dua kelas yang terdiri dari 33 siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan produk panduan praktikum IPA berbasis learning cycle 5E dan 32 siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang menggunakan panduan praktikum konvensional. Uji coba lapangan utama menggunakan metode eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Kelayakan panduan praktikum IPA dianalisis menggunakan tabel klasifikasi 5 kategori secara kualitatif. Efektifitas panduan praktikum IPA dianalisis menggunakan uji multivariat dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) panduan praktikum IPA berbasis learning cycle 5E yang dikembangkan dalam penelitian ini valid dan dinyatakan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA, dan (2) penerapan panduan praktikum IPA berbasis learning cycle 5E efektif untuk meningkatkan practical skills dan hasil belajar kognitif (Dimensi pengetahuan: Mengingat, Memahami, Mengaplikasi dan Menganalisis) siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Ngawi dibuktikan dari nilai signifikansi dari uji Wilks’ Lambda sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5%, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan practical skills dan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.Dwi Safriani Pangestika2018-08-29T06:55:22Z2019-05-09T08:56:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59316This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/593162018-08-29T06:55:22ZPengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi NGSS untuk Menumbuhkan Developing-Using Model Skills dan Pemahaman Crosscuting ConceptTujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan perangkat (RPP, LKPD, dan lembar penilaian) pembelajaran IPA berbasis Next Generation Science Standards yang layak menurut ahli dan guru IPA dan (2) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis NGSS yang efektif dalam meningkatkan kemampuan developing-using model skills dan crosscutting concept peserta didik.
Metode penelitian ini adalah research and development (R & D) dengan langkah pengembangan four-D yang dibagi menjadi 4 tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik tes berupa lembar soal kemampuan pemahaman crosscutting concept peserta didik dan (2) teknik non tes berupa lembar validasi perangkat, lembar respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi keterampilan developing-using model skills. Data kelayakan produk yang dikembangkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif konversi skala empat dan data keefektifan produk yang dikembangkan dianalisis dengan gain score dan uji Manova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis NGSS yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dan respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan juga berada pada kategori baik; dan (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif meningkatkan keterampilan developing-using model skills dan crosscutting concept peserta didik dengan gain score crosscutting concept kelas eksperimen mendapatkan skor 0,81 yang berada pada kategori tinggi. Hasil ini juga didukung dengan uji statistik dengan uji Manova yaitu sig 0,004 dan 0,004<0,05. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan keterampilan developing-using model dan pemahaman crosscutting concept dipengaruhi oleh keterampilan dan pemikiran peserta didik yang telah berubah setelah megikuti pembelajaran IPA materi sistem pernapasan pada manusia dengan perangkat pembelajaran berbasis NGSS.Eka Rachmawati2018-08-29T01:58:06Z2019-05-09T08:55:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59243This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/592432018-08-29T01:58:06ZPengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan
Literasi IPA dan Praktik Peserta Didik SMP sesuai Nature of Science (NoS)Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen penilaian IPA
yang berupa tes pilihan ganda dalam mengukur kemampuan literasi IPA dan
praktik sesuai NoS yang valid dan reliabel, (2) mengidentifikasi karakteristik
instrumen penilaian kemampuan literasi IPA dan praktik sesuai NoS, dan (3)
mendeskripsikan hasil pengukuran kemampuan literasi IPA dan praktik peserta
didik kelas VIII-D SMP N 2 Pare menggunakan instrumen penilaian sesuai NoS
yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan instrumen
ADDIE dan Mardapi. Tahap pengembangan instrumen dalam penelitian ini
meliputi: 1) pernyusunan tes, 2) uji coba tes, dan 3) pengukuran hasiltes. Subjek
uji coba tes adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Pare, SMP N 1 Badas, dan
SMP N 2 Puncu Kabupaten Kediri. Subjek uji lapangan utama yaitu peserta didik
kelas VIII D SMP N 2 Pare. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, dan
tes. Instrumen penilaian (tes) berupa pilihan ganda, yang telah divalidasi,
diujicobakan pada 226 peserta didik dari tiga SMP di Kabupaten Kediri. Data
berupa jawaban siswa dianalisis menggunakan model Rasch dengan software
Winsteps3.73.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) instrumen penilaian kemampuan
literasi IPA memiliki 36 butir soal yang fit. Instrumen penilaian kemampuan
praktik memiliki 34 butir soal yang fit. Instrumen penilaian ini juga telah
memenuhi Aiken’s validity content dengan kriteria valid. Reliabilitas instrumen
penilaian kemampuan literasi IPA dan praktik memperoleh kriteria baik dan
sangat baik.(2) Karakteristik instrumen penilaian adalah butir soal dengan tingkat
kesulitan sedang lebih banyak, pengukuran kemampuan peserta didik pada tingkat
sedang lebih optimal, dan sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik kelas
VIII. (3) Penguasaan kemampuan literasi IPA dan praktik peserta didik kelas VIII
D SMP N 2 Pare berada pada tingkat sedang. Korelasi antara kemampuan literasi
IPA dan praktikpositif dan sangat kuat.Shita Dwiyanti Vitasari2018-08-23T03:17:19Z2022-09-14T04:20:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58573This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/585732018-08-23T03:17:19ZPengembangan Instrumen Experiment Performance Assessment dengan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Menilai Keterampilan Proses Sains dan Kerjasama Dalam Belajar IPA SMP di Kabupaten GunungkidulPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen experiment performance assessment dengan model pembelajaran guided inquiry dalam belajar IPA di SMP; (2) menguji validitas dan reliabilitas produk instrumen experiment performance assessment untuk menilai keterampilan proses sains dan kerjasama; (3) mengetahui keefektifan produk instrumen experiment performance assessment untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kerjasama peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development) dengan pendekatan yang diadopsi dari Dick et al yang terbagi menjadi lima tahapan yaitu tahap pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap uji coba terbatas dan tahap uji coba luas. Produk instrumen experiment performance assessment dilakukan validasi isi secara expert judgment oleh dosen ahli, teman sejawat, dan guru SMP dan validasi secara empiris. Validasi secara empiris dilakukan di 5 SMP di Kabupaten Gunungkidul. Uji coba terbatas melibatkan 32 peserta didik SMP N 2 Playen, sedangkan uji coba luas melibatkan 124 peserta didik dari 4 sekolah, yaitu SMP N 2 Karangmojo, SMP N 1 Playen, SMP N 1 Ponjong, dan SMP N 1 Semanu. Berdasarkan uji coba terbatas dan uji coba luas diperoleh reliabilitas hasil rating instrumen penilaian keterampilan proses sains sebesar 0,707 - 0,989 dengan kategori tinggi dan sangat tinggi, sedangkan reliabilitas skor komposit instrumen penilaian kerjasama diperoleh hasil 0,923 - 0,968 dengan kategori sangat tinggi. Hasil t-test menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan proses sains dan kerjasama peserta didik.
Hasil penelitian ini adalah: (1) produk instrumen experiment performance assessment untuk pembelajaran IPA SMP materi sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, dan prinsip kerja alat optik; (2) produk instrumen experiment performance assessment memiliki kategori valid dan reliabel untuk menilai keterampilan proses sains dan kerjasama berdasarkan validasi secara expert judgment dan validasi empiris; (3) instrumen experiment performance assessment efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kerjasama peserta didik. Peserta didik memberikan respon senang dengan pembelajaran guided inquiry dan experiment performance assessment berdasarkan analisis dari data isian angket respon peserta didik.Raden Roro Yayuk Srirahayu2018-08-02T02:55:34Z2019-05-09T08:50:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58046This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/580462018-08-02T02:55:34ZPengaruh Pembelajaran IPA Berbasis SETS
Berbantuan Android terhadap Scientific Literacy dan Cross Disciplinary
Knowledge Peserta Didik SMPPenelitianini bertujuan untuk mengujipengaruh antara pembelajaran IPA
berbasis SETS berbantuan Android terhadap Scientific Literacy dan cross-
disciplinary knowledge peserta didik kelas VII di Kabupaten Jombang.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretes-
posttest group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP/MTs di
Kabupaten Jombang. Sampel penelitian dipilih berdasarkan stratifikasi sekolah.
Sekolah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SMP Negeri 2 Jombang
dengan kategori tinggi,MTs al Urwatul Wutsqo Jombangdengan kategori sedang,
dan SMP Negeri 1 Mojowarno Jombang dengan kategori rendah. Kelas eksperimen
diberikan pembelajaran berbasis SETS dengan bantuan media Android. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal pretestdan
posttest dalam bentuk pilihan majemuk beralasan. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis SETS
berbantuan Android berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan Scientific
Literacydan Cross Disciplinary Knowledgepeserta didikkelas VII SMP/MTs di
Kabupaten Jombang. Hasil ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000
untuk pada sekolah kategori tinggi dan sedang serta 0,001 pada sekolah kategori
rendah.Dita Dzata Mirrota2018-05-23T02:35:18Z2019-05-09T08:46:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57069This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/570692018-05-23T02:35:18ZPengembangan Buku Pengayaan IPA Online tentang Energi Kalor dalam Kehidupan untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa SMPPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku pengayaan IPA online energi kalor dalam kehidupan yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP ditinjau dari aspek validitas dan efektifitas; (2) mengetahui keefektifan buku pengayaan IPA online energi kalor dalam kehidupan dalam meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar IPA siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: tahap (1) analysis, (2) design, (3) development and production, (4) implementation, (5) evaluation. Subjek penelitian adalah 75 siswa SMP Negeri 1 Kradenan semester ganjil tahun ajaran 2017/2018, dengan rincian: (1) uji coba awal dengan 15 siswa dan (2) uji coba utama dengan 60 siswa yaitu 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa: (1) angket yang terdiri dari lembar penilaian untuk validasi produk, dan angket respon siswa, (2) lembar observasi, (3) tes hasil belajar. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa masukan dan saran dari validator terhadap buku pengayaan IPA online yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa hasil penilaian validator, nilai tes hasil belajar, kemandirian belajar siswa, respon siswa terhadap buku pengayaan IPA online, dan hasil observasi kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, gain score, dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pengayaan IPA online layak digunakan untuk pembelajaran IPA berdasarkan validitas, efektiftas, dan praktibilitas. Berdasarkan penilaian validator buku pengayaan IPA online yang dikembangkan valid. Data efektifitas diperoleh dari uji F dengan nilai signifikasi = 0,000 < 0,05 yang artinya dengan menggunakan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan buku pengayaan IPA terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar (kognitif) siswa belajar. Hal ini menunjukkan bahwa buku pengayaan IPA online efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar (kognitif) IPA siswa. Data praktibilitas diperoleh dari angket respon siswa terhadap buku pengayaan IPA yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata 49, 1 dengan kategori baik.Nuryunita Dewantari2018-02-23T02:17:39Z2019-05-09T08:42:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55759This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/557592018-02-23T02:17:39ZPengembangan Media Komik Berbasis
Potensi Lokal Pemanfaatan Umbi Gadung (Dioscorea hispida Dennst.)
untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan pada
Topik Bahasan Objek IPA dan Pengamatannya Kelas VII SMP Tahun
Ajaran 2017/2018.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media komik
IPA yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap
peduli lingkungan, dan (2) mengetahui keefektifan media komik yang
dikembangkan tersebut untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap peduli
lingkungan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan
mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap
yaitu : (1) research and information collecting (need assesment, (2)
planning, (3) develop preliminary from of product,(4) preliminary field
testing, (5) main product revision, (6) main fied testing, (7) operasional
product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision dan
(10) disemmination and implementation. Produk komik divalidasi oleh ahli
media dan ahli materi di awal, kemudian divalidasi oleh guru IPA dan
teman sejawat. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas
VII SMP Negeri 1 Sanden. Uji lapangan menggunakan model uji non-
equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan lembar validasi produk, lembar observasi sikap peduli
lingkungan, dan butir tes berpikir kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penelitian ini
menghasilkan media komik berbasis potensi lokal pengolahan umbi gadung
(Dioscorea hispida Dennts.) yang layak digunakan dalam pembelajaran
dengan kualitas minimal baik menurut ahli media, ahli materi, 2 guru IPA, 2
teman sejawat, sedangkan menurut subjek coba media ini berkualitas sangat
baik, dan (2) berdasarkan uji multivariat MANOVA menghasilkan sig.
0,003 (nilai lebih kecil daripada 0,05), sehingga dinyatakan terdapat
perbedaan antar kelas pada kedua varibel dependen dalam penelitian. Uji
dilanjutkan dengan uji test between-subject effects. Uji menyatakan tingkat
signifikansi variabel keterampilan berpikir kritis sebesar 0,023 dan sikap
peduli lingkungan mencapai tingkat signifikansi 0,008. Hal ini menyatakan
bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli
lingkungan pada kelas yang menggunakan komik dengan yang tidak,
sehingga media juga efektif untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap
peduli lingkungan.Anisyah Indriastuti