Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:45:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-02-20T07:02:10Z2022-11-01T07:55:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62800This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/628002019-02-20T07:02:10ZPengembangan Instrumen Need Assessment Topik Bimbingan Klasikal Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling Sosial Bagi Siswa di SMP Negeri 1 Yogyakarta.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen need assessment topik
bimbingan klasikal bidang layanan bimbingan dan konseling sosial bagi siswa di SMP N 1
Yogyakarta.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengikuti model Saifuddin Azwar.
Metode pengumpulan data melalui angket penilaian terhadap instrumen need assessment.
Validitas tampang dilakukan secara kuantitatif dan secara kualitatif dengan penilaian dari 2
orang ahli dan 3 orang praktisi serta fokus grup diskusi (FGD). Analisis validitas isi
menggunakan rumus aiken, analisis validitas konstruk menggunakan exploratory factor
analysis (EFA) dan analisis reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dengan
bantuan SPPS versi 20 for windows.
Hasil penelitian pengembangan ini adalah instrumen need assessment topik
bimbingan klasikal bidang layanan bimbingan dan konseling sosial bagi siswa di SMP N 1
Yogyakarta memiliki validitas tampang 0.79 dengan kriteria baik. Validitas isi diperoleh
0.85 dan reliabilitas 0.98 serta terdapat beberapa pengelompokan item pada indikator baru
hasil analisis faktor eksploratori. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen
need assessment topik bimbingan klasikal bidang layanan bimbingan dan konseling sosial
bagi siswa layak digunakan.Nindya Ayu Pristanti2018-01-11T07:07:21Z2022-11-01T07:26:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54927This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/549272018-01-11T07:07:21ZDeveloping Online Career Job Dictionary as Media Improving Career Exploration of Junior High School Students in Klaten District.This research aimed to: (1) produce an appropriate online career dictionary for junior high school students, and (2) to know the effectiveness of the dictionary of online career position in junior high school students.
The type of research used was research and development (R & D). This research development procedure referred to the Borg & Gall procedure (1983). The research instrument used consisted of expert validation sheets, teacher response sheets, field test sheets and career exploration scale sheets. Research subjects on field trial amounted to 45 students, and the subject of effectiveness test amounted to 108 students. Data analysis technique used was quantitative descriptive analysis technique.
This research produced: (1) a dictionary of online validation career title and suitable for junior high school student. Evident was from the test results of media experts who scored 51.00 (good category). Test results were 159.00 by material experts (very good). Teacher’s response was 103.33 (excellent), initial field test (46.26) (excellent) and main field test 46.56 (very good). (2) The online career dictionary was effective to increase student’s career exploration. It was proved by the t-test result with the posttest scores of the experimental group 148.370> 138.092 control groups with a mean range of 10.277.Mint Husen Raya Aditama2017-11-16T05:12:23Z2022-11-01T07:31:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53982This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/539822017-11-16T05:12:23ZTingkat Efikasi Diri Siswa Ditinjau Dari Program Studi Keahlian dan Jenis Kelamin Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman YogyakartaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri siswa secara keseluruhan. Aspek efikasi diri serta ditinjau dari program studi keahlian dan jenis kelamin pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 140 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri siswa program studi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) lebih tinggi dari program studi keahlian Multimedia. Tingkat efikasi diri siswa ditinjau dari jenis kelamin laki- laki lebih tinggi dari siswa perempuanKamaruddin Kamaruddin2017-11-09T03:22:42Z2022-11-01T07:34:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53871This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/538712017-11-09T03:22:42ZEfektivitas Konseling Individual Rational Emotive Behavior terhadap Self-esteem Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling individual rational emotive behavior terhadap self-esteem mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY.
Penelitian ini termasuk pendeketan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dan desain penelitiannya adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu 5 mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY yang memiliki tingkat self-esteem rendah dan sedang serta bersedia mengikuti konseling. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Skala terdiri dari skala self-esteem dan skala keyakinan irasional. Teknik analisis data statistik menggunakan Wilcoxon matched-pairs signed rank test untuk membandingkan antara skor pre-test dan post-test dari skala self-esteem dan skala keyakinan irasional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individual rational emotive behavior efektif terhadap self-esteem mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian diperoleh nilai probabilitas (p) = 0.042 lebih kecil dari α = 0.05 (0.042 < 0.05), maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan pada subjek terkait tingkat self-esteem sebelum dan sesudah konseling. Jadi, konseling individual rational emotive behavior efektif terhadap self-esteem mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY.Mitha Kurniasari2017-10-19T03:58:15Z2022-11-01T07:58:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53417This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/534172017-10-19T03:58:15ZHubungan Antara Persepsi terhadap Layanan Bimbingan Belajar, Minat Belajar, Manajemen Diri dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Negeri 10 YogyakartaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dengan kemandirian belajar, (2) hubungan antara minat belajar dengan kemandirian belajar, (3) hubungan antara manajemen diri dengan kemandirian belajar, (4) hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dan minat belajar dengan kemandirian belajar, (5) hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dan manajemen diri dengan kemandirian belajar, (6) hubungan antara minat belajar dan manajemen diri dengan kemandirian belajar, (7) hubungan antara persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, minat belajar, manajemen diri dengan kemandirian belajar, dan (8) sumbangan persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, minat belajar, manajemen diri terhadap kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri 10 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dan expose facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 10 Yogyakarta yang berjumlah 507 orang. Sampel sejumlah 253 peserta didik ditentukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Variabel yang diteliti yaitu persepsi terhadap layanan bimbingan belajar (X1), minat belajar (X2), manajemen diri (X3), dan kemandirian belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan skala (inventori), alatnya berupa skala persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, skala minat belajar, skala manajemen diri dan skala kemandirian belajar. Uji validitas dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 22 for windows. Uji reliabilitas dengan menggunakan teknik cronbach’s alpha, diperoleh p = 0,743 untuk variabel persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, p = 0,740 untuk variabel minat belajar, p = 0,740 untuk variabel manajemen diri, dan p = 0,744 untuk variabel kemandirian belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial dengan program SPSS 22 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara : (1) persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dengan kemandirian belajar sebesar 0,873, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (2) minat belajar dengan kemandirian belajar sebesar 0,327, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (3) manajemen diri dengan kemandirian belajar sebesar 0,864, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (4) persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dan minat belajar dengan kemandirian belajar sebesar 0,877, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (5) persepsi terhadap layanan bimbingan belajar dan manajemen diri dengan kemandirian belajar sebesar 0,926, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (6) minat belajar dan manajemen diri dengan kemandirian belajar sebesar 0,871, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); (7) persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, minat belajar, manajemen diri dengan kemandirian belajar sebesar 0,928, angka probabilitas Ts 5% yaitu 0,000 (p<0,05); dan (8) sumbangan persepsi terhadap layanan bimbingan belajar, minat belajar, manajemen diri terhadap kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri 10 Yogyakarta sebesar 86,1%.Ari Andika Saputra2017-10-17T03:50:34Z2022-11-01T07:35:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53355This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/533552017-10-17T03:50:34ZPengembangan Layanan Informasi Karier Berbasis Media Blog untuk Meningkatkan Eksplorasi Karier Siswa di SMP Kota MagelangPenelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan informasi karier berbasis media blog yang layak sebagai layanan untuk digunakan siswa di SMP Kota Magelang, dan (2) mengetahui efektifitas layanan informasi karier berbasis media blog untuk meningkatkan eksplorasi karier siswa di SMP Kota Magelang.
Pendekatan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan penelitian mengacu pada prosedur Borg & Gall. Teknik sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Subjek penelitian yaitu, 28 siswa kelas VIII G di SMP Negeri 8 Magelang dan 21 siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah Magelang. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi uji ahli materi; lembar evaluasi uji ahli media, kelompok kecil, dan kelompok besar; serta skala eksplorasi karier. Analisis data uji coba skala eksplorasi karier dengan taraf signifikan 5% dengan subjek uji 31 responden diketahui logical validity 0.355 dan reliabilitas 0.960.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) informasi karier berbasis media blog layak menjadi layanan untuk digunakan siswa di SMP Kota Magelang dan (2) layanan informasi karier berbasis media blog layak untuk meningkatkan eksplorasi karier siswa SMP di Kota Magelang. Berdasarkan hasil uji normalitas pre test dan post test, nilai probabilitas pre test dan post test lebih besar dari taraf signifikan 5% (pre test 0.297 > 0.05 dan post test 0.361 > 0.05) maka data dikatakan berdistribusi normal, sedangkan hasil uji t diketahui taraf signifikan pre test dan post test lebih kecil dari taraf signifikan 5% (0.000 ≤ 0.05)Ari Murdiyanto2017-08-09T02:00:21Z2022-11-01T08:01:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51725This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/517252017-08-09T02:00:21ZPengaruh Konformitas Terhadap Teman Sebaya, Keterampilan Sosial, Persepsi Sinetron Anak Jalanan terhadap Perilaku Agresif Siswa di SMK Muhamamdiyah 1 Salam Magelang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh konformitas terhadap teman terhadap sebaya terhadap perilaku agresif siswa; (2) pengaruh keterampilan sosial terhadap perilaku agresif siswa; (3) pengaruh persepsi terhadap Sinetron Anak Jalanan terhadap perilaku agresif siswa dan (4) pengaruh konformitas terhadap teman sebaya, keterampilan sosial dan persepsi terhadap Sinetron Anak Jalanan secara bersama-sama terhadap perilaku agresif siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah 715 siswa SMK Muhammadiyah 1 Salam. Penentuan jumlah sampel menggunakan nomogram Harry King dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 240 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional stratifield random Sampling. Instrument pengumpul data berupa skala dengan jawaban berskala 1-4 yang terdiri dari 85 aitem pernyataan. Validitas instrument meliputi validitas isi (expert judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment correlation. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara konformitas terhadap teman sebaya terhadap perilaku agresif siswa sebesar 47.6% (2) terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara keterampilan sosial terhadap perilaku agresif siswa sebesar 51.4%; (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara persepsi terhadap Sinetron Anak Jalanan terhadap perilaku agresif siswa sebesar 21.4% dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara konformitas terhadap teman sebaya, keterampilan sosial dan persepsi terhadap Sinetron Anak Jalanan terhadap perilaku agresif siswa sebesar 63.4%, dengan persamaan regresi linier berganda yaitu Ỹ=66.473+1.032 X1+(-0.476 X2)+0.311 X3. Hasil analisis regresi secara parsial maupun secara bersama-sama menunjukkan bahwa semakin tinggi konformitas terhadap teman sebaya, semakin rendah rendah keterampilan sosial dan semakin positif persepsi terhadap sinetron Anak Jalanan maka semakin tinggi perilaku agresif siswa.Ali Susanto2017-07-13T04:51:00Z2022-11-01T07:34:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50741This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/507412017-07-13T04:51:00ZPengembangan Program Bimbingan dan Konseling Belajar Berbasis Social and Emotional Learning (SEL) di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta.Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL) di Sekolah Menengah Atas, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan ini mengacu pada prosedur Borg and Gall. Dua kelompok subyek validasi program dalam penelitian dan pengembangan ini adalah dua validator ahli yang berkompeten dalam program bimbingan dan konseling belajar, serta kelompok guru bimbingan dan konseling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner validasi ahli, kuesioner validasi praktisi, dan pedoman focus group discussion (FGD). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kategorisasi.
Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL) di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta. Sistematika program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL) terdiri dari : (1) rasional, (2) dasar hukum, (3) visi dan misi, (4) deskripsi kebutuhan, (5) tujuan, (6) komponen program, (7) bidang layanan, (8) rencana operasional, (9) pengembangan tema dan topik, (10) sarana dan prasarana, (11) evaluasi dan pelaporan, dan (12) anggaran biaya. Bukti kelayakan program bimbingan dan konseling belajar berbasis social and emotional learning (SEL) di SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta didasarkan pada hasil uji validasi ahli diperoleh skor 91,50 (kategori baik) dan hasil uji praktisi diperoleh skor 83,05 (kategori baik).Luky Kurniawan2017-07-13T04:18:14Z2022-11-01T07:30:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50739This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/507392017-07-13T04:18:14ZEfektivitas Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa SMK N 1 Klaten.Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode mind mapping untuk
meningkatkan kemampuan perencanaan karier Siswa SMK N 1 Klaten.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah control group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMK N 1 Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini kelompok eksperimen diberikan metode mind mapping sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah. Pengumpulan data menggunakan skala kemampuan perencanaan karier untuk mengukur tingkat kemampuan perencanaan karier siswa. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Data diolah menggunakan analisis two way annova pada (p) = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa SMK N 1 Klaten lebih efektif jika dibandingkan dengan metode ceramah. Hal ini di tunjukkan dengan nilai sig. (p) sebesar 0,001 lebih kecil 0,05 ( 0,001 < 0,05 ). Selisih rata-rata skor pretest-postest kelompok eksperimen 25,6 lebih besar daripada selisih skor kelompok kontrol yaitu
2,7 (25,6 > 2,7). Rata-rata gain score kelompok eksperimen sebesar 0,30. Skor tersebut tergolong dalam kategori sedang, sedangkan rata-rata gain score kelompok kontrol sebesar 0,03 tergolong dalam kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa SMK N 1 Klaten. Peningkatan tersebut terjadi pada indikator informasi tentang diri sendiri, informasi tentang keadaan keluarga dan informasi tentang lingkungan hidup yang relevan bagi perencanaan karierAbdul Hadi2017-07-05T08:18:55Z2022-11-01T07:27:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50422This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/504222017-07-05T08:18:55ZImproving the Social Skills through Sociodrama Techniques of Grade VIII F Students of Mts Sunan Pandanaran.This study aims to improve the social skill of grade VIII F students of MTs
Sunan Pandanaran through sociodrama techniques.
This study was classroom action research carried out in three cycles using Kemmis and Taggart model. Each cycle consisted of four stages, namely planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were 30 grade VIII F students of MTs Sunan Pandanaran. The type of the action taken was sociodramas techniques that include games, sociodramas implementation, discussions.. The data collection method used was the scale and observation. The instrument used in this study was the scale of social skills and observation guides. The analysis of the data used in this research was the analysis of quantitative descriptive.
The results show that the technique sociodramas which includes games, sociodramas implementation, discussions can improve the social skills of grade VIII F students of MTs Sunan Pandanaran. The pre-actions performed by distributing scales shows social skill of the students is still low. In the first cycle consisting of three actions, only 13% of students have a high social skill. In the second cycle consisting of three actions the result, increased to 43% of students that have high social skill. In the third cycle consisting of three actions, 80% of the students have high social skills and have reached the target. These results are strengthened by the observation of subjects showing the increased social skills of pre-actions indicating the students are able to express opinions, can manage emotions well, are able get along well with all their friends, and can behave assertively.Eka Aryani