Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:12:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-05T01:41:21Z2019-01-29T02:43:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9796This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/97962013-02-05T01:41:21ZRIAS FANTASI PENYIHIR JAHAT DALAM CERITA BEAUTY AND THE BEAST
PADA PERGELARAN TATA RIAS “FAIRY TALES OF FANTASY”Proyek Akhir ini bertujuan untuk: (1) merancang dan mengaplikasikan tata
rias fantasi Penyihir Jahat dengan sumber ide scarab pada Pergelaran Proyek Akhir
Tata Rias Dan Kecantikan “Fairy Tales of Fantasy”, (2) merancang dan
mengaplikasikan tata rambut Penyihir Jahat dengan sumber ide scarab pada
Pergelaran Proyek Akhir Tata Rias Dan Kecantikan “Fairy Tales of Fantasy”, (3)
merancang dan mengaplikasikan tata rias raga Penyihir Jahat dengan sumber ide
scarab pada Pergelaran Proyek Akhir Tata Rias Dan Kecantikan “Fairy Tales of
Fantasy”, (4) menata kostum Penyihir Jahat pada Pergelaran Proyek Akhir Tata Rias
Dan Kecantikan “Fairy Tales of Fantasy”, (5) menampilkan tata rias fantasi, tata
rambut fantasi, tata rias raga, dan tata kostum Penyihir Jahat.
Metode yang dilakukan, yaitu: (1) mendisain dan menata tata rias fantasi, tata
rambut fantasi, tata rias raga, dan tata kostum Penyihir Jahat. Untuk mengaplikasikan
disain rancangan meliputi beberapa tahapan yaitu: (1) tahap persipan: mempersiapkan
alat, bahan, lenan dan kosmetik untuk tata rias wajah, penataan rambut dan body
painting, (2) tahap pelaksanaan: pelaksanaan tata rias wajah, penataan rambut, body
painting dan tata kostum. Metode untuk membuat pergelaran “Fairy Tales of
Fantasy” meliputi beberapa tahap, yaitu: (1) persiapan meliputi: pembentukan
panitia, menentukan tema, waktu, dan tempat, menentukan anggaran, (2) pelaksanaan
meliputi: merias, menampilkan, evaluasi secara keseluruhan pada saat pergelaran.
Hasil Rias Fantasi Penyihir adalah: (1) tata rias fantasi tokoh Penyihir Jahat
diterapkan pada garis lurus mata yang memberi kesan tegas dan tajam, sifat jahat
diterapkan pada warna ungu dan hitam pada rias mata dan bibir, dan face painting
sesuai dengan sumber ide pada dahi, (2) penataan rambut menggunakan sanggul gala
yang menyerupai bentuk scarab dengan pola penataan puncak, (3) penerapan tata rias
raga diterapkan pada kedua lengan tangan dan kedua kaki dengan menggunakan
painting jenis tribal yang berbentuk menyerupai scarab, (4) kostum Penyihir Jahat
sesuai dengan karakter jahat Penyihir dengan menerapkan garis lurus yang
memberikan kesan tegas dan keras, dan sudut runcing untuk memberikan kesan
kejam dan menusuk, serta menggunakan warna sesuai dengan karakter jahat Penyihir
yaitu warna ungu dan hitam, (5) terselenggaranya pergelaran pada tanggal 17 maret di
gedung taman budaya Yogyakarta dengan menampilkan tokoh Penyihir Jahat dalam
cerita Beauty and The Beast.
Kata kunci: Rias Fantasy Penyihir Jahat Dalam Cerita Beauty and The BeastWARASTUTI MEY 2013-02-05T00:37:32Z2019-01-29T02:43:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9754This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/97542013-02-05T00:37:32ZRIAS KARAKTER TOKOH JAFAR DALAM DONGENG ALADIN PADA
PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYTujuan proyek akhir yaitu : 1) mendapatkan disain tata rias karakter dan
penataan rambut tokoh Jafar sesuai dengan kostum pada pergelaran Fairy Tales Of
Fantasy, 2) merias wajah karakter, dan menata rambut tokoh Jafar yang sesuai dengan
tema Fairy Tales Of Fantasy, 3) menampilkan tokoh Jafar dalam cerita Aladin pada
pergelaran Fairy Tales Of Fantasy.
Metode yang digunakan untuk mengembangkan tokoh Aladin yaitu: 1)
mendesain dengan cara mengetahui alur cerita Fairy Tales Of Fantasy dan mengkaji
cerita Aladin, mempelajari karakter tokoh, mencari sumber ide, merancang disain rias
wajah, penataan rambut, kostum, dalam sajian gambar, 2) mengaplikasikan rias wajah
karakter tokoh Jafar, kostum, dan menata rambut untuk tokoh Jafar dalam pergelaran
Fairy Tales Of Fantasy, 3) menampilkan tokoh Jafar dalam pergelaran Fairy Tales Of
Fantasy terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap persiapan dengan cara pembentukan
kepanitiaan, menentukan tempat pergelaran, menerapkan rias wajah, penataan rambut,
kostum dan tahap pelaksanaan pergelaran.
Hasil proyek akhir yaitu: 1) tercipta tata rias wajah, penataan rambut ,asessories
topi, dan kostum karakter tokoh Jafar, 2) terwujud tata rias wajah, penataan rambut,
asessories topi dan kostum karakter Tokoh Jafar yang digunakan pada Pergelaran Fairy
Tales Of Fantasy, 3) terselenggara Pergelaran Fairy Tales Of Fantasy dengan
menampilkan tokoh Jafar dalam dongeng Aladin.
Kata kunci: Rias Karakter, tokoh Jafar, Fairy Tales Of Fantasy.Septianingsih Dima 2012-12-20T00:34:06Z2019-01-29T02:41:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9600This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/96002012-12-20T00:34:06ZIAS FANTASI KUPU-KUPU DALAM CERITA BEAUTY AND THE BEAST DI PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYARUMATIKA ERYTRINA 2012-12-13T01:02:22Z2019-01-29T02:37:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8688This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86882012-12-13T01:02:22ZTATA RIAS FANTASI TOKOH ODETTE DALAM CERITA SWAN LAKE PADA PAGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYPembuatan proyek akhir ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan rancangan
tata rias wajah fantasi, penataan rambut, kostum dan body painting pada tokoh
Odette dalam cerita Swan Lake pada pagelaran Fairy Tales Of Fantasy 2)
menerapkan tata rias fantasi, penataan rambut, kostum dan body painting pada
tokoh Odette 3) menampilkan tokoh Odette dalam cerita Swan Lake pada
pagelaran Fairy Tales of Fantasy
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yaitu: 1) merancang
dengan cara mengetahui alur dongeng Swan Lake dan mengkaji teori,
mempelajari karakter tokoh Swan Lake, mencari sumber ide dan merancang sajian
gambar 2) menerapkan dengan cara melakukan tes make – up, tes penataan
rambut, gladi kotor yang meliputi: fitting kostum, gerak dan musik agar tercipta
kesatuan, gladi bersih yang meliputi: mengaplikasikan tata rias fantasi, penataan
rambut, kostum, body painting dengan penerapan tokoh Odette di atas panggug
serta penyesuaian tata cahaya dan musik 3) menampilkan tokoh Odette dalam
pagelaran Fairy Tales of Fantasy, menyusun kegiatan (latihan gladi kotor dan
gladi bersih) dan menyelenggarakan pagelaran Fairy Tales of Fantasy.
Hasil proyek akhir berupa pagelaran Fairy Tales of Fantasy yang meliputi:
1) terciptanya rancangan tata rias fantasi, penataan rambut, penataan kostum, body
painting pada tokoh Odette 2) terwujudnya tata rias fantasi dengan menggunakan
eye shadow warna putih pada kelopak, biru tua pada sudut mata dan merah muda
pada highlight serta menggunkan hiasan permata dan bulu angsa pada dahi,
penataan rambut dengan menggunakan sanggul berbentuk angsa yang dipasang di
atas kepala, penataan kostum yang menggunakan bulu angsa dan permata sebagai
hiasan kostum dan bordir pada tepi rok, body painting diplikasikan sesuai dengan
motif bordir pada tepi rok pada kostum tokoh Odette 3) terselenggaranya
pagelaran Fairy Tales Of Fantasy pada tanggal 17 Maret 2012 bertempat di
Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pukul 14.00 WIB dengan menampilkan tokoh
Odette dalam cerita Swan Lake pada pagelaran Fairy Tales Of Fantasy.
Kata kunci: rias fantasi, tokoh Odette, cerita Swan Lake
viFARAHDILLA DESSY2012-12-11T02:38:14Z2019-01-29T02:37:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8571This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85712012-12-11T02:38:14ZRIAS FANTASI TOKOH RATU JAHAT CERITA SNOW WHITE DI PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYPembuatan Proyek Akhir dengan judul Rias Fantasi Tokoh Ratu Jahat
cerita Snow White di pergelaran Fairy Tales of Fantasy ini memiliki tujuan untuk:
1) menata kostum dan memilih aksesoris, properti untuk tokoh Ratu Jahat dalam
pagelaran Fairy Tales of fantasy, 2) merancang dan mengaplikasikan tata rias
wajah, facepainting, body painting tokoh Ratu Jahat dalam pagelaran Fairy tales
of fantasi, 3) mendesain dan mengaplikasikan penataan rambut untuk tokoh Ratu
Jahat dalam pagelaran Fairy tales of fantasy, 4) menampilkan kostum, tata rias
wajah, body painting dan penataan rambut untuk tokoh Ratu Jahat dalam
pagelaran Fairy tales of fantasy.
Metode yang digunakan dalam rias Fantasi tokoh Ratu Jahat melalui
tahapan: 1) menentukan desain meliputi pengkajian cerita Snow White, mencari
sumber ide dan merancang kostum serta memilih aksesoris, properti untuk tokoh
Ratu Jahat dalam pagelaran Fairy Tales of Fantasy, 2) menentukan karakter
tokoh, sumber ide menyerupai kalajengking, mengembangkan sumber ide,
menentukan unsur dan prinsip desain yang dipakai dan menentukan sketsa, 3)
mencari sumber ide dan merancang sanggul untuk tokoh Ratu Jahat dalam
pagelaran Fairy tales of Fantasy, 4) pada tahap menampilkan meliputi menyusun
panitia, menyusun kegiatan, melaksanakan Gladi bersih, menampilkan pagelaran
Fairy tales of fantasy.
Hasil dari proses penciptaan rias Fantasi Ratu Jahat menggunakan sumber
ide kalajengking yakni, 1) warna kostum ratu jahat dengan menggunakan warna
merah dan hitam merupakan ciri kejahatan, terdiri dari jubah dan rok dibuat
panjang agar dapat mencirikan feminitas seorang ratu, 2) terciptanya suatu riasan
yang menunjukkan unsur jahat dengan pemilihan warna eyeshadow merah, hitam
dan ungu, kemudian dengan adanya tato kalajengking merupakan sumber ide
yang mempunyai arti emosional, pendendam dan ambisius digunakan dalam rias
tokoh Ratu Jahat, 3) penataan rambut yang dibuat penataan puncak berbentuk
menyerupai badan kalajengking membuat tokoh Ratu Jahat terlihat sombong,
mempunyai sifat jahat dan kejam pada pagelaran Fairy Tales of Fantasy, 4)
pagelaran drama musikal yang dipertunjukkan di gedung Taman Budaya
Yogyakarta pada tanggal 17 Maret 2012 dapat menarik minat masyarakat yang
ingin menyaksikan.
Kata kunci: Rias Fantasi, Ratu Jahat , Snow White, Fairy Tales of FantasyWIDAYATI ANGELINA2012-12-06T01:11:07Z2019-01-29T02:36:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8477This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84772012-12-06T01:11:07Z RIAS KARAKTER TOKOH JIN PADA CERITA ALADIN DAN JASMINE DALAM PERGELARAN TATA RIAS FAIRY TALES OF FANTASY
Pembuatan tugas akhir ini memiliki tuju an untuk: 1) Merancang tata rias
wajah untuk karakter, penataan rambut, body painting , dan kostum yang akan
digunakan oleh jin dalam cerita Aladin dan Jasmine. 2) Menerapkan tata rias
wajah untuk karakter, penataan rambut, body painting dan kostum yang akan
digunakan oleh jin dalam cerita Aladin dan Jasmine. 3) Menampilkan tata rias
karakter untuk tokoh dalam cerita Aladin dan Jasmine pada pertunjukkan Fairy
Tales of Fantasy.
Metode yang digunakan dalam pengaplikasian rias karakter untuk tokoh
Jin dalam cerita Aladin dan Jasmine adalah: 1) Menganalisa cerita Aladin dan
Jasmine, mempelajari karakter tokoh, ciri fisik dan desain kostum yang digunakan
oleh Jin, menentukan dan mengembangkan serta sumber ide, mengaplikasikan
pada saat latihan rias wajah, penataan rambut dan body painting serta kostum
dengan menerapkan unsur dan prinsip desa in. 2) Tahap persiapan alat dan bahan,
mendiagnosa wajah,melakukan test make up, tahap pelaksanaan yang meliputi
latihan pada model dengan tujuan menciptakan make up karakter dan fantasi yang
sesuai dengan Jin kemudian melakukan tahapan evaluasi 3) Melakukan tahapan
persiapan pergelaran dengan melaksanakan gladi kotor untuk menyesuaikan
dengan lighting dan ukuran panggung, setelah itu melaksanakan gladi bersih yang
menggunakan make up, penataan rambut, body painting dan kostum yang akan
ditampilkan pada saat pergelaran tata rias Fairy Tales of Fantasydi Taman
Budaya Yogyakarta. Hasil proyek akhir berupa pagelaran Fairy Tales of Fantasy yang meliputi:
1) Hasil tata rias wajah untuk karakter,penataan rambut, body painting , dan
kostum keseluruhan dalam pagelaran Fairy Tales of Fantasy yang sudah sesuai
dengan desain rancangan yang ada. 2) Hasil penerapan tata rias wajah untuk
karakter, penataan rambut, body painting dan kostum keseluruhan dalam
pagelaran Fairy Tales of Fantasy sesuai dengan desain yang ada. 3) Penampilan
tata rias karakter untuk tokoh jin da lam cerita aladin dan jasmine pada
pertunjukkan Fairy Tales of Fantasy yang dilaksanakan di Taman Budaya
Yogyakarta pada tanggal 17 Maret 2012.
SIRINGO RINGO ERIKA 2012-12-05T07:19:30Z2019-01-29T02:35:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8456This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84562012-12-05T07:19:30ZRIAS FANTASI TOKOH KURCACI GRUMPY DALAM CERITA SNOW
WHITE PADA PERGELARAN TUGAS AKHIR
”FAIRY TALES OF FANTASY’Pembuatan Proyek Akhir ini bertujuan untuk: 1) mendisain dan
mengaplikasikan tata rias fantasi kurcaci Grumpy, 2) mendisain dan memakaikan
kostum kurcaci Grumpy, 3) merancang dan menampilkan pagelaran Fairytales of
fantasy
Metode yang digunakan untuk menampilkan tata rias fantasi tokoh Kurcaci
Grumpy cerita Snow White adalah sebagai berikut: 1) mengkaji sumber cerita,
menganalisis tokoh Grumpy untuk mengetahui sifat dan ciri fisik, menentukan
konsep disain make up, memilih warna make up, melakukan tes make up, dan
menampilkan hasil make up, 2) mempelajari tokoh dan ciri fisik tokoh dan
mencari sumber ide, menentukan disain kostum dengan cara menganalisis tokoh
kurcaci Grumpy, 3) merancang pergelaran Fairytales of Fantasy dengan
membentuk panitia, menentukan tanggal dan lokasi, jenis panggung, dekorasi,
lighting dan musik pengiring.
Hasil penataan rias fantasi tokoh Kurcaci Grumpy cerita Snow White adalah:
1) rias fantasi tokoh Kurcaci Grumpy dengan sumber ide badut yang memiliki
sifat lucu atau penghibur diterapkan pada penerapan rias mata yang menggunakan
tiga warna yakni merah, biru, kuning dan bibir yang dibuat melebar dan menaik
keatas mengesankan lucu seperti bentuk bibir badut, 2) hasil pembuatan kostum
yang terbuat dari bahan kain flannel dan fur menjadi baju yang terdiri dari rompi,
celana serta menggunakan asesoris seperti topi, belt, dan sepatu dengan
perpaduan warna antara merah dan coklat, 3) pergelaran Fairytales of Fantasy
pada tanggal 17 maret 2012 digedung Taman Budaya Yogyakarta.
Kata kunci: Rias Fantasi, Kurcaci Grumpy Snow White, Fairy Tales Of FantasyImaningrum Puspa 2012-12-05T06:54:12Z2019-01-29T02:35:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8409This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84092012-12-05T06:54:12ZRIAS KARAKTER TOKOH RAMPAK KERA DALAM
PERGELARAN “THE FUTURISTIC
OF RAMAYANA”Proyek akhir ini bertujuan untuk; 1) dapat merancang dan menata kostum
yang dipakai oleh Rampak Kera yang akan ditampilkan secara modern dalam
“The Futuristic of Ramayana”; 2) dapat mendesain dan mengaplikasikan tata rias
wajah dengan kosmetik pada Rampak Kera yang diperankan tampil beda, secara
futuristic; 3) menampilkan rias karakter dalam pergelaran “The Futuristic of
Ramayana”.
Metode yang digunakan dalam mendesain kostum, tata rias wajah, rias
panggung dan lighting dilakukan beberapa tahap; 1) menyaksikan cerita
Ramayan, mengkaji tokoh kera dalam cerita Ramayana, membaca buku cerita
Ramayan, mencari sumber ide; 2) membuat desain rias wajah, menentukan
kosmetik dan warna, melakukan tes make-up; 3) latihan tari pergelaran “The
Futuristic of Ramayana”, gladi kotor pergelaran “The Futuristic of Ramayana”,
gladi bersih “The Futuristic of Ramayana”.
Hasil penataan kostum sebagai berikut, tata rias wajah, rias panggumg dan
lighting; 1) hasil rancangan desain kostum pada tokoh Rampak Kera yang lincah
dan pemberani berupa, penutup kepala, ekor/buntut, rompi, penyekat bahu/plat
bahu, sarung tangan, obi (sabuk), celana, sampur depan dan blakang, kaos kaki,
gwlang kaki/ kerincingan; 2) hasil riasan wajah berupa riasan karakter tokoh
Rampak Kera; 3) pergelaran “The Fututristic of Ramayana” diadakan di
Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 17 April 2011.
Kata Kunci : Rias Karakter, Rampak Kera, The Futuristic Of RamayanaPRABEKTI RATIH2012-12-05T02:49:32Z2019-01-29T02:33:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8288This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82882012-12-05T02:49:32ZRIAS FANTASI TOKOH PUTRI SALJU DALAM CERITA SNOW WHITE AND
SEVEN DWARFS PADA PERGELARAN TUGAS AKHIR
”FAIRY TALES OF FANTASY’Proyek Akhir ini bertujuan untuk: (1) mendesain dan menata kostum tokoh
Putri Salju, (2) mendesain dan mengaplikasikan tata rias fantasi pada tokoh Putri
Salju dalam Cerita Snow White and Seven Dwarfs, (3) merancang dan
mengaplikasikan tatanan rambut dan memilih aksesoris rambut pada tokoh Putri Salju
dalam Cerita Snow White and Seven Dwarfs pada Pergelaran Proyek Akhir Tata Rias
dan Kecantikan “Fairy Tales of Fantasy”, (4) mempergelarkan tokoh Putri Salju
dalam “Fairy Tales of Fantasy”.
Metode yang dilakukan, yaitu: (1) mempelajari cerita dan mengkaji karakter
tokoh Putri Salju melalui buku cerita, dan film kartun Snow White and Seven Dwarfs,
(2) menentukan warna kosmetik dekoratif untuk rias fantasi, dengan pemilihan warna
yang disesuaikan dengan karakter tokoh Putri Salju dalam pergelaran “Fairy Tales of
Fantasy”, dengan tahapan mendesain riasan fantasi, latihan merias wajah, dan gladi
bersih, yang perlu dipersiapkan yaitu alat, bahan, lenan dan kosmetik untuk merias
wajah, (3) memilih dan menentukan tatanan rambut tokoh Putri Salju dalam
pergelaran “Fairy Tales of Fantasy” dengan mempelajari karakter tokoh Putri Salju
melalui buku cerita, film kartun Snow White and Seven Dwarfs, dan
mempertimbangkan gerak pemain di atas panggung, (4) membentuk kepanitiaan
pergelaran “Fairy Tales of Fantasy”, menjalin kerjasama dengan sponsor dan
pendukung acara lainnya.
Hasil dari proyek akhir ini adalah: (1) terciptanya kostum tokoh Putri Salju
yang mewah dan megah, (2) terciptanya tata rias fantasi untuk tokoh Putri Salju pada
Pagelaran Proyek Akhir Tata Rias dan Kecantikan, (3) terciptanya penataan rambut
puncak, (4) terlaksananya Pergelaran Proyek Akhir Tata Rias dan Kecantikan “Fairy
Tales Of Fantasy” dengan mengangkat tujuh cerita dongeng pada tanggal17 Maret
2012 jam 13.00 WIB di Gedung Taman Budaya Yogyakarta.PARAMITHA CATRA TIARA2012-12-04T07:12:45Z2019-01-29T02:33:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8235This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82352012-12-04T07:12:45ZTATA RIAS FANTASI RAMPAK PUTRI PENARI PADA PERGELARAN TATA RIAS
“THE FUTURISTIC OF RAMAYANA”Proyek akhir ini bertujuan untuk: (1) merancang dan menata kostum serta aksesoris yang
digunakan oleh Rampak Putri Penari pada pergelaran tata rias The Futuristic of Ramayana, (2)
merancang dan menata rias wajah yang digunakan oleh Rampak Putri Penari pada pergelaran
tata rias The Futuristic of Ramayana, (3) merancang dan menata rambut yang digunakan oleh
Rampak Putri Penari pada pergelaran tata rias The Futuristic of Ramayana, (4) mampu
menampilkan tokoh Rampak Putri Penari pada pergelaran tata rias The Futuristic of Ramayana.
Metode pengembangan yang dilakukan ada 4 tahap, (1) mengumpulkan buku-buku
tentang Ramayana dan mengkaji tentang Rampak Putri Penari serta mencari sumber ide tentang
kostum, (2) menentukan warna riasan dan memilih kosmetika yang akan digunakan, merancang
kostum, aksesoris, tata rias wajah, rancangan kostum, dan rancangan pergelaran, (3) tata rias
Rampak Putri Penari menggunakan tata rias fantasi cantik serta penataan rambut Rampak Putri
Penari menggunakan bentuk sanggul topmest(4) merupakan evaluasi pencocokan antara kostum,
aksesoris, tata rias wajah serta penataan rambut.
Hasil dari Proyek Akhir ini adalah: (1) terciptanya rancangan dan kostum fantasi Rampak
Putri Penari yang terdiri dari potongan pola three pieces, kamisol, serta rok line”A” yang
dipotong menjadi lima bagian, (2) terciptanya rancangan dan penataan tata rias fantasi cantik
Rampak Putri Penari pada pergelaran The Futuristic of Ramayana, serta terjadi perubahan pada
warna eyesahdow yang seharusnya tidak menggunakan warna merah, pada pergelaran warna
merah digunakan, (3) terciptanya rancangan dan penataan sanggul fantasi Rampak Putri Penari
pada pergelaran The Futuristic of Ramayana, (4) terciptanya pertunjukan pergelaran sendratari
Ramayana dengan judul “The Futuristic of Ramayana” yang diselenggarakan di Auditorium
Universitas Negeri Yogyakarta pada 17 April 2011pukul 13.00 WIB.
Kata Kunci: Rias Fantasi,tokoh Rampak Putri Penari “The Futuristic of Ramayana”.PRATIWI AMRI DIAN2012-12-03T02:41:07Z2019-01-29T02:33:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8066This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80662012-12-03T02:41:07ZTATA RIAS PANGGUNG TOKOH JASMIEN DALAM DONGENG
ALADIN DI PERGELARAN TATA RIAS FAIRY TALES OF FANTASIPembuatan Proyek Akhir ini bertujuan untuk : 1) mendapatkan desain tata
rias panggung pada tokoh Jasmien dalam pergelaran tata rias Fairy Tales Of
Fantasi, 2) mendapatkan desain penataan rambut pada tokoh Jasmien dalam
pergelaran tata rias Fairy Tales Of Fantasi, 3) mendapatkan desain rancangan
kostum pada tokoh Jasmien dalam pergelaran tata rias Fairy Tales Of Fantasi, 4)
menampilkan tata rias panggung, penataan rambut dan kostum dalam pergelaran
tata rias Fairy Tales Of Fantasi.
Proses menampilkan tata rias wajah panggung tokoh Jasmien dalam
Pergelaran Tata Rias Fairy Tales Of Fantasi adalah sebagai berikut : 1) mengkaji
konsep pergelaran yang menceritakan kisah aladin, tata panggung, lighting,
property dan tata musik untuk mendapatkan karakter tokoh Jasmien, 2) mengkaji
kostum dari tokoh Jasmien, 3) mendisan rias wajah dan penataan rambut tokoh
Jasmien, 4) merias dan mengaplikasikan penataan rambut tokoh Jasmien pada
saat gladi bersih dan pelaksanaan Pagelaran Fairy Tales Of Fantasi.
Hasil rias wajah panggung pada tokoh Jasmien yang mempunyai sifat
protagonist, lemah lembut, anggun dan baik hati dengan penggunaan warna hijau,
merah dan emas. Warna hijau diaplikasikan pada kelopak mata yang
melambangkan kesegaran, harapan, keabadian dan kepercayaan. Warna merah
yang diaplikasikan pada bagian pangkal mata yang digunakan untuk
menggambarkan kebahagiaan. Warna emas yang melambangkan kemewahan,
kekayaan dan kesetiaan diaplikasikan pada haighlight yang mewakili tokoh
karakter Jasmien sebagai seorang putri raja. Penataan rambut tokoh Jasmien yang
menggunakan teknik kepang dan anyam di ikat menjadi satu pada puncak kepala.
Terselenggaranya pertunjukan tokoh Jasmien yang baru dalam cerita Aladin pada
pertunjukan Fairy Tales Of Fantasi di Taman Budaya Yogyakarta Concert Hall
pada tanggal 17 maret 2012 yang merupakan Proyek Akhir Program Studi Tata
Rias dan Kecantikan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kata Kunci : Rias Panggung, tokoh Jasmien, Fairy Tales Of Fantasi.NINGRUM RINA WIDYA2012-12-03T02:39:45Z2019-01-29T02:33:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8051This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80512012-12-03T02:39:45ZTATA RIAS PANGGUNG TOKOH PANGERAN DALAM CERITA
CINDERELLA PADA PERGELARAN TATA RIAS
FAIRY TALES OF FANTASYTujuan dari proyek ini untuk: 1) merancang kostum, tata rias panggung
dan penataan rambut tokoh Pangeran dalam cerita Cinderella pada pergelaran tata
rias Fairy Tales Of Fantasy 2) menata kostum, merias tata rias panggung dan
penataan rambut tokoh pangeran dalam cerita Cinderella pada pergelaran tata rias
Fairy Tales Of Fantasy 3) menyelengarakan pergelaran tata rias Fairy Tales Of
Fantasy yang menampilkan tokoh pangeran dalam cerita Cinderella.
Metode yang digunakan untuk merancang kostum, serta tata rias panggung
melalui beberapa tahapan: 1) mengkaji cerita Cinderella, mengetahui karakteristik
Pangeran dalam cerita dongeng, mencari sumber ide kostum, serta tata rias
panggung, menata kostum dan assesorisnya, serta mengaplikasikan tata rias
panggung melalui beberapa tahapan 2) uji coba kostum, tes make up, gladi kotor
dan gladi bersih. Menampilkan Pangeran dalam pergelaran melalui beberapa
tahap 3) memakaikan kostum, serta mengaplikasikan tata rias panggung
(memperhatikan keserasian gerakan, bentuk panggung, lighthing, dan tata musik)
dan pergelaran Fairy Tales Of Fantasy 2012.
Hasil dari proyek akhir ini 1) rancangan kostum Pangeran, tata rias
panggung serta penataan rambut 2) terwujudnya penataan kostum,
mengaplikasikan tata rias panggung tokoh Pangeran serta penataan rambut 3)
kostum tampil nyaman dikenakkan serta assesoris tidak menganggu saat
pergelaan, tata rias panggung tokoh Pangeran dan penataan rambut dalam cerita
Cinderella pada pergelaran tata rias Fairy Tales Of Fantasy di Taman Budaya
Yogyakarta.
Kata Kunci : Tata Rias Panggung, Kosmetik, Cerita Dongeng Cinderella.FLOREN LIKSENSIN2012-11-28T03:37:09Z2019-01-29T02:01:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7894This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78942012-11-28T03:37:09ZRIAS KARAKTER PANGERAN SIEGFRIED
DALAM CERITA SWAN LAKE
PADA PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYPembuatan Proyek Akhir berupa pergelaran tata rias ini
mengangkat tema Fairy Tales of Fantasy yang berarti cerita khayalan.
Proyek Akhir ini bertujuan untuk: 1) merancang make up karakter, penataan
rambut, kostum, dan aksesories tokoh Pangeran Siegfried. 2)
mengaplikasikan make up karakter, penataan rambut, kostum, dan
aksesories pada tokoh Pangeran Siegfried. 3) menampilkan tokoh pangeran
Siegfried dalam pagelaran Fairy Tales of Fantasy
Untuk menampilkan tokoh pangeran Siegfried pada pergelaran
Fairy Tales of Fantasy, metode pengembangan yang dilakukan adalah: 1)
mengkaji cerita Swan Lake, mencari sumber ide, dan merancang kostum,
tata rias wajah, dan penataan rambut pada tokoh pangeran Siegfried dalam
pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 2) mengaplikasikan rias wajah karakter,
menata rambut, memakai kostum untuk tokoh pangeran Siegfried dalam
Pergelaran Tata Rias Fairy Tales Of Fantasy, 3) menampilkan hasil make
up, kostum pada pergelaran Tata Rias Fairy Tales of Fantasy.
Hasil dari proses penataan tata rias, penataan rambut kostum dan
asesoris ini adalah: 1) tercipta rancangan tata rias dan kostum dalam warnawarna
putih, orange dan emas. Kostum terdiri dari tiga bagian, jas celana
pangjang dan tuxedo pangeran Siegfried. 2) tercipta rias karakter, yang
menggunakan prinsip rias korektif, rias panggung. Rias karakter bertujuan
untuk memunculkan karakter tokoh seorang pangeran yang gagah,
pemberani dan suka menolong. Rias korektif bertujuan untuk mengoreksi
bentuk wajah dan alat-alat wajah. Rias panggung karena pementasan
ditampilkan diatas panggung, maka rias panggung bertujuan agar penonton
dapat menikmati dari jarak jauh. 3) pergelaran ini dipertunjukan di gedung
Taman Budaya Yogyakarta pada tanggal 17 Maret 2012 dapat menarik
anak-anak dan generasi muda.
Kata kunci: Rias Karakter, Pangeran Siegfried, Fairy Tales Of FantasyLUSIANA RISYA2012-11-28T01:07:01Z2019-01-29T02:01:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7769This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77692012-11-28T01:07:01ZRIAS FANTASI TOKOH KURCACI BASHFUL DALAM
CERITA SNOW WHITE AND SEVEN DWARFS PADA
PERGELARAN FAIRYTALES OF FANTASYPembuatan tugas akhir ini memiliki tujuan: 1) Menghasilkan
desain make up dan body painting tokoh kurcaci Bashful, untuk kemudian
diaplikasikan pada tokoh kurcaci Bashful. 2) Menghasilkan desain tata
rambut tokoh kurcaci Bashful, untuk kemudian diaplikasikan pada tokoh
kurcaci Bashful. 3) Menghasilkan desain kostum dan akesoris yang tepat
pada tokoh kurcaci Bashful, untuk kemudian diaplikasikan pada tokoh
kurcaci Basful. 4) Menampilkan tokoh Bashful dalam pagelaran Fairytales
of Fantasy.
Metode yang digunakan dalam pembuatan Rias Fantasi dalam
cerita Snow White and Seven Dwarfs mempunyai tahapan-tahapan, yakni:
1) Mencari dan mengkaji sumber ide, menganalisis cerita, melakukan
diagnosa, menentukan warna dan melakukan uji coba make up untuk
merancang konsep make up dan body painting. 2) Merancang jenis
penataan, melakukan diagnosa dan melakasanakan uji coba penataan
rambut untuk mendesain penataan rambut. 3)Menentukan desain kostum
dengan cara menganalisis cerita, mempelajari tokoh dan ciri fisik tokoh
dan mencari sumber ide untuk pembutan kostum. 4) Merancang pagelaran
Fairytales of Fantasy dengan membentuk panitia, menentukan tanggal dan
lokasi, jenis panggung, dekorasi, lighting dan musik pengiring.
Hasil proyek akhir berupa pagelaran Fairytales of Fantasy yang
meliputi: 1) Hasil make up dan body painting dengan sumber ide badut
pemalu yang mengunakan perpaduan warna yang kontras seperti yakni
kuning, biru, ungu dan merah. 2) Hasil penataan rambut keseluruhan
dengan menggunakan wig merah kecoklatan yang dijahitkan dengan topi.
3) Hasil pembutan kostum yang terbuat dari bahan kain flanel dan furst
menjadi baju yang terdiri dari rompi dan celana serta beberapa aksesoris
yaitu topi, belt dan sepatu dengan perpaduan warna antara merah dan
kuning. 4) Pagelaran Fairytales of Fantasy dilaksanakan pada tanggal 17
Maret 2012 di gedung Taman Budaya Yogyakarta.YOSIMEIDA DHIENY 2012-11-28T01:06:11Z2019-01-29T02:01:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7767This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77672012-11-28T01:06:11ZRIAS FANTASI TOKOH PANGERAN FERDINAND DALAM
CERITA SNOW WHITE DI PERGELATugas Akhir ini dimaksudkan untuk: 1) menata kostum dan properti untuk
tokoh Pangeran Ferdinand pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 2) merancang dan
mengaplikasikan tata rias wajah dan body painting. 3) merancang dan menerapkan
tata rambut untuk tokoh Pangeran Ferdinand pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy
4) menampilkan kostum, tata rias wajah, body painting, tata rambut, dan properti
tokoh Pangeran Ferdinand dalam pergelaran Fairy Tales of Fantasy.
Metode untuk menampilkan Pangeran Ferdinand dalam cerita Snow White di
pergelaran Fairy Tales of Fantasy dilakukan melalui empat tahap yaitu: 1)
menentukan disain dengan cara mengetahui alur cerita, mengkaji referensi,
mempelajari tokoh, mencari sumber ide, dan merancang sajian gambar. 2) merancang
konsep make up dengan melakukan diagnosa, menentukan disain, menentukan warna
make up dan jenis kosmetik, dan melakukan uji coba make up. 3) merancang konsep
tata rambut dengan melakukan diagnosa, menentukan disain, menentukan kosmetik,
dan melakukan uji coba tata rambut. 4) melakukan tes rias dan gladi kotor yang
meliputi fitting baju, penyatuan gerak dan musik agar tercipta keserasian, gladi bersih
meliputi menata kostum, aplikasi tata rias wajah fantasi, body painting, tata rambut,
dan properti dengan gerak dan musik, pembentukan panitia.
Hasil penerapan pada tokoh Pangeran Ferdinand adalah: 1) tercipta kostum
pangeran yang simple, berwibawa, bijaksana dan pemberani yang meliputi baju tanpa
lengan berwarna putih, celana pendek berwarna hitam, jubah panjang berwarna biru,
belt berwarna hitam dipinggang, sepatu boot berwarna hitam, dan properti pangeran
yang melambangkan seorang kesatria gagah dan pemberani berupa sebuah pedang. 2)
tercipta tata rias dan body painting pangeran yang gagah, berwibawa, berani, dan
bijaksana yang meliputi rias fantasi pada wajah berupa garis-garis. 3) tercipta tata
rambut pangeran yang rapi. 4) terwujudnya kostum, tata rias, body painting, tata
rambut, dan properti pangeran untuk pergelaran Fairy Tales of Fantasy dan
terselenggarakannya pergelaran Fairy Tales of Fantasy dengan menampilkan tokoh
Pangeran Ferdinand.SARI DEWI PROBO 2012-11-28T01:05:02Z2019-01-29T02:01:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7765This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77652012-11-28T01:05:02ZTATA RIAS FANTASI TOKOH ODETTE DALAM CERITA SWAN LAKE
PADA PAGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYPembuatan proyek akhir ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan rancangan
tata rias wajah fantasi, penataan rambut, kostum dan body painting pada tokoh
Odette dalam cerita Swan Lake pada pagelaran Fairy Tales Of Fantasy 2)
menerapkan tata rias fantasi, penataan rambut, kostum dan body painting pada
tokoh Odette 3) menampilkan tokoh Odette dalam cerita Swan Lake pada
pagelaran Fairy Tales of Fantasy
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yaitu: 1) merancang
dengan cara mengetahui alur dongeng Swan Lake dan mengkaji teori,
mempelajari karakter tokoh Swan Lake, mencari sumber ide dan merancang sajian
gambar 2) menerapkan dengan cara melakukan tes make – up, tes penataan
rambut, gladi kotor yang meliputi: fitting kostum, gerak dan musik agar tercipta
kesatuan, gladi bersih yang meliputi: mengaplikasikan tata rias fantasi, penataan
rambut, kostum, body painting dengan penerapan tokoh Odette di atas panggug
serta penyesuaian tata cahaya dan musik 3) menampilkan tokoh Odette dalam
pagelaran Fairy Tales of Fantasy, menyusun kegiatan (latihan gladi kotor dan
gladi bersih) dan menyelenggarakan pagelaran Fairy Tales of Fantasy.
Hasil proyek akhir berupa pagelaran Fairy Tales of Fantasy yang meliputi:
1) terciptanya rancangan tata rias fantasi, penataan rambut, penataan kostum, body
painting pada tokoh Odette 2) terwujudnya tata rias fantasi dengan menggunakan
eye shadow warna putih pada kelopak, biru tua pada sudut mata dan merah muda
pada highlight serta menggunkan hiasan permata dan bulu angsa pada dahi,
penataan rambut dengan menggunakan sanggul berbentuk angsa yang dipasang di
atas kepala, penataan kostum yang menggunakan bulu angsa dan permata sebagai
hiasan kostum dan bordir pada tepi rok, body painting diplikasikan sesuai dengan
motif bordir pada tepi rok pada kostum tokoh Odette 3) terselenggaranya
pagelaran Fairy Tales Of Fantasy pada tanggal 17 Maret 2012 bertempat di
Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pukul 14.00 WIB dengan menampilkan tokoh
Odette dalam cerita Swan Lake pada pagelaran Fairy Tales Of Fantasy.FARAHDILLA DESSY2012-11-28T01:03:44Z2019-01-29T02:01:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7762This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77622012-11-28T01:03:44ZTATA RIAS KARAKTER TOKOH PANGERAN EUGENE
FITZHERBERT DALAM CERITA RAPUNZEL PADA PERGELARAN
FAIRY TALES OF FANTASYPembuatan Proyek Akhir ini bertujuan untuk: 1) merancang tata rias
wajah, penataan rambut, body painting/ face painting, dan kostum tokoh
pangeran Eugene Fitzherbert dalam cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales
of Fantasy. 2) menerapkan tata rias wajah, penataan rambut, body painting/ face
painting dan kostum tokoh Eugene Fitzherbert dalam cerita Rapunzel pada
pergelaran Fairy Tales of Fantasi. 3) menampilkan tokoh pangeran Eugene
Fitzherbert dalam cerita Rapunzel pada pagelaran Fairy Tales of Fantasy.
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan, yaitu: 1) merancang
dengan cara mengetahui alur cerita dongeng Rapunzel dan mengkaji teori untuk
mempelajari karakter tokoh pangeran Eugene Fitzherbert, mencari sumber ide
dan merancang tata rias wajah karakter, penataan rambut, body painting/ face
painting dan kostum. 2) menerapkan dengan melakukan tes rias wajah,
penataaan rambut, gladi kotor yang meliputi pengaplikasian tata rias wajah,
penataan rambut, body painting/ face painting dan kostum dengan menampilkan
tokoh diatas panggung serta penyesuaian tata cahaya dan musik. 3)
menampilkan tokoh Eugene Fitzherbert pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy
dengan menyusun kegiatan (latihan, gladi kotor, gladi bersih dan
penyelenggaraan pergelaran).
Hasil Proyek Akhir, yaitu: 1) terciptanya tata rias wajah karakter,
penataan rambut, body painting/ face painting, dan kostum tokoh pangeran
Eugene Fitzherbert dalam cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales of
Fantasy. 2) terwujudnya tata rias wajah karakter, penataan rambut, body
painting/ face painting, dan kostum tokoh pangeran Eugene Fitzherbert dalam
cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 3) terselenggaranya
pergelaran Fairy Tales of Fantasy di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta
pada tanggal 17 Maret 2012, dengan menampilkan tokoh pangeran Eugene
Fitzherbert dalam cerita Rapunzel.PURWANINGSIH DESI2012-11-27T08:00:01Z2019-01-29T02:01:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7722This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77222012-11-27T08:00:01ZTATA RIAS FANTASI TOKOH GAGAK DALAM DONGENG SWAN
LAKE PADA PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYTujuan Proyek Akhir, yaitu dapat : 1) menghasilkan rancangan tata rias
fantasi, tata rambut, body painting dan kostum tokoh gagak dalam dongeng Swan
Lake pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 2) menerapkan tata rias fantasi, tata
rambut, body painting dan kostum tokoh gagak. 3) menampilkan tata rias, tata
rambut, body painting dan kostum tokoh gagak dalam dongeng Swan Lake pada
pergelaran Fairy Tales of Fantasy.
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yaitu : 1) merancang dengan
cara mengetahui alur dongeng Swan Lake dan mengkaji teori, mempelajari tokoh
gagak, mencari sumber ide dan merancang sajian gambar. 2) menerapkan dengan
cara tes rias dan tes penataan rambut, gladi kotor yang meliputi fitting kostum,
penampilan panggung, dan musik agar tercipta kesatuan penampilan tokoh gagak di
atas panggung serta penyesuaian tata cahaya. 3) menampilkan pada pergelaran
dengan cara membentuk panitia, menentukan tempat dan waktu pergelaran,
menentukan sanggar teater, menyusun anggaran, menyusun kegiatan (latihan, gladi
kotor, gladi bersih dan menyelenggarakan pergelaran).
Hasil Proyek Akhir, yaitu : 1) terciptanya tata rias fantasi, tata rambut, body
painting dan kostum tokoh gagak dalam dongeng Swan Lake pada pergelaran Fairy
Tales of Fantasy. 2) terwujudnya rias wajah fantasi, tata rambut, body painting dan
kostum tokoh gagak dalam dongeng Swan Lake pada pergelaran Fairy Tales of
Fantasy. 3) terselenggaranya pergelaran Tata Rias dan Kecantikan dengan tema Fairy
Tales of Fantasy pada hari Sabtu tanggal 17 Maret 2012 di Concert Hall Taman
Budaya Yogyakarta dengan menampilkan tokoh gagak dalam dongeng Swan Lake.WIJAYANTI ATIK2012-11-27T03:50:22Z2019-01-29T02:01:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7667This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76672012-11-27T03:50:22ZRIAS FANTASI TOKOH RATU JAHAT CERITA SNOW WHITE DIPAGELARAN FAIRY TALES OF FANTASY Pembuatan Proyek Akhir dengan judul Rias Fantasi Tokoh Ratu Jahat
cerita Snow White di pergelaran Fairy Tales of Fantasy ini memiliki tujuan untuk:
1) menata kostum dan memilih aksesoris, properti untuk tokoh Ratu Jahat dalam
pagelaran Fairy Tales of fantasy, 2) merancang dan mengaplikasikan tata rias
wajah, facepainting, body painting tokoh Ratu Jahat dalam pagelaran Fairy tales
of fantasi, 3) mendesain dan mengaplikasikan penataan rambut untuk tokoh Ratu
Jahat dalam pagelaran Fairy tales of fantasy, 4) menampilkan kostum, tata rias
wajah, body painting dan penataan rambut untuk tokoh Ratu Jahat dalam
pagelaran Fairy tales of fantasy.
Metode yang digunakan dalam rias Fantasi tokoh Ratu Jahat melalui
tahapan: 1) menentukan desain meliputi pengkajian cerita Snow White, mencari
sumber ide dan merancang kostum serta memilih aksesoris, properti untuk tokoh
Ratu Jahat dalam pagelaran Fairy Tales of Fantasy, 2) menentukan karakter
tokoh, sumber ide menyerupai kalajengking, mengembangkan sumber ide,
menentukan unsur dan prinsip desain yang dipakai dan menentukan sketsa, 3)
mencari sumber ide dan merancang sanggul untuk tokoh Ratu Jahat dalam
pagelaran Fairy tales of Fantasy, 4) pada tahap menampilkan meliputi menyusun
panitia, menyusun kegiatan, melaksanakan Gladi bersih, menampilkan pagelaran
Fairy tales of fantasy.
Hasil dari proses penciptaan rias Fantasi Ratu Jahat menggunakan sumber
ide kalajengking yakni, 1) warna kostum ratu jahat dengan menggunakan warna
merah dan hitam merupakan ciri kejahatan, terdiri dari jubah dan rok dibuat
panjang agar dapat mencirikan feminitas seorang ratu, 2) terciptanya suatu riasan
yang menunjukkan unsur jahat dengan pemilihan warna eyeshadow merah, hitam
dan ungu, kemudian dengan adanya tato kalajengking merupakan sumber ide
yang mempunyai arti emosional, pendendam dan ambisius digunakan dalam rias
tokoh Ratu Jahat, 3) penataan rambut yang dibuat penataan puncak berbentuk
menyerupai badan kalajengking membuat tokoh Ratu Jahat terlihat sombong,
mempunyai sifat jahat dan kejam pada pagelaran Fairy Tales of Fantasy, 4)
pagelaran drama musikal yang dipertunjukkan di gedung Taman Budaya
Yogyakarta pada tanggal 17 Maret 2012 dapat menarik minat masyarakat yang
ingin menyaksikan.WIDAYATI ANGELINA2012-10-29T01:40:38Z2019-01-29T02:00:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6882This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68822012-10-29T01:40:38ZRIAS KARAKTER TOKOHJIN PADA CERITA ALADIN DAN JASMINE DALAM PERGELARAN TATA RIAS FAIRYTALES OF FANTASYRINGO ERIKA SIRINGO 2012-10-24T00:26:15Z2019-01-29T01:58:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6793This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67932012-10-24T00:26:15ZRIAS FANTASI TOKOH RAMPAK PUTRI PENARI PADA PERGELARAN
TATA RIAS “THE FUTURISTIC OF RAMAYANA”
Proyek akhir ini bertujuan untuk: (1) merancang dan menata kostum serta aksesoris yang digunakan oleh Rampak Putri Penari pada pergelaran tata rias “The Futuristic of Ramayana”, (2) merancang dan menata rias wajah yang digunakan oleh Rampak Putri Penari pada pergelaran tata rias “The Futuristic of Ramayana”, (3) merancang dan menata rambut yang digunakan oleh Rampak Putri Penari pada pergelaran tata rias ”The Futuristic of Ramayana”, (4) mampu menampilkan tokoh Rampak Putri Penari pada pergelaran tata rias “The Futuristic of Ramayana”.
Metode pengembangan yang dilakukan ada 4 tahap, (1) mengumpulkan buku-buku tentang Ramayana dan mengkaji tentang Rampak Putri Penari serta mencari sumber ide tentang kostum, (2) menentukan warna riasan dan memilih kosmetika yang akan digunakan, merancang kostum, aksesoris, tata rias wajah, rancangan kostum, dan rancangan pergelaran, (3) tata rias Rampak Putri Penari menggunakan tata rias fantasi cantik serta penataan rambut Rampak Putri Penari menggunakan bentuk sanggul topmest(4) merupakan evaluasi pencocokan antara kostum, aksesoris, tata rias wajah serta penataan rambut.
Hasil dari Proyek Akhir ini adalah: (1) terciptanya rancangan dan kostum fantasi Rampak Putri Penari yang terdiri dari potongan pola three pieces, kamisol, serta rok line”A” yang dipotong menjadi lima bagian, (2) terciptanya rancangan dan penataan tata rias fantasi cantik Rampak Putri Penari pada pergelaran “The Futuristic of Ramayana”, serta terjadi perubahan pada warna eyesahdow yang seharusnya tidak menggunakan warna merah, pada pergelaran warna merah digunakan, (3) terciptanya rancangan dan penataan sanggul fantasi Rampak Putri Penari pada pergelaran “The Futuristic of Ramayana”, (4) terciptanya pertunjukan pergelaran sendratari Ramayana dengan judul “The Futuristic of Ramayana” yang diselenggarakan di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta pada 17 April 2011pukul 13.00 WIB.
PRATIWI AMRY DIAN 2012-10-22T23:47:32Z2019-01-29T01:57:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6761This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67612012-10-22T23:47:32ZRIAS FANTASI TOKOH KURCACI GRUMPY DALAM CERITA SNOW WHITE DI PERGELARAN TUGAS AKHIR “FAIRYTALES OF FANTASY”
Pembuatan Proyek Akhir ini bertujuan untuk: 1) mendisain dan mengaplikasikan tata rias fantasi kurcaci Grumpy, 2) mendisain dan memakaikan kostum kurcaci Grumpy, 3) merancang dan menampilkan pagelaran Fairytales of fantasy
Metode yang digunakan untuk menampilkan tata rias fantasi tokoh Kurcaci Grumpy cerita Snow White adalah sebagai berikut: 1) mengkaji sumber cerita, menganalisis tokoh Grumpy untuk mengetahui sifat dan ciri fisik, menentukan konsep disain make up, memilih warna make up, melakukan tes make up, dan menampilkan hasil make up, 2) mempelajari tokoh dan ciri fisik tokoh dan mencari sumber ide, menentukan disain kostum dengan cara menganalisis tokoh kurcaci Grumpy, 3) merancang pergelaran Fairytales of Fantasy dengan membentuk panitia, menentukan tanggal dan lokasi, jenis panggung, dekorasi, lighting dan musik pengiring.
Hasil penataan rias fantasi tokoh Kurcaci Grumpy cerita Snow White adalah: 1) rias fantasi tokoh Kurcaci Grumpy dengan sumber ide badut yang memiliki sifat lucu atau penghibur diterapkan pada penerapan rias mata yang menggunakan tiga warna yakni merah, biru, kuning dan bibir yang dibuat melebar dan menaik keatas mengesankan lucu seperti bentuk bibir badut, 2) hasil pembuatan kostum yang terbuat dari bahan kain flannel dan fur menjadi baju yang terdiri dari rompi, celana serta menggunakan asesoris seperti topi, belt, dan sepatu dengan perpaduan warna antara merah dan coklat, 3) pergelaran Fairytales of Fantasy pada tanggal 17 maret 2012 digedung Taman Budaya Yogyakarta.
Imaningrum Puspa 2012-10-22T23:40:58Z2019-01-29T01:57:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6759This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67592012-10-22T23:40:58ZRias Karakter Tokoh Rampak Kera Prabekti Ratih2012-10-18T00:14:44Z2019-01-29T01:56:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6670This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66702012-10-18T00:14:44ZTATA RIAS FANTASI TOKOH VONT ROTHBART DALAM CERITA SWAN LAKE PADA PAGELARAN FAIRY TALES OF FANTASI
Tujuan Proyek Akhir yaitu: 1) menghasilkan rancangan tata rias wajah fantasi, penataan rambut, body painting dan kostum tokoh Von Rothbart dalam cerita Swan Lake pada pergelaran Fairy Tales Of Fantasy. 2) menerapkan tata rias wajah fantasi, penataan rambut, body painting dan kostum tokoh Von Rothbart dalam cerita Swan Lake pada pergelaran Fairy Tales Of Fantasi. 3) menampilkan tokoh Vont Rothbart dalam cerita Swan Lake pada pergelaran Fairy Tales Of Fantasy.
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan, yaitu: 1) mengkaji cerita Swan Lake, mengetahui karakteristik Vont Rothbart pada film kartun berjudul Barbie Swan Lake, mencari sumber ide kostum dan pelengkapnya, serta mendisain rias fantasi, 2) melakukan test make-up, mengaplikasikan rias fantasi, penataan rambut, dan menata kostum tokoh Vont Rothbart dalam pergelaran Fairy Tales Of Fantasy, 3) menampilkan hasil rias fantasi dan kostum tokoh Vont Rothbart pada pagelaran Fairy Tales Of Fantasy.
Hasil Proyek Akhir, yaitu: 1) tercipta rancangan tata rias wajah fantasi, penataan rambut simetris, body painting burung gagak dibagian dada, kostum berupa jubah dengan bulu-bulu hitam, dan assesoris berupa sepatu boot pada tokoh Vont Rothbart, 2) terwujudnya tata rias fantasi dengan warna ungu, biru dan hitam pada riasan mata, menggunakan hidung palsu yang terbuat dari latek, serta penataan rambut asimetris, juga kostum berupa jubah panjang dan gagah pada saat pertunjukan disesuaikan dengan konsep-konsep yang telah dirancang, 3) terselenggaranya pergelaran Tata Rias dan Kecantikan yang dilaksanakan di gedung Taman Budaya Yogyakarta pada tanggal 17 April 2012 pukul 14.00 dengan menampilkan tokoh Vont Rothbart pada dongeng Swan Lake dalam pergelaran Fairy Tales of Fantasy.Wahyuni Dwi 2012-10-18T00:11:49Z2019-01-29T01:56:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6669This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66692012-10-18T00:11:49ZTATA RIAS FANTASI TOKOH PUTRI DALAM CERITA RAPUNZEL PADA PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYPembuatan Proyek Akhir ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan rancangan tata rias wajah fantasi, body painting, penataan rambut dan kostum fantasi tokoh putri dalam cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy, 2) mengaplikasikan tata rias wajah fantasi, body painting, penataan rambut dan kostum tokoh putri dalam cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales of Fantasi, 3) menampilkan tokoh putri dalam cerita Rapunzel pada pagelaran Fairy Tales of Fantasy.
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan, yaitu: 1) merancang tata rias wajah fantasi dengan cara mengetahui alur cerita dongeng Rapunzel dan mengkaji teori untuk mempelajari karakter tokoh putri, mencari sumber ide dan merancang tata rias wajah fantasi, body painting, penataan rambut dan kostum, 2) menerapkan tata rias wajah fantasi dengan melakukan tes rias wajah, penataaan rambut, gladi kotor yang meliputi pengaplikasian tata rias wajah, penataan rambut, body painting dan kostum dengan menampilkan tokoh diatas panggung serta penyesuaian tata cahaya dan music, 3) menampilkan tokoh putri Rapunzel melalui pergelaran Fairy Tales of Fantasy dengan menyusun kegiatan (latihan, gladi kotor, gladi bersih dan penyelenggaraan pergelaran).
Hasil Proyek Akhir, yaitu: 1) terciptanya rancangan tata rias wajah fantasi, rancangan body painting, rancangan penataan rambut dan rancangan kostum tokoh putri dalam cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy, 2) terwujudnya tata rias wajah fantasi, body painting, penataan rambut dan penataan kostum tokoh putri dalam cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy, 3) terselenggaranya pergelaran Fairy Tales of Fantasy di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta pada tanggal 17 Maret 2012, dengan menampilkan tokoh putri dalam cerita Rapunzel.
Novita Sri Winani 2012-10-11T01:38:54Z2019-01-29T01:56:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6623This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66232012-10-11T01:38:54ZRias Fantasi Tokoh Ratu Peri Dalam Dongeng Swan LakePuspita Kartika 2012-09-06T15:46:11Z2019-01-29T01:48:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5336This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53362012-09-06T15:46:11ZRIAS FANTASI TOKOH UNICORN DALAM CERITA SWAN LAKE PADA PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYPembuatan Proyek Akhir ini digunakan dengan tujuan: 1) merancang tata rias wajah Unicorn, penataan rambut Unicorn, body painting Unicorn, dan kostum Unicorn dalam Pergelaran Fairys Tales of Fantasi, 2) menerapkan tata rias wajah Unicorn, penataan rambut Unicorn, body painting Unicorn, dan kostum Unicorn dalam Pergelaran Fairys Tales of Fantasi, 3) menampilkan tata rias wajah Unicorn, penataan rambut Unicorn, body painting Unicorn, dan kostum Unicorn diatas panggung dalam cerita Swan Lake pada Pergelaran Fairys Tales of Fantasi.
Metode yang digunakan untuk rias fantasi tokoh Unicorn dalam Pergelaran Fairys Tales of Fantasi memiliki beberapa tahap diantaranya: 1) merancang disain rias fantasi dengan cara mencari kajian tentang alur cerita, mempelajari tokoh, menentukan sumber ide, mengkaji teori rias fantasi, 2) menerapkan disain rias fantasi yang meliputi rias wajah/face painting, penataan rambut, body painting serta kostum pada tokoh Unicorn dalam Pergelaran Fairy Tales of Fantasy, 3) menampilkan rias fantasi diatas panggung dengan mengkaji tentang teori tata panggung, lighting dan musik.
Hasil Proyek Akhir yaitu: 1) tata rias wajah Unicorn merupakan perwujudan dari rias fantasi binatang kuda, penataan rambut Unicorn dengan model pangkasan yang menyerupai rambut kuda, body painting warna turquoise/ tosca dengan motif Unicorn yang diaplikasikan di dada dan punggung, dan kostum fantasi tokoh Unicorn dengan sumber ide pelana kuda. 2) penerapan rias wajah tidak sesuai untuk wajah pemain yang memerankan tokoh Unicorn, penataan rambut sesuai dengan rancangan, body painting mengalami perubahan warna menjadi ungu dan letak motif Unicorn, dan kostum sesuai dengan sumber ide 3) penerapan rias wajah, penataan rambut, serta body painting diatas panggung terlihat gelap dan hampir hitam karena lighting yang tidak sesuai dengan rancangan, penerapan kostum dalam segi warna terjadi perubahan dari turquoise/ tosca menjadi hijau sedangkan dalam segi ukuran terjadi ketidaknyamanan dalam pemakaian kostum dan ukuran kostum yang tidak pas sehingga kostum mudah lepas saat pemain bergerak.
Raswati Ardana Galih 2012-09-06T15:42:23Z2019-01-29T01:48:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5335This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53352012-09-06T15:42:23ZRIAS KARAKTER TOKOH ALADDIN DALAM DONGENG ALADDIN &LAMPU AJAIB PADA FAIRY TALES OF FANTASY
Tujuan dari Proyek Akhir adalah untuk: (1) mendapatkan rancangan tata rias wajah karakter, rancangan penataan rambut, dan body painting tokoh Aladdin dalam dongeng Aladdin dan Lampu Ajaib pada pergelaran Fairy Tales Of Fantasy. (2) menerapkan tata rias wajah karakter, penataan rambut, dan body painting tokoh Aladdin dalam dongeng Aladdin dan Lampu Ajaib pada pergelaran Fairy Tales Of Fantasy.(3) dapat menampilkan tokoh Aladdin dalam dongeng Aladdin dan Lampu Ajaib pada pergelaran Fairy Tales Of Fantasy.
Metode yang dilakukan, yaitu: (1) mengkaji dongeng Aladdin dan Lampu Ajaib untuk mengetahui karakter tokoh Aladdin, mencari sumber ide kemudian menerapkannya, menentukan unsur dan prinsip disain yang digunakan. (2) uji coba make up, uji coba penataan rambut, uji coba body painting, dan uji coba kostum. (3) melakukan gladi bersih sebelum pergelaran dan melakukan pementasan pada saat pergelaran.
Hasil dari Proyek Akhir ini yaitu (1) terciptanya rias wajah, penataan rambut, body painting, dan kostum yang sesuai dengan konsep rancangan yang telah dibuat, (2) terwujudnya penataan kostum serta rias karakter tokoh Aladdin yang baru meliputi rias wajah, penataan rambut, dan body painting. (3) terselenggaranya pergelaran tokoh Aladdin dalam dongeng Aladdin dan Lampu Ajaib pada pergelaran Fairy Tales Of Fantasy di Taman Budaya Yogyakarta Concert Hall pada hari sabtu tanggal 17 Maret 2012 pukul 14.00 WIB yang merupakan proyek akhir program studi Tata Rias dan Kecantikan.
Dewi Nina Kurnia 2012-08-27T14:33:18Z2019-01-29T01:47:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4369This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43692012-08-27T14:33:18ZTATA RIAS FANTASI TOKOH PERI MERAH DALAM CERITA SLEEPING BEAUTY PADA PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASY
Pembuatan proyek akhir ini bertujuan: 1) mendesain dan mengaplikasikan kostum fantasi Peri Merah dalam cerita Sleeping Beauty pada pagelaran Fairy Tales Of Fantasy, 2) Mendesain dan mengpalikasikan make up fantasi Peri Merah dalam cerita Sleeping Beauty pada pagelaran Fairy Tales Of Fantasy, 3) mendesain dan mengaplikasikan tatanan rambut fantasi Peri Merah dalam cerita Sleeping Beauty pada pagelaran Fairy Tales Of Fantasy.
Metode menampilkan tata rias fantasi tokoh Peri Merah cerita Sleeping Beauty adalah sebagai berikut: 1) mendesain kostum fantasi Peri Merah, 2) mendesain make up fantasi tokoh Peri Merah, 3) Mendesain dan menampilkan tatanan rambut Peri Merah dalam Fairy Tales Of Fantasy.
Hasil penataan rias fantasi tokoh Peri Merah cerita Sleeping Beauty adalah: pembahasan kostum untuk tokoh Peri Merah dirancang untuk menunjukkan gambaran seorang wanita yang bersifat ghaib, 2) Rias wajah yang diterapkan pada tokoh Peri Merah merupakan rias fantasi yang menggambarkan peri merah yang cantik dan berwibawa namun memiliki watak baik hati, 3) penataan rambut tokoh Peri Merah berbeda dengan desain, hanya pada bagian poni berubah karena adanya penambahan warna poni menjadi warna kuning dengan menyemprotkan hair spray warna kuning emas agar terkesan tampak lebih glamour.
DAMAYANTI DEWI 2012-08-07T00:42:39Z2019-01-29T01:46:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2992This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29922012-08-07T00:42:39ZBUSANA PESTA MALAM DENGAN SUMBER IDE BENTENG KUTO BESAK DAN DITAMPILKAN DALAM PAGELARAN BUSANA NEW LIGHT HARITAGE
KURNIASTUTI MARISA 2012-07-23T05:00:07Z2019-01-29T01:46:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2574This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25742012-07-23T05:00:07ZTATA RIAS FANTASI PERI HIJAU DALAM CERITA SLEEPING BEAUTY
PADA PERGELARAN TATA RIASTHE FAIRY TALES OF FANTASYKonstantia Monika Ajeng 2012-07-16T01:27:02Z2019-01-29T01:46:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2314This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23142012-07-16T01:27:02ZRIAS FANTASI TOKOH KURCACI BASHFUL DALAM CERITA SNOW WHITE AND SEVEN DWARFS PADA PERGELARAN FAIRYTALES OF FANTASYYOSIMEIDA DHIENY 2012-07-10T01:55:53Z2019-01-29T01:44:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2003This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20032012-07-10T01:55:53ZRIAS FANTASI TOKOH ANGSA DALAM CERITA SWAN LAKE PADA
PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASY
Mitaningsih Ranti 2012-07-10T01:45:53Z2019-01-29T01:44:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2001This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20012012-07-10T01:45:53ZTATA RIAS KARAKTER TOKOH ANASTASIA DALAM DONGENG CINDERELA
PADA PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASY MARANTIKA KSAKTIANA 2012-07-10T01:44:16Z2019-01-29T01:44:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2000This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20002012-07-10T01:44:16ZRIAS FANTASI TOKOH PANGERAN FERDINAND DALAM CERITA SNOW WHITE DI PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASY SARI DEWI PROBO 2012-07-10T01:36:51Z2019-01-29T01:44:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1997This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19972012-07-10T01:36:51ZTATA RIAS KARAKTER TOKOH TIKUS DALAM CERITA CINDERELLA PADA PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYPurwaningsih Yuli 2012-07-10T01:34:45Z2019-01-29T01:42:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1996This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19962012-07-10T01:34:45ZRIAS FANTASI TOKOH RATU JAHAT CERITA SNOW WHITE DIPAGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYWidayati Angelina 2012-07-10T01:32:51Z2019-01-29T01:42:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1995This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19952012-07-10T01:32:51ZTATA RIAS FANTASI TOKOH ODETTE DALAM CERITA SWAN LAKE PADA PAGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYPembuatan proyek akhir ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan rancangan tata rias wajah fantasi, penataan rambut, kostum dan body painting pada tokoh Odette dalam cerita Swan Lake pada pagelaran Fairy Tales Of Fantasy 2) menerapkan tata rias fantasi, penataan rambut, kostum dan body painting pada tokoh Odette 3) menampilkan tokoh Odette dalam cerita Swan Lake pada pagelaran Fairy Tales of Fantasy
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yaitu: 1) merancang dengan cara mengetahui alur dongeng Swan Lake dan mengkaji teori, mempelajari karakter tokoh Swan Lake, mencari sumber ide dan merancang sajian gambar 2) menerapkan dengan cara melakukan tes make – up, tes penataan rambut, gladi kotor yang meliputi: fitting kostum, gerak dan musik agar tercipta kesatuan, gladi bersih yang meliputi: mengaplikasikan tata rias fantasi, penataan rambut, kostum, body painting dengan penerapan tokoh Odette di atas panggug serta penyesuaian tata cahaya dan musik 3) menampilkan tokoh Odette dalam pagelaran Fairy Tales of Fantasy, menyusun kegiatan (latihan gladi kotor dan gladi bersih) dan menyelenggarakan pagelaran Fairy Tales of Fantasy.
Hasil proyek akhir berupa pagelaran Fairy Tales of Fantasy yang meliputi: 1) terciptanya rancangan tata rias fantasi, penataan rambut, penataan kostum, body painting pada tokoh Odette 2) terwujudnya tata rias fantasi dengan menggunakan eye shadow warna putih pada kelopak, biru tua pada sudut mata dan merah muda pada highlight serta menggunkan hiasan permata dan bulu angsa pada dahi, penataan rambut dengan menggunakan sanggul berbentuk angsa yang dipasang di atas kepala, penataan kostum yang menggunakan bulu angsa dan permata sebagai hiasan kostum dan bordir pada tepi rok, body painting diplikasikan sesuai dengan motif bordir pada tepi rok pada kostum tokoh Odette 3) terselenggaranya pagelaran Fairy Tales Of Fantasy pada tanggal 17 Maret 2012 bertempat di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pukul 14.00 WIB dengan menampilkan tokoh Odette dalam cerita Swan Lake pada pagelaran Fairy Tales Of Fantasy.
Farahdilla Dessy 2012-07-10T01:30:02Z2019-01-29T01:42:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1994This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19942012-07-10T01:30:02ZTATA RIAS PANGGUNG TOKOH JASMIEN DALAM DONGENG ALADIN DI PERGELARAN TATA RIAS FAIRY TALES OF FANTASIWidyaningrum Rina 2012-07-10T01:27:56Z2019-01-29T01:42:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1993This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19932012-07-10T01:27:56ZTATA RIAS FANTASI TOKOH GAGAK DALAM DONGENG SWAN LAKE PADA PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASYTujuan Proyek Akhir, yaitu dapat : 1) menghasilkan rancangan tata rias fantasi, tata rambut, body painting dan kostum tokoh gagak dalam dongeng Swan Lake pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 2) menerapkan tata rias fantasi, tata rambut, body painting dan kostum tokoh gagak. 3) menampilkan tata rias, tata rambut, body painting dan kostum tokoh gagak dalam dongeng Swan Lake pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy.
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yaitu : 1) merancang dengan cara mengetahui alur dongeng Swan Lake dan mengkaji teori, mempelajari tokoh gagak, mencari sumber ide dan merancang sajian gambar. 2) menerapkan dengan cara tes rias dan tes penataan rambut, gladi kotor yang meliputi fitting kostum, penampilan panggung, dan musik agar tercipta kesatuan penampilan tokoh gagak di atas panggung serta penyesuaian tata cahaya. 3) menampilkan pada pergelaran dengan cara membentuk panitia, menentukan tempat dan waktu pergelaran, menentukan sanggar teater, menyusun anggaran, menyusun kegiatan (latihan, gladi kotor, gladi bersih dan menyelenggarakan pergelaran).
Hasil Proyek Akhir, yaitu : 1) terciptanya tata rias fantasi, tata rambut, body painting dan kostum tokoh gagak dalam dongeng Swan Lake pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 2) terwujudnya rias wajah fantasi, tata rambut, body painting dan kostum tokoh gagak dalam dongeng Swan Lake pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 3) terselenggaranya pergelaran Tata Rias dan Kecantikan dengan tema Fairy Tales of Fantasy pada hari Sabtu tanggal 17 Maret 2012 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta dengan menampilkan tokoh gagak dalam dongeng Swan Lake.
Wijayanti Atik 2012-07-10T01:21:04Z2019-01-29T01:42:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1991This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19912012-07-10T01:21:04ZRIAS KARAKTER TOKOH BEAST DALAM CERITA BEAUTY AND THE BEAST PADA PERGELARAN TATA RIAS FAIRY TALES OF FANTASY DEWI AFIN PURNA 2012-07-10T01:18:40Z2019-01-29T01:42:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1990This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19902012-07-10T01:18:40ZTATA RIAS KARAKTER TOKOH PANGERAN EUGENE FITZHERBERT DALAM CERITA RAPUNZEL PADA PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASY
Pembuatan Proyek Akhir ini bertujuan untuk: 1) merancang tata rias wajah, penataan rambut, body painting/ face painting, dan kostum tokoh pangeran Eugene Fitzherbert dalam cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 2) menerapkan tata rias wajah, penataan rambut, body painting/ face painting dan kostum tokoh Eugene Fitzherbert dalam cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales of Fantasi. 3) menampilkan tokoh pangeran Eugene Fitzherbert dalam cerita Rapunzel pada pagelaran Fairy Tales of Fantasy.
Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan, yaitu: 1) merancang dengan cara mengetahui alur cerita dongeng Rapunzel dan mengkaji teori untuk mempelajari karakter tokoh pangeran Eugene Fitzherbert, mencari sumber ide dan merancang tata rias wajah karakter, penataan rambut, body painting/ face painting dan kostum. 2) menerapkan dengan melakukan tes rias wajah, penataaan rambut, gladi kotor yang meliputi pengaplikasian tata rias wajah, penataan rambut, body painting/ face painting dan kostum dengan menampilkan tokoh diatas panggung serta penyesuaian tata cahaya dan musik. 3) menampilkan tokoh Eugene Fitzherbert pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy dengan menyusun kegiatan (latihan, gladi kotor, gladi bersih dan penyelenggaraan pergelaran).
Hasil Proyek Akhir, yaitu: 1) terciptanya tata rias wajah karakter, penataan rambut, body painting/ face painting, dan kostum tokoh pangeran Eugene Fitzherbert dalam cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 2) terwujudnya tata rias wajah karakter, penataan rambut, body painting/ face painting, dan kostum tokoh pangeran Eugene Fitzherbert dalam cerita Rapunzel pada pergelaran Fairy Tales of Fantasy. 3) terselenggaranya pergelaran Fairy Tales of Fantasy di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta pada tanggal 17 Maret 2012, dengan menampilkan tokoh pangeran Eugene Fitzherbert dalam cerita Rapunzel.
Purwaningsih Desi 2012-07-10T01:07:05Z2019-01-29T01:42:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1989This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19892012-07-10T01:07:05ZRias Wajah Fantasi Tokoh Raja Dalam Cerita Rapunzel Pada Pergelaran Tata Rias Fairy Tales of Fantasy
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK se-Kabupaten Sleman tahun ajaran 2011/2012; 2) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK se-Kabupaten Sleman tahun ajaran 2011/2012; 3) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan masyarakat dengan prestasi belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK se-Kabupaten Sleman tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini bersifat ex-post facto dengan sampel 200 siswa dari total populasi 671 siswa yang dipilih secara Proportionate Random Sampling dan Nomogram Harry King untuk menentikan populasi dengan tingkat kesalahan 5%. Populasi didapatkan dari SMK jurusan otomotif kelas XI, yang berjumlah 16 SMK dan terdiri dari 2 SMK Negeri dan 14 SMK swasta. Data ini dianalisis secara pearson product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Lingkungan Keluarga berhubungan positif dan signifikan dengan Prestasi Belajar (r=0,391; p<0,05); Lingkungan Sekolah berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi Belajar (r=0,556; p<0,05); Lingkungan Masyarakat berhubungan positif dan signifikan dengan prestasi Belajar (r=0,249; p<0,05). Lingkungan Sekolah memiliki hubungan yang terkuat dan Lingkungan masyarakat memiliki hubungan yang terlemah dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK se-Kabupaten Sleman. Semakin besar angka koefisien korelasi, berarti semakin baik model korelasi tersebut karena variabel bebas dapat menjelaskan variabel terikat secara lebih baik.
Perwitasari Hana Melita 2012-07-09T07:25:02Z2019-01-29T01:41:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1958This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19582012-07-09T07:25:02ZRIAS FANTASI TOKOH PUTRI AURORA DALAM CERITA SLEEPING BEAUTY PADA PAGELARAN TATA RIAS FAIRY TALES of FANTASY Kamal Intan 2012-07-06T03:48:57Z2019-01-29T01:41:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1822This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18222012-07-06T03:48:57ZTATA RIAS PUTRI CINDERELLA PADA PERGELARAN FAIRY TALES OF FANTASY Aulinawati Metty Nur 2012-07-03T07:46:36Z2019-01-29T01:39:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1463This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14632012-07-03T07:46:36ZTATA RIAS PANGGUNG TOKOH PANGERAN DALAM CERITA CINDERELLA PADA PERGELARAN TATA RIAS FAIRY TALES OF FANTASYFloren Liksensin