Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:52:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-09-12T12:47:51Z2019-10-02T02:16:40Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5541This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55412012-09-12T12:47:51ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK KULIAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISW A UNTUK BELAJAR MANDIRIPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kebiasaan menyimak kuliah mahasiswa dan meningkatkan keterampilan menyimak kuliah mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengikuti kuliah Menyimak pada semester gasal dan genap tahun akademik 1998/1999. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus besar. Setiap siklus terdiri dari empat langkah, yakni perencanaan, implementasi tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Instrumen pemantauan berupa catatan lapangan dan angket reflektit: sedangkan instrumen evaluasi berupa angket kebias8an menyimak kuliah dan tes keterampilan menyimak kuliah. Hasil penelitian tindakan ini adalah (1) penerapan strategi menyimak kuliah model Pemetaan yang kemudian dikembangkan dan disempumakan dengan penerapan model Cornel University telah dapat mengembangkan kebiasaan menyimak kuliah mahasiswa, (2) jika dibandingkan penerapan strategi menyimak kuliall antara model Cornell University dengan model Pemetaan, model Cornell University, yang menurut tim peneliti bisa disebut sebagai pengembangan atau penyempurnaan dari model Pemetaan, lebih dapat mengembangkan kebiasaan menyimak kuliah mahasiswa, (3) penerapan strategi menyimak kuliah model Pemetaan yang kemudian dikembangkan dan disempurnakan dengan penerapan model Cornel University hanya sedikit dapat meningkatkan keterampilan menyimak kuliah mahasiswa, dan (4) sedikitnya peningkatan keterampilan menyimak kuliah mahasiswa dimungkinkan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya (a) tidak adanya kontrol yang ketat ketika mahasiswa menerapkan strategi yang diminta di rumah, (b) banyaknya faktor yang mempengaruhi keterampilan menyimak kuliah dan penggunaan strategi itu hanyalah salah satu di antaranya, (c) penggunaan instrumen tes menyimak kuliah yang belum sempurna, dan (d) keadaan subjek penelitian itu biasanya memiliki sikap dan motivasi yang rendah, serta (5) dalam kaitannya dengan prestasi belajar mahasiswa, penerapan strategi menyimak kuliah model Cornell University telah dapat meningkatkan indeks prestasi belajar mahasiswa. Syamsi Kastam. Sudiati2012-09-12T11:45:49Z2019-10-02T02:16:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5533This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55332012-09-12T11:45:49ZHubungan Tingkat Ekonomi Orang Tua Intensitas Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Deonan Aspirasi Belajar anakPenelitian mengeoai HubWlgantingknt ekonomi orang tua Intensitas komuoikasi orang tua d~ngan anale dengan Efektifitas pengarahan Aspirasi belajar anale bertujuan Wltuk mengetahui: (I). Hubunganantara tingkatekonomiorang tua dengwlefektifitas pengarahan aspirasi belajar anak (2). HubungaoanCara intensitas komunikasi orang tua deng8l1anal< denganefektifitas pengarahan aspirasi bel~ar anak (3). Hubunganantara tingkat ekonomi orang tua yang didukungintensitas komunikasi orang tua dengan anale deogao efektifitas pengarahanaspirasi beJajar anale. Subyek penelitian ini adaIah siswa SMPNegeri PakemSlemantabunajaran 1994/1995, dari populasi siswa sebanyak 356 diambil sebanyak 100 siswa sebagai sampal dalam penelitian ini dengan tclmik Proporsional Stratified RWldom Sampling . Tehoik pengwnpulandata dengao menggunaleanangket. Validitas instrwnen dengan mengguoakan LogicalValidity clandilakukanUji Reliabilitas denganmellggunaleanTehoik belah dua. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakaoKorelasi Oanda denganbantuan Program FX 3600 dengan hasil sebagai berikut : (I). Terdapat korelasi positip antara tiogkat ekonomi orang tua deogan efektifitas pengarahan aspirasi belajar analepada taraf 99 % ( r = 0,3885 ). Hal ini terkaodWIgarti babwa ada WlBur-unsur keadaan ekonomi orang tua yang berubah secara bersama-swoa dengan lUlSur-lUlsur efektifitaspengarahanaspirasi belajar anale.(2). Terdapat korelasi positip antara intensitas komWlikasiorang tua dengananak denganefektifitaspengarahanaspirasi belajar analepada taraf 99 % (r = 0,3969 ). Hal ini terkandung arti bahwa ada Wlsur-unsur iotensitas komWlikasiorang tua dengan Male dengan yang berubah secara bersama-sama dengmt WlSUf-WlSUeffektifitas peogarahan aspirasi belajar aoak . (3). Terdapatkorelasiganda antara tingkatekonomiorang tua yang didulamgoleh intensitaskomunikasiorang tua dengmt anak dengan efektifitas pengarahan aspirasi belaJar anak pada taraf 99 % ( R = 0,2821 ). Hal ini terkandung arti pengaruh variabel tingka( ekonomi dan variabel intensitas komWlikasisecara bersama-sama terhadap variabel efektifitaspengarahan aspirasi belajar anak. Hasil pengujian hipotesa tersebut menWljukanbahwa baik secara teoritik maupWl secara induktif.hipotesa penelitian yangdiajukan dapat terbuktikebenarannya.Sukardi Joko Sri2012-09-12T11:00:24Z2019-10-02T02:16:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5528This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55282012-09-12T11:00:24ZFAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JUJRUSAN/ PROGRAM STUDI PENDIDlKAN TEKNIK ELEKTROTujuan Penelitian ini untuk ~engetahui penyebab ren - dahnya prestasi belajar Mahasiswa Jurusan/ PS Pendidikan - Teknik Elektro. Wilayah generalisasi dari penelitian ini Adalah JurSan PS Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FPTK IKIP- ,YOGYAKARTA. 'opulasiyang diambil .a.lab peserta kuliah MK Rangkaian Listrik Semester Januari-Juni 1998. Sampel di lambil secara acak. Data diambil dengan menggunakan menggunakan angket terbuka dan terarah, sebagian dengan wawancara Alat ukur diuji dengan dikonsultasikan kepada ahli, alat - ukur dibuat sendiri berdasarkan teori yang dipakai. Alat - ukur yang dikeluarkan, kembali 80%, yaitu sebanyak 40 buah. ~nalisis data digunakan diskriptip kwantitatip. Hasil yang diperoleh: (1). dari segi PBM tidak ada hambatan ( 66% ), (2) dari segi kegiatan belajar, didapat ( 57!% ) berusahamendapatkandiktat lain penYUBun, 50 % mempunyai alat bantu belajar, 50% membaca setelah pulang - ~uliah, 45% memanfaatkanwaktu sesuai dengan kontrak SKS, (3) dari segi keaktifan : 55% berusaha memahami materi peD dukung, 55% berusaha memahami materi dengan menghubungkan ke keadaan sekitar, 30% berusaha mengembangkan penguasaan ~ateri setelah melihat keadaan sekitar v MustholiQ MS. ImamDjojopernoto SardjimanSujadi Ahmad