Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:26:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2023-09-21T01:54:09Z2023-09-21T01:54:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68139This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/681392023-09-21T01:54:09ZPENGARUH PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) DI SMK N 1 PAJANGANPenelitian ini untuk mengetahui pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 1 Pajangan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 1 Pajangan yang telah melaksanakan praktik industri sebanyak 50 siswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan menggunakan tabel Krejcie dan Morgan sebanyak 44 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dengan sistem penskoran rating scale. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan pendapat dari ahli (expert judgement) dan analisis butir instrument menggunakan korelasi Product Moment (Pearson). Uji reliabilitas instrumen penelitian ditentukan dengan nilai alpha cronbach dengan bantuan aplikasi SPSS v.25,0. Data hasil dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dengan regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengalaman praktik industri yang diperoleh siswa kelas XII SMK N 1 Pajangan dalam kategori “baik”, dengan rerata skor sebesar 78,78 dalam skala 100. (2) Kesiapan kerja siswa kelas XII SMK N 1 Pajangan dalam kategori baik dengan rerata 78 dalam skala 100, (3) pengalaman praktik industri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, dengan kontribusi sebesar 17,3%.
Kata kunci: Praktik Industri dan Kesiapan Kerja.Dwijayanto Budi Prabowodwijayanto.budi2016@student.uny.ac.id2020-02-14T02:48:30Z2020-02-14T02:48:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67543This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/675432020-02-14T02:48:30ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI
ANDROID DENGAN AUGMENTED REALITY UNTUK MATA PELAJARAN
GAMBAR TEKNIK KELAS X KONTRUKSI GEDUNG, SANITASI DAN
PERAWATAN DI SMK NEGERI 1 SEYEGANPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran
berbasis aplikasi android dengan augmented reality pada mata pelajaran Gambar
Teknik dengan model Waterfall dan (2) mengetahui kelayakan media ditinjau dari
aspek materi dan aspek media menurut ISO 25010 (functional suitability,
compatibility, usability dan performance effiency).
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D)
dengan menggunakan model pengembangan Linear sequential model atau yang
biasa disebut Waterfall Model. Model Waterfall melalui tahapan analisis, desain,
pengodean, dan pengujian.
Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Tahap analisis didapat permasalahan
siswa menggunakan smartphone saat pembelajaran, media kurang variasi dan
metode guru mengajar masih konvensional. Software yang digunakan adalah Unity
3D, Corel Draw X8, dan Adobe Photoshop CS6. Spesifikasi minimum smartphone
yang dibutuhkan android versi 4.0 Jellybean, RAM 768 MB dan kamera 5 MP. (2)
Tahap desain dihasilkan rancangan Unified Modeling Language (UML), dan desain
antarmuka (user interface). (3) Tahap pengodean dihasilkan aplikasi android,
implementasi dari desain Unified Modeling Language (UML) dan desain antarmuka
(user interface). (4) Tahap pengujian yakni uji materi dan uji media menurut ISO
25010. Hasil uji materi oleh ahli materi dari aspek kualitas isi dan tujuan serta
aspek kualitas pembelajaran memperoleh total skor 89 dengan nilai presentase
92,7% kategori sangat Layak. Pengujian aspek functional suitability oleh ahli media
memperoleh nilai presentase 100% berada pada kategori sangat layak. Aspek
compatibility sub kategori co-existence dan hasil uji pada berbagai tipe perangkat
masing-masing memperoleh skor 100% dengan kategori sangat layak. Pengujian
aspek usability memperoleh skor 79,8 dengan kategori baik. Pada aspek
performance efficiency memperoleh hasil memenuhi standar dan berada pada
performance efficiency yang baik.Galuh Kemuning Putaloka2020-02-13T03:17:00Z2020-02-13T03:17:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67532This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/675322020-02-13T03:17:00ZPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PENGGUNAAN PESAWAT PENYIPAT DATAR CARA SIPAT DATAR MEMANJANG KELAS X DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASITujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis video demonstrasi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang telah tervalidasi.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Subjek penelitian guru mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah kelas X Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuesioner. Validasi angket uji coba kelayakan dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran.
Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran disimpulkan sebagai berikut. (1) Telah dilaksanakan tahap pendefinisian yang terdiri dari analisis kebutuhan awal, analisis siswa, analisis konsep dan analisis tujuan pembelajaran. (2) Dalam tahap perancangan didapatkan hasil konsep media yang akan dikembangkan, storyboard, layout media dan skenario pembelajaran. (3) Dalam tahap pengembangan dilakukan pembuatan media pembelajaran, validasi dan revisi pertama, uji coba produk dan revisi kedua. Berdasarkan validasi ahli materi, video pembelajaran masuk kategori layak dengan jumlah skor total 44, berdasarkan validasi ahli media, video pembelajaran masuk kategori layak dengan jumlah skor total 63. Sedangkan penilaian oleh 4 responden guru mendapatkan kategori rata-rata layak digunakan untuk pembelajaran dikelas dengan skor total rata-rata 60. (4) Dilakukan penyebaran video dengan mengirimkan file video pembelajaran menggunakan flashdisk kepada guru mata pelajaran serta dapat diunggah di Youtube pada channel Faustina Dea.Dea Atika Faustina2020-02-13T02:00:42Z2020-02-13T02:00:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67527This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/675272020-02-13T02:00:42ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL GEOREFERENSI CITRA MENGGUNAKAN ArcGIS 10.3 PADA MATA KULIAH GEOMATIKA II DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTATujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran video tutorial pada mata kuliah geomatika II materi aplikasi ArcGIS, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, (3) mengetahui ketuntasan hasil belajar mahasiswa pada materi georeferensi citra, dan (4) mengetahui apakah produk yang dihasilkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (penelitian dan pengembangan). Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan, merancang, membuat media pembelajaran video tutorial, setelah itu diterapkan kemudian dilakukan tes hasil belajar. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal tes. Angket digunakan pada validasi ahli dan penilaian minat belajar siswa, sedangkan soal tes digunakan pada penilaian hasil belajar siswa.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) media video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran di Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNY. (2) video dibuat dengan kombinasi gambar gerak, teks informatif, penggunaan alat dan audio. (3) persentase kelayakan media berdasarkan ahli materi sebesar 92,75%, termasuk kategori “sangat layak” untuk digunakan. (4) persentase kelayakan media berdasarkan ahli media sebesar 93,75%, termasuk kategori “sangat layak” untuk digunakan. (5) persentase kelayakan pengguna (mahasiswa) sebesar 78,75%, termasuk kategori “layak” untuk digunakan.Nanda Ayu Agustina2020-02-13T01:50:52Z2020-02-13T01:50:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67526This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/675262020-02-13T01:50:52ZPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN OPENSTREETMAP
UNTUK PEMBUATAN PETA DIGITAL FORMAT SHAPEFILE
MENGGUNAKAN GEOFABRIKTujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran
OpenStreetMap untuk pembuatan peta digital format shapefile menggunakan
Geofabrik pada mata kuliah Praktikum Geomatika II.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau research and
development (R&D) yang mengacu pada model 4D (four-D) oleh Thiagarajan.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Sedangkan analisis data
dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini ditinjau pada masing-masing tahapan pengembangan
model 4D antara lain: (1) Tahap define menghasilkan kebutuhan penjelasan
OpenStreetMap untuk pembuatan peta digital format shapefile menggunakan
Geofabrik. Kebutuhan tersebut menjadi substansi dalam produk video
pembelajaran yang dikembangkan. (2) Tahap design menghasilkan konsep media
yang dikembangkan, materi yang sesuai, storyboard dan narasi materi, layout
media pembelajaran, penyusunan video secara sistematis dan tata letak gambar
yang disisipkan dalam video, skenario pembelajaran, serta media yang dihasilkan
berupa video pembelajaran dengan teknik screen capturing berformat *.mp4 yang
berdurasi 17 menit 11 detik dan ukuran file sebesar 497 MB. (3) Tahap development
menghasilkan penilaian tingkat kelayakan produk media pembelajaran yang
dikembangkan. Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh hasil sebesar 96,97%
dengan kategori sangat layak, dari ahli media diperoleh hasil sebesar 87,81%
dengan kategori sangat layak serta berdasarkan penilaian pengguna diperoleh hasil
88,51% dengan kategori sangat layak. (4) Tahap disseminate dilakukan dengan
penyebarluasan produk video pembelajaran melalui kanal YouTube pembuat video
pembelajaran serta penyerahan produk video pembelajaran tersebut kepada dosen
pengampu mata kuliah Praktikum Geomatika II di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil
dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.Hanif Muhasan2020-02-12T06:36:09Z2020-02-12T06:36:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67500This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/675002020-02-12T06:36:09ZPENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN KOSNTRUKSI BANGUNAN
GEDUNG PADA KOMPETENSI KEAHLIAN KONSTRUKSI GEDUNG,
SANITASI, DAN PERAWATAN DI SMKN 1 SEYEGAN.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan
media pembelajaran dan menghasilkan modul pada mata pelajaran Kontruksi
Bangunan Gedung mata pelajaran Kontruksi Bangunan Gedung; dan (2)
mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian media
dan ahli materi konstruksi bangunan gedung.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) . Desain yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4D
dengan tahapan yaitu: (1) pendefisian (define ); (2) perancangan (design ); (3)
pengembangan (develop ); (4) penyebaran (disseminate ). Teknik pengumpulan
data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket, sedangkan
teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini: (1) pengembangan define dengan hasil front analysis
belum tersedianya modul, learner analysis siswa belum mempunyai buku
pegangan, task analysis beberapa tugas menggambar dari pondasi hingga atap,
concept analysis mengidentifikasikan konsep belajar sesuai KI-KD, specifying
instructional objejectives merumusan tujuan pembelajaran. Design dihasilkan
rancangan modul terdiri 8 kegiatan pembelajaran. Media dicetak menggunakan
HVS 80 gr ukuran A4. Diketik dengan huruf times new roman berukuran 12
spasi 1,5 pt. Develop berupa uji kelayakan dengan ahli materi dan ahli media.
Disseminate , disebar luaskan ke guru dalam bentuk softfile dan hardfile .; dan
(2) hasil pengujian kelayakan pengembangan modul oleh ahli materi
mendapatkan skor 87,14% dengan kategori “Sangat Layak” dan untuk
kelayakan pengembangan modul oleh ahli media mendapatkan skor 79,14%
dengan kategori “Layak”.Fayqotul Himmah2020-02-12T06:30:17Z2020-02-12T06:30:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67499This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/674992020-02-12T06:30:17ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID
UNTUK MATERI KONSOLIDASI TANAH PADAMATA KULIAH
MEKANIKA TANAH IIPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran aplikasi
smartphone Android dengan materi konsolidasi tanah pada mata kuliah Mekanika
Tanah II.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and
development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah
ADDIE dengan tahapan: (1) analysis (analisis); (2) design (desain); (3)
development (pengembangan); (4) implementation (penerapan); (5) evaluation
(evaluasi). Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, sedangkan
teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini: (1) pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan
yang meliputi a) analisis media pembelajaran yaitu, dosen mata kuliah Mekanika
Tanah II JPTSP FT UNY masih menggunakan media pembelajaran berupa buku
dan Ms. PowerPoint dalam penyampaian materinya; b) analisis materi yaitu, mata
kuliah Mekanika Tanah II JPTSP FT UNY membahas materi konsolidasi tanah
(konsolidasi & koefisien konsolidasi, penurunan konsolidasi, vertical
drain/drainasi vertikal, dan preloading/prapembebanan); (2) pada tahap
design/desain, dilakukan kegiatan merancang storyboard dan flowchart media
pembelajaran yang akan dibuat. Kemudian dibuatlah prototype dari hasil
rancangan storyboard dan flowchart; (3) pada tahap development/pengembangan
dilakukan uji kelayakan oleh para ahli dengan rincian sebagai berikut: (1) hasil
pengujian validasi oleh ahli media didapatkan skor 73,75% dengan kategori
“layak”; (2) hasil pengujian validasi oleh ahli materi didapatkan skor 86,11%
dengan kategori “sangat layak”.Brilyan Kuncoro Jati2020-02-11T02:44:07Z2020-02-11T02:44:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67452This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/674522020-02-11T02:44:07ZPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN OPENSTREETMAP UNTUK PEMBUATAN PETA DIGITAL FORMAT SHAPEFILE MENGGUNAKAN GLOBAL MAPPERTujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran
OpenStreetMap untuk pembuatan peta digital format shapefile menggunakan
Global Mapper. Pengembangan video pembelajaran OpenStreetMap ini juga
dimaksudkan untuk menyediakan media pembelajaran pada kompetensi
pembuatan peta digital mata kuliah Praktikum Geomatika II di JPTSP FT UNY.
Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan model penelitian 4D (Define, Design, Development
and Disseminate). Pengumpulan data menggunakan kuisioner didukung dengan
kegiatan observasi. Kuisioner diberikan kepada ahli materi, ahli media dan
pengguna (mahasiswa). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah pengembangan media video OpenStreetMap
dengan model 4D. (1) Hasil define adalah latar belakang penelitian yaitu
dibutuhkannya media pembelajaran bagi mahasiswa semester empat JPTSP FT
UNY untuk mencapai kompetensi pembuatan peta digital pada mata kuliah
Praktikum Geomatika II. (2) Hasil design berupa media video berformat .mp4
yang terdiri dari video animasi dan tutorial. (3) Hasil development adalah
penilaian pada media video OpenStreetMap dinyatakan bahwa media ‘layak’
digunakan dengan skor 3,38 oleh ahli materi pembelajaran, 3,74 oleh ahli media
pembelajaran dan 3,57 oleh pengguna. (4) Hasil disseminate adalah
penyebarluasan video OpenStreetMap ini dengan cara mengunggah pada laman
YouTube dan Google Drive serta memberikan file kepada dosen maupun
mahasiswa yang membutuhkan.Rosa Dwi Putri2020-02-11T02:31:46Z2020-02-11T02:31:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67450This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/674502020-02-11T02:31:46ZPERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PLT JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN DI SMK NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2018/2019Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa mengenai
keterampilan mengajar mahasiswa PLT Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
di SMK Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2018/2019.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan teknik bangunan
SMK N 1 Magelang sebanyak 191 orang. Sampel diambil sebanyak 130 orang
dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengambilan sampel di lapangan menggunakan
teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode dokumentasi dan kuesioner (angket). Analisis data menggunakan statistik
deksriptif dan pengkategorian berdasarkan mean ideal dan standar deviasi ideal
yang diperoleh. Data disajikan.dalam bentuk tabel dan pie chart.
Hasil penelitian menunjukkan secara umum bahwa persepsi siswa
terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PLT dalam kategori baik dengan 60%
siswa menyatakan baik. Persepsi siswa mengenai tiap sub variabel keterampilan
mengajar yaitu: (1) keterampilan membuka pelajaran masuk kategori sangat baik
dengan persentase 50,77% (2) keterampilan menjelaskan masuk kategori sangat
baik dengan persentase 51,54% (3) keterampilan memberikan penguatan masuk
kategori baik dengan persentase 53,85% (4) keterampilan menggunakan media
dan alat pembelajaran masuk kategori sangat baik dengan persentase 51,54% (5)
keterampilan menyusun skenario pembelajaran masuk kategori baik dengan
persentase 52,31% (6) keterampilan mengadakan variasi masuk kategori sangat
baik dengan persentase 50,77% (7) keterampilan membimbing diskusi masuk
kategori baik dengan persentase 52,31% (8) keterampilan mengelola kelas masuk
kategori baik dengan persentase 50% (9) keterampilan bertanya masuk kategori
baik dengan persentase 51,54% (10) keterampilan mengevaluasi masuk kategori
baik dengan persentase 51,54% (11) keterampilan menutup pelajaran masuk
kategori sangat baik dengan persentase 48,46%.Beny Rizki Praseptiyono2020-02-06T04:30:55Z2020-02-06T04:30:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67427This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/674272020-02-06T04:30:55ZEVALUASI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) SMK NEGERI 2 SALATIGA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYUPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa SMK Negeri 2 Salatiga Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menerapkan evaluasi program (input, proses dan output). Sumber data pada penelitian ini merupakan siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu sebanyak 35 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dengan sistem penskoran menggunakan skala Likert. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan pendapat para ahli (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen ditentukan dengan nilai alpha cronbach dengan software SPSS v.22. Data penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif.
Hasil penelitian evaluasi ini adalah sebagai berikut: (1) tingkat ketercapaian perencanaan PKL SMK Negeri 2 Salatiga Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu termasuk dalam kategori “terlaksana dengan baik” dengan tingkat pencapaian sebesar 68,84%, (2) tingkat ketercapaian pelaksanaan PKL SMK Negeri 2 Salatiga Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu termasuk dalam kategori “terlaksana dengan baik” dengan tingkat pencapaian sebesar 65,58%, (3) tingkat ketercapaian penilaian PKL SMK Negeri 2 Salatiga Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu termasuk dalam kategori “terlaksana dengan baik” dengan tingkat pencapaian sebesar 64,05%.Rizky Kurniawati2020-01-30T08:03:48Z2020-01-30T08:03:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67337This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/673372020-01-30T08:03:48ZPENGEMBANGAN MODUL UTILITAS BANGUNAN DAN PEKERJAAN
PLAMBING PADA MATA PELAJARAN SISTEM UTILITAS BANGUNAN
GEDUNG DI SMK NEGERI 2 PENGASIHPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk:
(1) menghasilkan modul Utilitas Bangunan dan Pekerjaan Plambing pada
kompetensi keahlian konstruksi, gedung, sanitasi dan perawatan di SMK Negeri 2
Pengasih, (2) mengetahui hasil kelayakan yang diperoleh dari pengujian validasi
modul oleh ahli materi, ahli media dan pengguna modul.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Design
and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (four-D)
Thiagarajan, meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Instrumen
yang digunakan berupa lembar penilaian dengan empat rating scale yang
divalidasi oleh dosen sesuai keahlian. Lembar penilaian digunakan untuk menguji
kelayakan modul melalui validasi ahli materi, ahli media, dan guru selaku calon
pengguna.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) pengembangan modul dengan model 4D
pada tahap define modul terdiri dari 8 KD dan menghasilkan 5 Kegiatan Belajar
materi pelajaran, pada tahap design menyusun modul sesuai dengan kompetensi
dan tujuan pembelajaran yang telah dibuat, pada tahap develop ahli materi perlu
revisi format penyusunan dan gambar pada materi modul, sedangkan ahli media
perlu revisi cover modul, dan pada tahap disseminate penyebaran modul hanya
kepada guru mata pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung, (2) penilaian
validasi modul Utilitas Bangunan dan Pekerjaan Plambing di SMK Negeri 2
Pengasih, berdasarkan pengujian validasi materi mendapat skor 3,18 dengan
predikat “layak”. Hasil pengujian validasi media mendapat skor 3,28 dengan
predikat “sangat layak”. Hasil dari pengujian validasi oleh guru mata pelajaran
Sistem Utilitas Bangunan Gedung aspek materi mendapat skor 3,06 dengan
predikat “layak”, sedangkan aspek media mendapat skor 3,15 dengan predikat
“layak”.Ega Payoga2020-01-28T06:31:56Z2020-01-28T06:31:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67276This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/672762020-01-28T06:31:56ZPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PENGUJIAN MARSHALL BAGI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATANTujuan penelitian ini untuk membuat pengembangan media pembelajaran untuk praktik pengujian Marshall pada mata kuliah Konstruksi Jalan dan Jembatan dengan menggunakan video pembelajaran.
Pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah Praktikum Jalan dan Jembatan di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran untuk mata kuliah Praktikum Konstruksi Jalan dan Jembatan dengan durasi video 15 menit. Penelitian ini menggunakan metode four-D (4D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yang meliputi empat tahapan pengembangan, yaitu: pendefinisan define, perencanaan design, pengembangan develop dan penyebaran disseminate.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) telah mengembangkan konsep video pembelajaran untuk mahasiswa dengan materi pengujian Marshall; (2) telah mengembangkan rancangan video pembelajaran pengujian Marshall yang mempunyai 5 topik materi dengan format mp4; (3) berdasarkan penilaian ahli materi termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 95,9%; berdasarkan penilaian ahli media termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 84,9%; berdasarkan penilaian kelayakan video pembelajaran oleh mahasiswa termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 83%; (4) penyebarluasan dilakukan dengan 2 cara yaitu secara offline (CD/DVD) dan online (Youtube).Anwar Ghozali2020-01-28T02:14:34Z2020-01-28T02:14:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67252This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/672522020-01-28T02:14:34ZPENGEMBANGAN MODUL AUTOCAD UNTUK MATA PELAJARAN
APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN INTERIOR GEDUNG SISWA KELAS
XI PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI
BANGUNAN SMK NEGERI 2 KLATENPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran AutoCAD
Mata Pelajran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Program
Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK N 2 Klaten.
Jenis penelitian ini D &D menggunakan metode penelitian pengembangan model
4D (four-D) Thiagarajan, meliputi tahapan define (pendefisian), design (perancangan),
develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan
berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan modul melalui validasi ahli
materi dan ahli media. Penilaian modul juga dilakukan oleh guru mata pelajaran APLPIG
selaku calon pengguna.
Penelitian ini menghasilkan sebagai berikut. (1) Tahap pemgembangan define
dengan hasil front analysis belum tersediannya modul,leaner analysis siswa belum
mempunyai buku pegangan, task analysis beberapa tugas menggunakan Aplikasi
perangkat lunak, concept analysis penyajian materi sesuai KI-KD, specifying
instructional objejectives merumusan tujuan pembelajaran, (2) Design dihasilkan
rancangan modul AutoCAD mata pelajaran APL-PIG mengacu pada kurikulum 2013
revisi yang teridiri dari 6 KD dengan menghasilkan 6 Kegiatan Pembelajaran,
(3).Development berupa saran dan validasi dari ahli materi dengan saran terkait standar
penggunaan modul dan notasi pada gambar, ahli media dengan saran terkait gambar yang
harus diperjelas dan format penulisan modul dan guru dengan tidak ada saran karna
modul dianggap sudah lengkap, Hasil pengujian kelayakan modul oleh ahli materi
mendapat skor 3,8 dengan predikat sangat layak, hasil pengujian kelayakan oleh ahli
media mendapat skor 3,76 dengan predikat sangat layak dan hasil dari penilaian guru
mata pelajaran APL-PIG dalam aspek materi mendapat skor 3,8 dengan predikat sangat
layak, (4) Disseminate diberikan kepada guru mata pelajaran.Siva Rara Savira2020-01-28T02:02:02Z2020-01-28T02:02:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67250This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/672502020-01-28T02:02:02ZPENGEMBANGAN MODUL MENGGAMBAR DETAIL PONDASI DAN
SLOOF PADA RUMAH TINGGAL 2 LANTAI MATA PELAJARAN
KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG SISWA KELAS XI DESAIN
PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB)
SMK NEGERI 2 DEPOKTujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran modul
menggambar detail pondasi dan sloof pada rumah tinggal 2 lantai mata pelajaran
Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas xi Desain Pemodelan dan Informasi
Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Depok.
Jenis penelitian ini Design and Development (D&D) dengan model 4D yaitu,
pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan
penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan
angket. Teknik analisis data dalam pengembangan ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian yaitu pengembangan modul: (1) define, dengan hasil front analysis belum
tersedianya modul, learn analysis siswa belum mempunyai buku pegangan, task analysis
beberapa tugas menggambar pondasi dan sloof, concept analysis penyajian teori sesuai
dengan KI-KD, specifying instructional objectives merumuskan tujuan pembelajaran; (2)
design, mendesain isi modul; (3) development, menguji kelayakan modul dari ahli materi,
ahli media dan guru mata pelajaran KUG. Adapun saran dari ahli materi yaitu
memperbaiki (SOP, menghilangkan teori trassram, dan menambahkan langkah-langkah
menggambar pondasi), ahli media yaitu (konsistensi notasi, font, dan menambahkan tugas
pada KB4) dan guru mata pelajaran KUG (menambahkan langkah-langkah menggambar
pondasi). Penilaian kelayakan modul berdasarkan analisis ahli materi mendapatkan skor
3,58 pada kategori “sangat layak”, ahli media mendapatkan skor 3,67 pada kategori
“sangat layak”, dan guru mata pelajaran KUG mendapatkan skor 3,58 pada kategori
“sangat layak”.; dan (4) disseminate, penyebaran produk kepada guru mata pelajaran
KUG SMK Negeri 2 Depok.Yeyen Yuristiary2020-01-27T06:32:26Z2020-01-27T06:32:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67237This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/672372020-01-27T06:32:26ZPENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN SISTEM UTILITAS
BANGUNAN GEDUNG KELAS XI SEMESTER 1 PROGRAM KEAHLIAN
KONSTRUKSI GEDUNG SANITASI DAN PERAWATAN
DI SMK N 1 SEYEGANPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran
Sistem Utilitas Bangunan Gedung Program Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan
Perawatan. (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian
validasi modul sebagai sumber belajar Sistem Utilitas Bangunan Gedung oleh ahli
media, ahli materi, dan guru mata pelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model
pengembangan 4-D model dengan empat tahapan pokok yaitu: (1) pendefinisian
(define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), (4) penyebaran
(disseminate). Dalam penelitian ini, peneliti melakukan semua tahap pengembangan
4D model kecuali pada tahap disseminate yang tidak melibatkan siswa. Jenis data
yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif serta teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu: (1) modul pembelajaran dalam
bentuk cetak yang didesain secara interaktif, mendetail dan mudah dipahami ini
berisikan halaman sampul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, materi yang
terdiri dari empat bab, kunci jawaban dan daftar pustaka, dengan ukuran kertas A4,
berat kertas 80 gram, jenis huruf Arial, font tulisan 12, spasi 1,5 dan margin atas 4
cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, (2) tingkat kelayakan modul yang divalidasi
oleh dosen PTSP UNY dan guru mata pelajaran Sistem Utilitas Bangunan Gedung
SMK N 1 Seyegan selaku ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian tingkat
kelayakan modul dari ahli materi I memperoleh tingkat kelayakan sebesar 4,32
(sangat layak) dan ahli materi II memperoleh tingkat kelayakan sebesar 4,64 (sangat
layak). Penilaian tingkat kelayakan oleh ahli media I sebesar 4.43 (sangat layak) dan
ahli media II sebesar 4,5 (sangat layak). Dari hasil tersebut modul dikategorikan
sangat layak digunakan untuk bahan pembelajaran peserta didik di SMKN 1 SeyeganDinda Widya Astuti2020-01-27T06:00:15Z2020-01-27T06:00:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67234This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/672342020-01-27T06:00:15ZPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI JALAN
DAN JEMBATAN 2 BAGI SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN
PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN
SMK NEGERI 1 PAJANGANPenelitian bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul Konstruksi Jalan dan
Jembatan 2 serta mengetahui proses pembuatan modul sebagai sumber belajar
peserta didik pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan SMK Negeri 1
Pajangan.
Penelitian dan pengembangan mengacu kepada model penelitian 4D meliputi
define, design, develop, disseminate. Data diperoleh melalui validasi ahli yang
dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan pendidik untuk mengetahui kelayakan
produk meliputi aspek isi materi, aspek pembelajaran, dan desain modul. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan cara mengolah data
kuantitatif yang kemudian ditafsirkan menjadi data kualitatif.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kurangnya media belajar di SMK
Negeri 1 Pajangan sehingga dibuat media modul dengan judul “Konstruksi Jalan
dan Jembatan 2” sebagai media belajar peserta didik yang sesuai dengan Kurikulum
2013 Revisi. Proses pembuatan modul disesuaikan dengan kompetensi dasar yang
harus dicapai peserta didik dengan materi yang sesuai dengan kaidah keteknikan
serta desain yang menarik dan nyaman untuk dipelajari. Hasil analisis data validasi
menunjukan bahwa hasil uji validasi ahli materi memperoleh nilai rerata sebesar
3,65 (skala 4) dengan kriteria “sangat layak”, hasil uji validasi ahli media
memperoleh nilai rerata sebesar 3,48 dengan kriteria “sangat layak”, dan hasil uji
validasi pendidik memperoleh nilai rerata sebesar 3,81 dengan kriteria “sangat
layak”. Berdasarkan keseluruhan hasil validasi menunjukan bahwa media modul
Konstruksi Jalan dan Jembatan sangat layak digunakan. Modul disebarluaskan
dengan cara diberikan kepada guru, peserta didik, dan diunggah pada Google Drive.Hendra Dewata2020-01-27T05:30:50Z2020-01-27T05:30:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67229This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/672292020-01-27T05:30:50ZPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONSTRUKSI DAN
UTILITAS GEDUNG BAGI SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN
PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 3
YOGYAKARTATujuan penelitian ini (1) Mengembangkan modul Kosntruksi dan Utilitas
Gedung kelas XI kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi
Bangunan semester ganjil dan genap di SMK Negeri 3 Yogyakarta. (2)
memperoleh hasil kelayakan modul pembelajaran yang telah dibuat sebagai bahan
ajara mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Negeri 3
Yogyakarta.
Jenis penelitian ini R&D metode 4D dengan tahap (1) define, (2) design,
(3) develop, dan (4) dissiminate. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan angket. Teknik analisis data dalam pengembangan ini
menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) Tahab pengembangan define
dengan hasil front analysis belum tersedianya modul, learner analysis siswa
belum mempunyai buku pegangan, task analysis beberapa tugas menggambar
dari pondasi hingga atap, concept analysis penyajian materi sesuai KI-KD,
specifying instructional objejectives merumusan tujuan pembelajaran. design
dihasilkan rancangan modul terdiri 6 kegiatan pembelajaran. Media dicetak
menggunakan HVS 80 gr ukuran A4. diketik dengan huruf arial berukuran 12
spasi 1,5 pt. Develop berupa saran dan validasi dari ahli materi, ahli media dan
guru.. Disseminate, diberikan kepada guru dan softfile. (2) Kelayakan modul
Berdasarkan hasil analisis dosen ahli materi mendapatkan skor 3,70, ahli media
mendapatkan skor 3,79, dan guru mendapatkan skor 3,61 dengan kategori “sangat
layak”.Iwan Iwan2020-01-16T03:31:02Z2020-01-16T03:31:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67138This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/671382020-01-16T03:31:02ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK BERBASIS KONTEKSTUAL DI SMK NEGERI 2 KLATENPenelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan tahapan pembuatan lembar kerja siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik berbasis kontekstual di SMK Negeri 2 Klaten, (2) Mengetahui tingkat kelayakan lembar kerja siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik berbasis kontekstual di SMK Negeri 2 Klaten berdasarkan persepsi ahli materi, ahli media, guru, dan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Thiagarajan yaitu 4D models. Terdapat empat tahapan, yaitu (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Penyebaran. Metode pengumpulan data menggunakan angket penilaian ahli dan analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Klaten pada Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan Kleas X.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Telah dikembangkan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada mata pelajaran Mekanika Teknik materi memahami dan menyusun gaya dalam struktur bangunan dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). (2) Kelayakan lembar kerja siswa berdasarkan hasil validasi dosen ahli media mendapat skor 77,63 dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi lembar kerja siswa berdasarkan dosen ahli materi mendapat skor 89 dengan kategori sangat layak. Adapun hasil validasi lembar kerja siswa oleh guru dari segi materi memberikan skor 81 dengan kategori sangat layak dan dari segi media guru memberikan skor 89,47 dengan kategori sangat layak. Sementara itu, penilaian lembar kerja siswa oleh peserta didik diperoleh skor 79,47 dengan kategori sangat layak.Anggit Nugroho Budi Utomo