Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:27:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-06-29T02:55:00Z2012-06-29T02:55:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1249This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12492012-06-29T02:55:00ZIMPROVING THE STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT ON FLUID MECHANICS COURSE THROUGH THE USE OF INTERACTIVE MEDIA This research aims at improving the quality of teaching and learning process in Fluid Mechanics course through the use of teaching media. The teaching of Fluid Mechanics needs communicative and authentic media. Interactive media which is made by using software is one of media that give chance to the students to learn, practice, and analyze the materials of mechanic and fluid dynamic outside the class independently and interactively.
This study is categorized as an Action Research. The participants of this study were the semester three students of Diploma III of Civil Engineering Study Program of Yogyakarta State University who join Fluid Mechanics class. This research was conducted in 4 months. There were 2 cycles in this study. Each cycle consisted of planning, conducting, and controlling then the final stage was reflection. Data were analyzed using quantitative method and simple descriptive qualitative.
The result of research shows that the implementation of interactive media can improve the quality of teaching and learning process on Fluid Mechanics course. The scores of the students had increased from the mean score of 68.41 on the first cycle into 75.37 on the second cycle. Moreover, 94.85% of the students responded well to the use of interactive teaching media as a medium of learning.
Keywords: Fluid mechanics, learning media, action research
Didik Purwantoro2012-06-27T07:27:49Z2012-06-27T07:27:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1105This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11052012-06-27T07:27:49ZRANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI
WEB BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN
PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA
BIDANG APLIKASI KOMPUTER MELALUI E-LEARNING UNYPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran web
based learning dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa pada mata kuliah komputer; (2)
mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi dalam implementasi pembelajaran web based
learning pada mata kuliah komputer tersebut; dan (3) mencari solusi terhadap kendalakendala
tersebut.
Subyek penelitian ini adalah mahasiswa peserta mata kuliah komputer di Jurusan
Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
adalah: (1) lembar observasi; dan (2) lembar penilaian tugas. Validitas instrumen ditetapkan
berkaitan dengan validitas logis, yang dilakukan melalui judgment dalam seminar. Data yang
diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif, analisis komparasi, dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Web based
learning terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pencapaian kompetensi mahasiswa pada
bidang komputer dibanding model pembelajaran konvensional; (2) penerapan model
pembelajaran web based learning dapat meningkatkan kualitas interaksi pembelajaran.
Kendala dalam implementasi web based learning adalah: (1) Akses internet di UNY
kecepatannya tidak stabil sehingga menghambat proses pembelajaran dengan
menggunakan web. Upaya untuk mengatasinya adalah dengan pemasangan local host; (2)
Penggunaan internet untuk media pengumpulan tugas mempunyai kelemahan, karena
dosen tidak tahu secara pasti apakah tugas dikerjakan oleh mahasiswa yang bersangkutan
ataukah dibuatkan oleh orang lain. Upaya untuk mengatasinya adalah dosen harus cermat
dalam menilai hasil tugas-tugas mahasiswa, dan perlu dilakukan cross check secara
langsung kepada mahasiswa yang bersangkutan; dan (3) Mahasiswa perlu mengeluarkan
biaya ekstra untuk sewa internet guna mengakses e-learning UNY.
Kata Kunci: e-learning, kompetensi, aplikasi komputerAmat Jaedun2012-06-27T02:16:47Z2012-06-27T02:16:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1043This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10432012-06-27T02:16:47ZIMPLEMENTASI PROJECT MINERVA MODEL (PMM)
DALAM UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PADA
MATA KULIAH PRAKTIK KERJA BATU DAN BETON
BERBASIS CONTEXTUAL TACHING LEARNINGTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) memperkecil kesesenjangan kompetensi lulusan dengan dunia industri pada praktik kerja batu dan beton, (2) meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengajaran dalam rangka peningkatan kualitas lulusan. Metode penelitian menggunakan survey dilanjutkan dengan penelitian tindakan kelas. Waktu penelitian selama empat bulan. Tempat penelitian di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik, UNY. Pelaksanaan penelitian dengan memberikan perlakuan atau tindakan kepada para mahasiswa atau responden yang diteliti. Tindakan dilakukan pada setiap putaran siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini secara berturut-turut mencakup: (1) rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) monitoring dan evaluasi, (4) refleksi dan (5) revisi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sama. Diambil satu kelas yang sedang mengikuti pembelajaran Praktik Kerja Batu dan Beton. Sedangkan subyek penelitian ditetapkan Mahasiswa semester II, tahun ajaran 2008/2009. Rancangan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Instrumen Pengembangan Model Instruksional PMM, (2) Instrumen untuk Mengukur Dampak Instruksional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian adalah: (1) Jenis-jenis pekerjaan (perkembangan) di dunia kerja praktik kerja batu dan beton dapat diidentifikasi sebagai berikut: a. Pasangan batu bata persilangan ½ batu ikatan stretcer bond, b. Pasangan tegel porselin dinding dengan semen portlan MU (Mortar Utama), c. Pembuatan asesoris dari gip-sum, d. Praktik wall-paper, e. Praktik plafon gip-sum, f. Pratik Beton Pre-cast, g. Praktik Beton Ready-Mix. (2) Melalui pelaksanaan pembelajaran desain instruksional Project Minerva Model berbasis Contextual Teaching Learning dapat di tingkatkan kompetensi mata kuliah praktik kerja batu dan beton di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Perencanaan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Dari hasil penilaian semua mahasiswa mendapatkan nilai A. Hal ini dimungkinkan karena praktik pemasangan keraton memang merupakan teknologi tepat guna pemasangan lantai dari keramik komposit, sehingga ketika mahasiswa melaksanakan pratik pemasangan keraton motivasi praktik mereka meningkat. Lilik Hariyanto