Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:55:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-01-12T16:53:37Z2018-01-12T16:53:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54937This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/549372018-01-12T16:53:37ZImplementation of ICT for Open Distance LearningICT-Based ODL is an implementation of ICT in ODL. ICT-Based ODL does not merely transfers learning material to the Internet, but it is a paradigm change of teaching and learning.. The change does not only occur in learning management aspect, but it also occurs in the teachers and students side. Learning management in the form of course management system software requires changes in teaching role into authoring role of teachers with ICT skill based on the system requirements. This also applies to the students.
ICD-Based ODL implementation requires sufficient Internet infrastructure. This is because the availability of the Internet will determine the Internet Penetration rate resulting in a successful ICT-Based ODL. The world and government visions to create information society will indirectly promote wider access of ICT-Based ODL. However,
ICT-Based ODL is not a panacea, it still has limitations, because it cannot give massi impact on access that was achieved with the mass meia of broadcast and print. Besides, social and cultural factor also have important roles for successful implementation of ICT-Based ODL.Priyanto Priyantopriyanto@uny.ac.id2016-05-24T00:55:57Z2019-01-30T09:16:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33164This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/331642016-05-24T00:55:57ZFAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SISWA PROGRAM KEAHLIAN
TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DALAM PROSES BELAJAR
MATA PELAJARAN JARINGAN KOMPUTER DI SMK PIRI 1
YOGYAKARTAFAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SISWA PROGRAM KEAHLIAN
TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DALAM PROSES BELAJAR
MATA PELAJARAN JARINGAN KOMPUTER DI SMK PIRI 1
YOGYAKARTA
Oleh:
Ridwan Danur Frehassangka
08520241027
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor dari
dalam diri dan luar diri siswa yang menghambat siswa bidang keahlian Teknik
Komputer Jaringan dalam proses belajar mata pelajaran jaringan komputer SMK
PIRI 1 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan
angket dengan skala likert sebagai alat pengumpul data. Responden dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI program keahlian Teknik
Komputer Jaringan SMK PIRI 1 Yogyakarta yang berjumlah 74 siswa. Uji
Validasi dengan mengkonsultasikan dengan ahli kemudian dilakukan uji validitas
dengan teknik korelasi product moment, sedangkan reliabilitas instrumen
menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan
teknik statistik deskriptif.
Hasil penelitian faktor penghambat belajar dari dalam diri siswa berada
pada presentase 8,1% menyatakan sangat tinggi, 21,6% menyatakan tinggi, 44,6%
menyatakan sedang, 20,3% menyatakan rendah, 5,4% menyatakan sangat rendah.
Secara keseluruhan faktor penghambat belajar dari dalam diri siswa berada pada
kategori sedang. Untuk faktor penghambat belajar dari dalam diri siswa berada
pada presentase 4% menyatakan sangat tinggi, 25,7% menyatakan tinggi, 41,9%
menyatakan sedang, 18,9% menyatakan rendah, 9,5% menyatakan sangat rendah.
Secara keseluruhan faktor penghambat belajar dari dalam diri siswa berada pada
kategori sedang Dari hasil yang sudah diperoleh dapat memberikan gambaran
bahwa baik faktor penghambat belajar dari dalam maupun dari luar diri siswa
kurang begitu menghambat dalam proses belajar siswa ini menunjukan bahwa
faktor fisik, psikologis, maupun faktor sekolah, keluarga, dan masyarakat kurang
begitu menghambat bagi siswa dalam belajar jaringan komputer.
Kata kunci: faktor-faktor penghambat, teknik komputer jaringan, jaringan
komputer.Danur Frehassangka Ridwan