Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:44:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-11-03T00:38:37Z2019-01-30T11:39:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43141This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/431412016-11-03T00:38:37ZFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR
SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN PENGAWETAN
DI SMK NEGERI 1 PANDAK, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA
(Studi Kasus SMK Negeri 1 Pandak Kelas X Jurusan Teknologi Hasil
Pertanian 1)Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mengetahui motivasi belajar siswa SMK
Negeri 1 Pandak, Bantul, D.I. Yogyakarta. 2). Mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran pengawetan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan
Case Study (Studi Kasus). Objek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan
Teknologi Hasil Pertanian 1 Pandak, bantul, D.I. Yogyakarta tahun ajaran
2010/2011 yang berjumlah 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah
motivasi belajar dengan sub variabel adalah faktor-faktor yang mempengaruhi
motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data faktor-faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar siswa dari penilaian siswa menggunakan angket,
yang berupa angket tertutup dengan model skala likert. Data di analisis
menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Motivasi belajar siswa terhadap
proses pembelajaran pengawetan berada diantara kategori baik (33,3%) dan tidak
baik (30%). 2) Faktor internal motivasi belajar dengan kategori baik yaitu faktor
fisiologis dengan persentase 56,7%. faktor eksternal motivasi belajar dengan
kategori baik, yaitu; faktor sosial pada motivasi belajar siswa dengan persentase
46,7% dan faktor nonsosial pada motivasi belajar siswa dengan persentase
36,7%. Sedangkan faktor motivasi belajar siswa dengan kategori tidak baik yaitu
faktor internal motivasi belajar dengan faktor psikologis pada persentase 36,7%
dan faktor eksternal motivasi belajar dengan faktor pendekatan belajar pada
persentase 36,7%.ANGGRAYNI YESSI