Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:25:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-11-07T01:17:03Z2019-01-30T11:43:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43273This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/432732016-11-07T01:17:03ZPERSEPSI TENTANG KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DAN
PRESTASI MATA PELAJARAN K3 DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA
KELAS XII JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PENGASIHTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan antara
persepsi siswa tentang K3 dengan kesiapan kerja, (2) hubungan prestasi mata
pelajaran K3 dengan kesiapan kerja, (3) hubungan bersama-sama antara
persepsi siswa tentang K3 dan prestasi mata pelajaraan K3 dengan kesiapan
kerja, (4) besarnya sumbangan efektif dan sumbangan relatif persepsi tentang
K3 dan prestasi mata pelajaran K3 terhadap kesiapan kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost
facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Bangunan
SMK N 2 Pengasih yang berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 71
siswa ditentukan dengan tabel dari Isaac dan Michael, selanjutnya sampel
disetiap kelas ditentukan dengan teknik sampling proporsional. Teknik
pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi ganda.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara persepsi tentang K3 terhadap kesiapan kerja dengan Rx1y =
0,474; (p) 0,00 < 0,05 pesamaan garis regresinya Y = 27,41 + 0,432 X, (2) tidak
terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi mata pelajaran K3
terhadapkesiapan kerja dengan Rx2y = 0,009; (p) 0,939 >0,05 pesamaan garis
regresinya Y = 54,19 + 0,018 X, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara persepsi tentang K3 dan prestasi mata pelajaran K3 secara bersamasama
terhadap kesiapan kerja dengan Ry(1,2) = 0,475; (p) 0,00 <0,05 pesamaan
garis regresinya Y = 21,331 + 0,434 X1 + 0,075 X2, (4) besarnya sumbangan
efektif kedua variabel sebesar 22,55% dan sumbangan relatif untuk variabel
persepsi tentang K3 terhadap kesiapan kerja sebesar 99,80% dan prestasi mata
pelajaraan K3 sebesar 0,2%.
Kata kunci: persepsi, prestasi K3, dan kesiapan kerja.Astuti Yunita2016-11-07T01:13:36Z2019-01-30T11:43:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43270This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/432702016-11-07T01:13:36ZPengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Prestasi Praktik
Kerja Industri terhadap Kesiapan Menjadi Wirausaha
Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan
SMK Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2013/2014Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar mata
pelajaran produktif siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik gambar bangunan,
(2) prestasi praktik kerja industri (Prakerin) siswa kelas XII kompetensi keahlian
teknik gambar bangunan, (3) kesiapan menjadi wirausaha siswa kelas XII
kompetensi keahlian teknik gambar bangunan, (4) besarnya pengaruh prestasi
belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan menjadi wirausaha siswa
kelas XII kompetensi keahlian teknik gambar bangunan, (5) besarnya pengaruh
praktik kerja industri terhadap kesiapan menjadi wirausaha siswa kelas XII
kompetensi keahlian teknik gambar bangunan, (6) besarnya pengaruh prestasi
belajar mata pelajaran produktif dan prestasi Prakerin secara bersama-sama
terhadap kesiapan menjadi wirausaha siswa kelas XII kompetensi keahlian teknik
gambar bangunan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam
penelitian ini adalah Siswa Kelas XII Teknik Gambar Bangunan 1 dan 2 SMK
Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2013-2014 yang berjumlah 64 siswa. Sampel
penelitian ini perjumlah 55 siswa dan teknik pengumpulan data menggunakan
dokumentasi dan kuesioner/angket. Validitas instrumen dilakukan dengan
menggunakan rumus product moment correlations dan reliabilitas menggunakan
rumus Alpha Croncbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi
berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah: Prestasi belajar mata pelajaran produktif
siswa TGB SMKN 1 Seyegan terbagi menjadi 3 kategori yaitu, 4 siswa (7.27%)
dinyatakan baik, 47 siswa (85.46%) dinyatakan cukup dan 4 siswa (7.27%)
dinyatakan kurang, (2) Prestasi Parkerin siswa TGB SMKN 1 Seyegan memilki 2
kategori yaitu sebanyak 33 (60%) siswa dalam kategori baik dan 22 (40%) siswa
dalam kategori cukup, (3) Kesiapan menjadi wirausaha siswa TGB SMKN 1
Seyegan memilki 3 kategori yaitu, 24 (43.6%) siswa memiliki kesiapan yang baik,
29 (52.8%) siswa dalam kategori cukup dan 2 (3.6%) siswa dalam kategori
kurang, (4) Terdapat pengaruh signifikan prestasi belajar mata pelajaran
produktif terhadap kesiapan menjadi wirausaha yang ditunjukkan dengan nilai
thitung sebesar 3,198 pada taraf signifikansi 5% (thitung>ttabel) yaitu 3,198>2,000 dan
koefisien korelasi sebesar 0,846; (5) Terdapat pengaruh signifikan prestasi
Prakerin terhadap kesiapan menjadi wirausaha yang ditunjukkan dengan nilai
thitung sebesar 6,836 pada taraf signifikansi 5% (thitung> ttabel) yaitu 5,187>2,000 dan
koefisien korelasi sebesar 1,667; dan (6) Terdapat pengaruh signifikan prestasi
belajar mata pelajaran produktif dan prestasi Prakerin secara bersama-sama
terhadap kesiapan menjadi wirausaha siswa yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung
sebesar 34,366 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,14 dan koefisien korelasi 0,728.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Praktik Kerja Industri (Prakerin), Kesiapan
Menjadi WirausahaYunianto Yunianto2016-10-21T06:39:12Z2019-01-29T03:06:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42617This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/426172016-10-21T06:39:12ZEFEK VARIASI KETEBALAN MORTARINSTANT(PUMICE
BRECCIA)TERHADAP KUAT TEKAN DAN POLA KERUSAKAN YANG
TERJADI PADA PASANGAN BATA MERAH
(Studi eksperimen kinerja mortar dengan menggunakan perbandingan campuran 1PC:4Pm)Proyek Akhir bertujuan untuk mengetahui kapasitas kuat tekan pasangan
bata merah, ketebalan mortar efektif pasangan bata merah dan untuk mengetahui
pola kerusakan yang terjadi akibat uji kuat tekan pasangan bata merah dengan
pengikat mortar 1PC:4Pm.
Proyek Akhirdilakukan dengan metode eksperimen. Benda uji
pasanganbata merah tersusunatas 3 lapis,dengan dimensi22,5cmx10,5cmx5,5cm.
Jumlah benda uji sebanyak 3 buah sampel dalam setiap varian. Varian ketebalan
mortar pasangan bata merah berturut–turut sebesar 1cm; 1,5cm; dan 2cmsebagai
variabel bebas dan sebagai variabel terikatnya adalah kuat tekan pasangan bata
merah. Pengujiankuat tekan bata merah menggunakan alat Universal Testing
Machine.Analisis data adalah deskriptif kuantitatif.
Dari hasil penelitiandidapatkankuat tekanrerata mortar silinder
1PC:4Pmsebesar 7,12 MPa.Kuat tekan rerata bata merah sebesar 9,125 MPa. Kuat
tekan rerata pasangan bata merah sebesar 9,126 MPa. Pada pengujian kuat
tekanpasangan bata merah dengan variasi ketebalan mortar 1cm; 1,5cm; dan 2cm
berturut-turut sebesar 4,853MPa, 4,506MPa dan 3,496 MPa. Hasil analisis
didapatkan ketebalan efektifpasangan bata merah dengan mortar 1PC:4Pm pada
ketebalan1cm dengan kuattekan maksimum sebesar 4,853MPa. Semua pasangan
bata merah mengalami gagal kombinasi.Menurut SNI 03-6882,2002mortar
1PC:4Pm termasuk dalam mortar tipe N dan menurut SNI No.10 tahun 1964 batu
bata merah ekspos masuk dalam klasifikasi bata kelas II.
Kata Kunci:Pasangan Bata Merah, Kuat Tekan, Pola Kerusakan.Arif Perdana Gigih2016-10-21T00:13:55Z2019-01-30T11:24:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42575This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/425752016-10-21T00:13:55ZKESIAPAN GURU BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 2 WONOSARITujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kesiapan perencanaan pembelajaran guru bidang keahlian teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Wonosari, (2) kesiapan pelaksanaan pembelajaran guru bidang keahlian teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Wonosari, dan (3) kesiapan evaluasi pembelajaran guru bidang keahlian teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Wonosari.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Variabel penelitian merupakan variabel tunggal yaitu kesiapan guru bidang keahlian teknik bangunan dalam implementasi kurikulum 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru teknik bangunan yang sedang mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Wonosari yang berjumlah 13 guru. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Data penelitian dikumpulkan melalui angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesiapan perencanaan pembelajaran guru teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Wonosari masuk dalam kategori siap di atas rerata (mean) 26.38 sebesar 46.00%, (2) kesiapan pelaksanaan pembelajaran guru teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Wonosari masuk dalam kategori siap di atas rerata (mean) 48.69 sebesar 46.00%, dan (3) kesiapan evaluasi pembelajaran guru teknik bangunan berdasarkan kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Wonosari masuk dalam kategori siap di atas rerata (mean) 22.77 sebesar 46.00%.
Kata kunci: kesiapan guru, implementasi kurikulum 2013.Wahyuni Tri2015-07-08T02:02:53Z2019-03-05T02:42:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22904This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/229042015-07-08T02:02:53ZETOS KERJA SISWA KELAS XI SMK N 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etos kerja siswa kelas XI SMK N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Ditinjau dari tiga belas indikator adalah; (a) Efisien, (b) Rajin, (c) Teratur, (d) Disiplin, (e) Hemat, (f) Jujur dan tulus, (g) Rasional dalam mengambiI tindakan (h) Bersedia menerima perubahan, (i) Gesit dalam memanfaatkan keadaan, (j) Kerja keras, (k) Ketulusan dan kepercayaan, (l) Mampu bekerja sama, (m) Tanggung jawab.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 sejumlah 239 siswa dari populasi 767 siswa. Pengumpulan data variabel etos kerja siswa menggunakan angket. Validasi instrumen angket menggunakan validitas isi oleh (expert judgment). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dengan bantuan komputer program SPSS versi 13.0 for windows. Dari hasil analisis diperoleh harga mean (M), median (Me), modus (Mo), standar deviasi (SD) rentang data (range), nilai maksimum dan minimum. Deskripsi data dilengkapi juga dengan tabel distribusi frekuensi, histogram frekuensi dan distribusi kategorisasi dari masing-masing indikator.
Hasil penelitian etos kerja siswa kelas XI SMK N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 menunjukan bahwa secara umum etos kerja siswa kelas XI SMK N 2 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 termasuk tinggi pada interval (65,41 – 70,91). Ditinjau dari tiga belas indikator adalah; (a) Efisien termasuk rendah pada interval (55,8 – 63,2); (b) Rajin termasuk rendah pada interval (50,2 – 58,5); (c) Teratur cenderung sangat tinggi pada interval (70,8 – 78,2); (d) Disiplin termasuk tinggi pada interval (63,3 – 70,7); (e) Hemat termasuk tinggi pada interval (67 – 75,3); (f) Jujur dan tulus termasuk tinggi pada interval (67 – 75,3); (g) Rasional dalam mengambiI tindakan termasuk tinggi pada interval (58,6 – 66,9); (h) Bersedia menerima perubahan termasuk sangat tinggi pada interval (78,5 – 84,1); (i) Gesit dalam memanfaatkan keadaan termasuk rendah pada interval (58,6 – 66,9); (j) Kerja keras termasuk tinggi pada interval (68,1 – 74,6); (k) Ketulusan dan kepercayaan termasuk sangat tinggi pada interval (74,7 – 81,2); (l) Mampu bekerja sama termasuk tinggi pada interval (68,1 – 74,6); (m) Tanggung jawab termasuk rendah pada interval (58,6 – 66,9).Angger Fahrul Febrianto2015-03-20T03:34:49Z2019-01-29T19:03:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13184This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/131842015-03-20T03:34:49ZHUBUNGAN INTERPERSONAL ANTAR SISWA DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTAYusup Yusup